Cara Backup Data Komputer Windows

Cara Backup Data Komputer – Virus, malware, dan ransomware merupakan ancaman yang selalu ada bagi pengguna internet. Itulah mengapa Anda harus mengetahui cara backup data komputer. Dengan memastikan semua file dan folder terpenting dikunci di tempat yang aman, jika terjadi suatu bencana Anda dapat memulihkan komputer seperti semula.

Ada banyak cara untuk membackup data komputer. Jika Anda ingin memastikan file, folder, foto, dan dokumen digital terpenting Anda terlindungi dengan baik, baca sampai akhir untuk menemukan metode terbaik cara backup komputer data Anda.

Cara Backup Data Komputer Windows

Backup Lokal

Meskipun ada manfaat untuk membackup file dan folder Anda di cloud, ada banyak manfaat untuk membackup secara lokal. Backup lokal membutuhkan waktu lebih sedikit, tidak rentan terhadap pemadaman jaringan, dan menjaga privasi Anda. Hanya Anda yang dapat mengakses informasi yang Anda backup karena orang lain tidak dapat mengaksesnya. Meskipun demikian, cukup bermanfaat untuk mengcopy aset digital Anda yang paling berharga ke drive sekunder (hard disk eksternal).

File History Windows 10 dan Windows 11

Cara Backup Data Komputer Windows

Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi yang berada di garis terdepan dalam melindungi aset digital Anda. Selain memastikan bahwa update rutinnya melindungi jutaan pengguna, Microsoft juga menerapkan sejumlah fitur keselamatan dan keamanan ke dalam Windows itu sendiri.

Pengguna Windows 10 dan Windows 11 dapat menggunakan File History untuk backups general (dan bahkan dapat membantu Anda menginstal ulang Windows itu sendiri). Ini memungkinkan Anda untuk menjadwalkan backup file ke drive lain secara rutin. Anda memerlukan drive penyimpanan sekunder berupa hard disk atau solid-state (SSD). Drive yang terletak di luar PC akan lebih aman, karena cenderung tidak rentan terhadap masalah apa pun yang dihadapi PC Anda sendiri.

  1. Langkah 1: Untuk mengakses File History di Windows 10, navigasikan ke menu Update and security di dalam pengaturan Windows atau cari “file history” di Taskbar Anda dan klik Backup settings. Pada Windows 11, Anda dapat mencarinya di Search box dan kemudian memilih opsi, Anda akan masuk ke control panel.
  2. Langkah 2: Untuk memulai, pasang hard disk eksternal, klik Add a drive, dan pilih salah satu yang Anda inginkan untuk menangani file yang dicadangkan dari daftar yang muncul. Anda harus mengaktifkan File history jika belum pernah digunakan sebelumnya.
  3. Langkah 3: Jika Anda ingin sedikit lebih aktif, kembalilah ke menu Backup yang sama dan Anda akan melihat ada sedikit perubahan. Sekarang ada sakelar sakelar baru untuk membuat backup mau dilakukan secara otomatis atau tidak.
  4. Langkah 4: Anda tidak perlu khawatir saat backup otomatis diaktifkan, Anda juga dapat memicunya secara manual. Ada juga sejumlah pengaturan yang dapat Anda sesuaikan jika Anda mengklik tautan biru More options.

Pada layar selanjutnya, Anda akan disajikan dengan ringkasan backup. Ini akan memberi info ukurannya saat ini (akan menjadi 0 byte jika baru saja diaktifkan), total ruang drive penyimpanan, dan status backup Anda saat ini. Anda dapat memilih frekuensi backup otomatis dan berapa lama backup tersebut disimpan, dan bahkan dapat menghapus backup lama secara otomatis untuk menghemat ruang.

Yang terpenting, Anda dapat memilih file dan folder apa yang dibackup oleh File History.

Folder yang dibackup File History tanpa persetujuan Anda adalah folder yang ditemukan di dokumen pribadi Anda, seperti folder game, download, kontak, desktop, dan gambar. Anda dapat menambahkan file dan folder baru ke dalam daftar dan secara khusus mengecualikan folder jika tidak ingin mencadangkannya. Dari menu itu, Anda juga dapat memulihkan file dari backup saat ini dan mengubah drive penyimpanan yang Anda gunakan.

Backup Data Menggunakan Software Gratis

Cara Backup Data Komputer Windows

Meskipun ada banyak aplikasi backup pihak ketiga, salah satu yang secara konsisten menempati urutan teratas dalam backup data adalah aplikasi EaseUS ToDo Backup. Meskipun menawarkan versi home and professional yang berbayar, versi gratisnya memiliki banyak fitur canggih.

ToDo Backup adalah software yang bersih dan intuitif dengan banyak pilihan. Anda dapat membuat backup file individual atau memilih full backup.

  1. Langkah 1: Klik opsi System backup di halaman utama, dan Anda akan dibawa ke panel baru yang menanyakan beberapa hal spesifik.
  2. Langkah 2: Pilih drive yang ingin Anda backup dan drive dan folder yang ingin Anda backup.
  3. Langkah 3: Menggunakan tautan opsional di dasar panel, Anda dapat membuat pilihan tambahan, seperti apakah Anda ingin menjadwalkan backup, otomatis, atau backup secara manual. Ada juga opsi enkripsi untuk mengaburkan file Anda, seberapa cepat Anda ingin membuat backup, dan apakah Anda ingin ada notifikasi ketika proses backup telah selesai.
  4. Langkah 4: Apapun yang Anda pilih, setelah Anda menekan lanjutkan, Anda akan dibawa kembali ke halaman utama dan melihat progress bar, berupa informasi yang Anda butuhkan tentang backup yang sedang berlangsung.
  5. Langkah 5: ToDo Backup memiliki sejumlah opsi lanjutan, memungkinkan Anda mengkloning partisi dan seluruh sistem, memilih file dan folder tertentu untuk backup, membuat emergency discs, dan banyak lagi. Anda dapat mempelajari semua itu ketika Anda tertarik pada spesifikasi backup, tetapi opsi dasar ToDo Backup sudah cukup untuk membackup data.

Backup Data di Cloud

  • Microsoft OneDrive menawarkan ruang kosong 5GB secar cuma-cuma jika Anda mencari backup cloud untuk menyimpan beberapa file,. Namun, jika Anda berlangganan Microsoft 365, Anda akan mendapatkan penyimpanan 1 TB, yang mencakup akses ke File Vault dan backup file penting di PC Anda.
  • Google Drive memiliki paket penyimpanan gratis hingga 15GB, sementara Mega menawarkan hingga 50GB dan enkripsi otomatis. Deego menawarkan paling banyak yaitu 100GB. Namun, semua aplikasi ini tidak satu pun menampilkan beberapa tools penjadwalan dan otomatisasi yang memudahkan proses backup.

TERKAIT: Cara Mengosongkan RAM Laptop Windows dan Mac

POPULER

ARTIKEL PILIHAN