Yuk Pelajari Cara Bebas Finansial di Usia Muda

Bebas Finansial di Usia Muda – Indonesia mendapat berkah berupa bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2045 nanti. Itu artinya, jumlah penduduk berusia produktif akan jauh lebih besar dibandingkan usia non-produktif. Untuk itu, penduduk berusia muda perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang investasi agar dapat menyambut Indonesia Emas 2045 nanti. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan?

Cara Bebas Finansial di Usia Muda

1. Investasi Sejak Dini

Di era informasi begitu mudah didapat seperti saat ini, akan sangat menguntungkan apabila generasi muda mulai mencari tahu tentang insrumen keuangan dan berinvestasi sedini mungkin. Sering kali dibayangkan bahwa investasi harus dimulai dalam jumlah besar, padahal justru sebaliknya, kamu bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp 10.000,-! Kuncinya terletak pada konsistensi untuk menyisihkan sedikit penghasilan secara rutin.

- Advertisement -

Kalau kamu masih sekolah atau kuliah, alangkah baiknya mulai investasi pada instrumen yang aman, seperti reksa dana. Apabila kamu sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, kamu punya keluwesan untuk mencoba investasi ke beberapa instrumen selain reksa dana, yakni investasi di pasar modal.

Dalam buku Psychology of Money karya Morgan Housel dijelaskan bahwa rahasia kekayaan adalah waktu. Jadi, bukan melulu soal produk investasi yang moncer, atau emiten saham apa yang mungkin bullish dalam waktu dekat, melainkan ketekunan seseorang untuk berinvestasi secara rutin dalam jangka waktu yang panjang. Ini disebut dengan teknik compound, atau teknik penumpukan.

“Keahlian Warren Buffet adalah investasi, tetapi rahasianya adalah waktu. Begitulah penumpukan bekerja,” tulis Housel. Dan strategi ini sangat bagus bila dilakoni sedini mungkin oleh generasi muda.

TERKAIT: Cepat Cuan, Ini Dia Cara Membeli Saham Bagi Pemula

2. Target

Dalam berinvestasi, selalu tentukan tujuan sebagai langkah pertama. Bila tujuan kamu adalah bebas finansial di usia muda, maka kamu perlu mengatur strategi keuangan untuk bisa pensiun di usia yang kamu inginkan. Sebisa mungkin hindari utang, lalu kelola biaya hidup sesuai standar keuangan pribadi. 

Ada alasan mengapa orang tua selalu mengingatkan anaknya untuk rajin menabung sejak kecil. Kini kamu bisa melakukannya dengan lebih baik, yakni bukan menabung secara konvensional di bank, melainkan menambah tabungan investasi.

Investasi yang baik akan membantumu menghadapi inflasi di tahun-tahun yang akan datang. Dengan memadukan strategi compound dan disiplin tinggi dalam berinvestasi, kamu sangat mungkin mencapai kebebasan finansial di usia muda.

Penulis: Nusa

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda