Ingin Mulai Bermain Saham? Ketahui Dulu Cara Bermain Saham di Bibit yang Mudah bagi Pemula

Saat ini semakin banyak orang yang membicarakan tentang investasi saham, apakah Anda mulai tertarik dengan topik pembicaraan tersebut? Atau Bahkan Anda sudah mulai tertarik untuk berinvestasi? Salah satu platform yang banyak digunakan untuk berinvestasi adalah aplikasi Bibit, dalam artikel ini akan dijelaskan cara bermain saham di Bibit agar Anda bisa memahaminya. Sebagai pemula, ada banyak hal yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia investasi, apalagi dengan risiko yang cukup tinggi. Anda perlu tahu bagaimana cara bermain saham di Bibit.

Cara Bermain Saham di Bibit

- Advertisement -

Sebagai pemula yang baru akan terjun ke dunia investasi, tentunya Anda perlu tahu berbagai informasi yang berkaitan dengan investasi saham, apalagi investasi ini terkenal dengan imbal hasil (return) dan juga risiko tinggi. Memang terkesan ribet, tapi saat Anda sudah tahu cara bermainnya, maka Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Dalam berinvestasi, Anda bisa menggunakan aplikasi Bibit yang memberikan berbagai kemudahan dan juga proses yang cepat, apalagi jika Anda memilih instrumen investasi berupa Reksa Dana yang tidak terikat dengan waktu, Anda bisa mencairkan uang kapan saja Anda mau.

Apa saja yang perlu Anda lakukan sebelum langsung terjun bermain saham di Bibit? berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Pahami istilah-istilah penting

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Anda perlu mempelajari berbagai informasi yang berkaitan dengan investasi, salah satunya adalah istilah-istilah penting yang biasanya digunakan.

Saat Anda membeli saham suatu perusahaan, saham tersebut diibaratkan sebagai penanaman modal di perusahaan tersebut, yang nantinya Anda akan mendapat keuntungan sesuai dengan presentasi modal yang ditanam. Pembagian keuntungan tersebut disebut sebagai Dividen.

Istilah lainnya yang juga banyak digunakan, diantaranya adalah

  • Capital gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual.
  • IPO atau initial public offering yakni penawaran saham perdana di bursa efek.
  • Bursa efek merupakan pusat dari perdagangan saham, jual beli saham dilakukan di bursa efek ini.
  • IHSG atau indeks harga saham gabungan yaitu harga saham rata-rata yang ada di Bursa Efek Indonesia, dan masih ada banyak istilah lain yang perlu Anda ketahui.

2. Analisis Reksa Dana saham

Terdapat banyak produk dari Reksa Dana saham yang mana dana investornya dikelola oleh Manajer Investasi di aplikasi Bibit, dengan begitu, Anda bisa melihat saham dari perusahaan apa saja yang masuk ke dalam 10 besar, tentunya kinerja Reksa Dana yang baik bisa dijadikan sebagai tolak ukur dari saham perusahaan yang baik.

Sehingga Anda bisa memilih perusahaan mana yang sekiranya bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk membeli saham.

3. Kenali Saham Blue Chip

Saham Blue Chip adalah saham yang termasuk aman dan juga memberikan keuntungan bagi Anda, beberapa diantaranya adalah saham Unilever Indonesia (UNVR), saham BCA (BBCA), Astra (ASII) dan masih banyak yang lainya.

Dengan memilih saham-saham blue chip tersebut, akan sangat membantu Anda sebagai pemula agar terhindar dari risiko yang tinggi.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dulu sebelum mulai untuk bermain saham, jika Anda menggunakan platform lain seperti IPOT, maka bisa cari informasi terkait cara beli saham di IPOT.

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda