Cara Daftar IMEI iPhone di Kemenperin

Cara Daftar IMEI iPhone di KemenperinPendaftaran IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik iPhone agar nomor IMEI dapat terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pendaftaran IMEI ini sangat penting untuk melacak keberadaan iPhone dan menghindari pencurian atau pemalsuan. Selain itu, pendaftaran IMEI juga diperlukan untuk memastikan bahwa iPhone yang dimiliki telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Kemenperin.

Cara Daftar IMEI iPhone di Kemenperin

Untuk melakukan pendaftaran IMEI iPhone, pertama-tama Anda harus mengetahui nomor IMEI iPhone yang dimiliki. Nomor IMEI bisa ditemukan di belakang kartu garansi iPhone atau dengan menekan tombol *#06# pada layar iPhone. Jika tidak ada kartu garansi, Anda juga bisa menemukan nomor IMEI di pengaturan iPhone dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone.
  2. Pilih menu “Umum“.
  3. Pilih menu “Info“.
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan “Nomor IMEI“.

Setelah mengetahui nomor IMEI iPhone yang dimiliki, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pendaftaran IMEI di Kemenperin:

  1. Kunjungi situs resmi Kemenperin (https://www.kemenperin.go.id/) dan cari menu “Pendaftaran IMEI”.
  2. Klik tombol “Mulai Pendaftaran” dan masukkan nomor IMEI iPhone yang dimiliki.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan data yang sesuai dan pastikan tidak ada kesalahan.
  4. Upload dokumen pendukung seperti foto kartu garansi, foto kartu identitas, dan foto struk pembelian iPhone.
  5. Klik tombol “Kirim”.

NOTE: Pendaftaran melalui Kemenperin itu dikhususkan bagi ponsel yang dijual secara resmi di dalam negeri. Anda bisa cek IMEInya lewat https://imei.kemenperin.go.id.

Setelah mengirim formulir pendaftaran, Kemenperin akan memproses permohonan pendaftaran IMEI Anda. Anda akan menerima pemberitahuan via email atau SMS jika pendaftaran IMEI sudah selesai dan diterima. Pastikan Anda menyimpan bukti pendaftaran IMEI yang diberikan oleh Kemenperin, karena bukti tersebut diperlukan jika terjadi sesuatu dengan iPhone Anda.

Pendaftaran IMEI iPhone di Kemenperin merupakan proses yang sangat penting untuk keamanan dan kualitas iPhone yang dimiliki. Jadi, pastikan Anda melakukannya dengan benar sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, pastikan juga untuk menyimpan bukti pendaftaran IMEI yang diberikan oleh Kemenperin untuk menghindari masalah di kemudian hari. Dengan demikian, Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman menggunakan iPhone yang telah terdaftar di Kemenperin.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here