Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk – Sebagian besar komputer dan laptop modern telah menghilangkan drive CD atau DVD. Meskipun hal ini tidak menjadi masalah di banyak bidang, seperti video game dan film, hal ini bertentangan dengan beberapa software yang harus menginstal menggunakan CD atau DVD.

Pada artikel berikut kita akan mempelajari cara menginstal Windows 10 menggunakan bootable USB.

Selain itu, akan dibahas secara mendalam tentang apa itu bootable USB dan bagaimana menggunakannya untuk membuat media instalasi di berbagai Sistem Operasi Windows termasuk Windows 10 , 8.1, atau bahkan Windows 7.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Manfaat Install Windows dengan Bootable USB

Ada banyak contoh di mana Anda mungkin perlu menginstal ulang sistem operasi komputer Anda. Misalnya, Anda perlu instal ulang Windows jika mengalami kerusakan serius, hard drive Anda rusak, atau Anda mengupgrade/downgrade sistem Anda.

Ketika ingin menginstal ulang Windows, sebelumnya Anda harus memiliki file instalasi. Ini memungkinkan Anda dapat melakukan boot dan menginstal sistem.

Karena CD dan DVD menjadi kurang praktis, banyak komputer dan laptop tidak lagi dilengkapi dengan drive untuk membaca dan menulis disk. Hal ini membuat Anda tidak mungkin membuat atau menggunakan media instalasi kecuali media tersebut berada di drive bootable USB. Meskipun ini mungkin terdengar tidak praktis, stik USB memiliki keunggulan dibandingkan disk.

USB sangat mudah diakses, mengingat hampir setiap komputer memiliki port USB yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal. Metode ini sangat mudah dan paling efisien untuk menginstal sistem operasi. Saat ini, Anda dapat membuat bootable USB untuk menginstal berbagai versi Windows.

Cara Membuat Windows Bootable USB dengan Media Creation Tool

Sebelum Anda menginstal Windows menggunakan USB, Anda perlu membuat media instalasi yang akan dibaca oleh komputer Anda setelah USB flash drive terhubung, memungkinkan untuk boot dari USB. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bootable USB menggunakan Media Creation Tool yang dikeluarkan oleh Microsoft.

  1. Download media instalasi dari Microsoft:
    Download Windows 10 
    Download Windows 8.1 Disc Image (ISO File)
    Download Windows 7 Disc Images (ISO Files)
  2. Ikuti langkah-langkah untuk mendownload versi Windows yang Anda inginkan. Beberapa versi mungkin mengharuskan Anda memberikan Windows product key untuk memverifikasi kelayakan.
    1. Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk
  3. Simpan Media Creation Tool ke komputer Anda. Ketika download selesai, luncurkan file dan klik Accept ketika diminta untuk menyetujui persyaratan lisensi aplikasi.
    1. Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk
  4. Pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC dan klik tombol Next.
    1. Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur bahasa pilihan Anda, edisi Windows, dan Arsitektur Sistem. Jika tidak yakin, centang opsi Use the recommended options for this PC dan lanjutkan.
  6. Pilih USB flash drive, lalu pilih USB Anda. File instalasi Windows akan mulai didownload ke drive USB Anda.
  7. Perhatikan bahwa proses download mungkin memakan waktu lama tergantung pada koneksi internet Anda. Pastikan untuk tidak mengganggu proses hingga drive bootable USB dibuat.

Setelah membuat media instalasi, Anda perlu tahu cara mem-boot dari USB. Ini diperlukan untuk menginstal Windows dari bootable USB.

Untuk boot dari USB, Anda perlu mengubah urutan boot di BIOS komputer Anda. Setelah menyelesaikan langkah ini, pada urutan startup berikutnya, sistem Anda akan segera boot dari USB dan menggunakan media instalasi yang Anda buat, memulai proses instalasi Windows.

Setelah urutan boot komputer Anda berhasil diubah untuk memuat dari perangkat USB terlebih dahulu, sekarang Anda dapat melakukan crack dengan menginstal Windows menggunakan file instalasi USB Anda.

Catatan: Pastikan Anda telah membackup semua file Anda sebelum melakukan instalasi untuk memastikan Anda tidak kehilangan data.

Cara Install Windows 10 Dengan Bootable USB

  1. Colokkan perangkat USB Anda ke port USB komputer Anda, dan nyalakan komputer. Anda mungkin diminta untuk menekan tombol untuk boot dari USB.
  2. Pilih languagetimezonecurrency, dan keyboard settings pilihan Anda. Setelah menyesuaikan pengaturan ini, klik Next. (Perhatikan bahwa pengaturan ini dapat diubah di masa mendatang setelah Windows 10 terinstall).
    1. Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk
  3. Klik Install Now dan pilih edisi Windows 10 yang telah Anda beli. Sekarang klik Next untuk memulai proses instalasi.
  4. Pilih jenis instalasi Anda. Anda dapat memilih Upgrade, yang memungkinkan penyimpanan file, pengaturan, dan aplikasi Anda saat ini; atau lakukan fresh clean installation dengan memilih Custom. Dalam contoh ini, kami akan memilih custom untuk melakukan instalasi Windows.
  5. Untuk menginstal Windows, Anda memerlukan partisi pada hard drive untuk menyimpan file sistem; ini akan menjadi drive C: utama. Anda dapat memilih partisi yang ada dan memformatnya, atau Anda dapat menghapus semua dan membuat partisi baru.

    Catatan
    : Jika Anda belum membackup hard drive, Anda mungkin ingin berhenti, mencadangkan semuanya, dan memulai dari awal. Setelah Anda menghapus sebuah partisi, Anda tidak dapat memulihkan data yang sebelumnya tersimpan.
    Anda dapat menggunakan salah satu partisi yang ada di hard drive Anda dengan memformatnya atau Anda dapat menghapus yang ada dan membuat yang baru.Untuk menggunakan salah satu partisi yang ada, pilih, dan klik Format.

    Untuk menghapus partisi yang ada, pilih masing-masing dan klik Delete, lalu OK.
  6. Jika Anda telah menghapus semua partisi yang ada, ruang harddisk Anda tidak akan terisi, dan Anda harus membuat partisi baru. Jika Anda baru memformat partisi yang ada, lewati ke Langkah 7 sekarang. Untuk membuat partisi baru:
    Klik Drive options (advanced).

    Sekarang klik New dan pilih ukuran untuk partisi baru Anda, lalu klik Next.
    11. Cara Install Windows 10 Dengan FlashdiskWindows sekarang akan membuat partisi baru untuk menyimpan file sistem. Klik OK untuk menerima.
    11. Cara Install Windows 10 Dengan FlashdiskUlangi proses ini jika Anda ingin membuat lebih banyak partisi.
    Setelah Anda selesai membuat partisi yang Anda inginkan, format masing-masing partisi kecuali untuk partisi tempat Anda ingin menyimpan file sistem Windows Anda. Pilih partisi satu per satu dan klik Format, lalu OK.
  7. Sekarang pilih partisi tempat Anda ingin menginstal Windows dan klik Next. Instalasi Windows 10 akan dimulai. Komputer reboot beberapa kali selama proses ini.
  8. Setelah instalasi selesai, komputer Anda akan restart secara otomatis untuk terakhir kalinya. Saat starts up, Anda dapat melakukan pengaturan PC, atau Anda menggunakan pengaturan ekspres yang direkomendasikan oleh Microsoft.
  9. Terakhir, masuk ke akun Microsoft Anda untuk menggunakan beberapa fitur baru Windows 10 seperti password recovery, dan akses ke One Drive. Jika Anda tidak ingin masuk dengan akun Microsoft, klik Skip this step dan ikuti petunjuk untuk membuat akun pengguna.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Windows Defender Windows 10, Windows 8, dan Windows 7

POPULER

ARTIKEL PILIHAN