Cara Mematikan MacBook Pro & MacBook Air

Artikel ini menjelaskan cara mematikan MacBook Pro meskipun laptop tidak merespons atau freeze. Saat Anda tidak menggunakan MacBook Pro, menonaktifkan MacBook ke mode sleep sudah cukup baik. Namun, ada kalanya Anda ingin mematikan MacBook Pro sepenuhnya. Misalnya, saat baterai Anda hampir habis, dan Anda tidak segera mengisinya kembali, atau saat Anda tidak dapat menyalakan laptop, seperti saat cek bandara atau saat pesawat lepas landas dan mendarat.

Cara Mematikan MacBook Pro & MacBook Air

Shut Down MacBook

Untuk mematikan MacBook Pro itu sangat mudah hanya dengan beberapa klik mouse.

  1. Klik menu Apple di pojok kiri atas.
    Cara Mematikan MacBook Pro
  2. Klik Shut Down.
    Cara Mematikan MacBook Pro
  3. Jika Anda ingin semua aplikasi dan dokumen Anda dibuka kembali secara otomatis saat menyalakan MacBook Pro kembali pada kotak dialog, centang kotak di samping Reopen windows when logging back in.
    Cara Mematikan MacBook Pro
  4. Klik Shut Down untuk mematikan MacBook Pro.
    Cara Mematikan MacBook Pro

Pastikan untuk tidak menutup penutup MacBook Pro sampai komputer benar-benar mati. Jika Anda melakukannya, MacBook Pro dapat masuk ke mode sleep.

Cara Mematikan Paksa MacBook Pro

Jika MacBook Pro Anda tidak merespons, Anda tidak dapat mengeklik menu Apple atau menggunakan langkah-langkah di atas. Dalam situasi itu, Anda memiliki dua opsi:

  • Tahan Tombol Power: Tahan tombol power yang terletak di pojok kanan atas keyboard, hingga komputer mati.
  • Tahan Tombol Lainnya : Anda juga dapat menahan Control+Option+Command dan tombol Power hingga MacBook Pro mati.

Perbedaan Antara Power Off and Sleep Mode

Meskipun mode Sleep dan Power Off MacBook Pro tampak serupa, berikut adalah beberapa perbedaan yang perlu dipahami.

  • Saat MacBook Pro dalam mode Sleep, pengoperasian komputer akan ditangguhkan. Semua aplikasi dan dokumen Anda terbuka, tetapi komputer tidak aktif. Itu berarti bahwa MacBook dapat hidup kembali ketika Anda membuka tutupnya atau menekan tombol pada keyboard. Mode sleep baik digunakan saat ada gangguan sementara tetapi tidak untuk peraturan keselamatan penerbangan.
  • Mematikan MacBook Pro sepenuhnya (Power Off) berarti komputer tidak berjalan sama sekali. Semua aplikasi dan dokumen ditutup, dan komputer tidak menggunakan daya baterai. Mode sleep menggunakan baterai yang sangat sedikit, tetapi masih membutuhkan daya.

TERKAIT: Cara Membersihkan Trash di Mac

POPULER

ARTIKEL PILIHAN