Cepat Cuan, Ini Dia Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Cara Membeli Saham Bagi Pemula – Apakah saham menjadi hal yang menarik untuk Anda? Saham memang memiliki daya tarik sebagai cara investasi populer. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membeli saham bagi pemula. Nah, bagi yang tertarik berinvestasi di saham pastikan tidak melewatkan informasi ini.

Memulai Investasi Reksadana Bagi Pemula

- Advertisement -

Salah satu cara investasi populer saat ini adalah investasi saham atau reksadana. Investasi ini dianggap mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Benarkah demikian? Benar, asalkan Anda mengetahui cara bermain saham dengan benar.

Bermain saham ataupun reksadana memang dapat memberikan keuntungan, namun memiliki risiko kerugian juga. Sehingga, Anda harus siap untuk menghadapi hal tersebut. Jika bermain saham, jangan tergiur untuk menjadi kaya, tetapi lakukan untuk kepentingan investasi.

Jika Anda masih pemula dalam bermain saham dan ingin cepat kaya, maka pertimbangkan lagi keputusan Anda. Hal ini sangat berbahaya karena bisa membutakan. Anda bisa menghabiskan uang Anda hanya untuk mengejar ambisi untuk cepat kaya.

Mungkin, muncul pertanyaan, bukankah membeli saham bertujuan untuk mendapatkan cuan? Kenapa tidak boleh berpikir untuk menjadi kaya? Jika Anda berpikir bahwa investasi menjadi salah satu cara untuk mendapatkan cuan, itu benar. Namun, berpikir untuk cepat kaya itu keliru.

Mulailah berinvestasi dengan harapan untuk memiliki tabungan masa depan dan melatih kedisiplinan diri. Dengan mengalokasikan dana melalui investasi Anda bisa mencegah tindakan konsumtif. Bahkan, investasi dapat membantu Anda belajar melihat peluang.

Cara Aman Berinvestasi Reksadana Bagi Pemula

Cara bermain reksadana bagi pemula tentu perlu dipelajari supaya Anda tidak salah langkah. Penting untuk memiliki pengetahuan saham dengan baik untuk mencegah penipuan yang berkedok investasi. Pastikan anda teliti dalam memilih platform untuk memulai investasi reksadana.

Langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan sebagai cara membeli saham bagi pemula, sebagai berikut:

1. Pilih Platform yang Aman

Memilih platform yang aman dan bisa dipercaya menjadi hal yang sangat penting. Mengingat, banyaknya kasus investasi bodong yang terjadi belakangan ini. Sebagai pemula di dunia investasi reksadana, Anda perlu melakukan riset untuk mengumpulkan informasi mengenai saham yang mendalam.

Pastikan Anda mendapatkan informasi dari sumber yang bisa dipercaya. Jangan asal percaya, pastikan kembali bahwa apa yang disampaikan benar adanya. Selain itu, pastikan platform yang Anda gunakan memiliki lisensi resmi.

2. Mengetahui Cara Bermain dengan Jelas

Selanjutnya, sebelum mulai bermain dan membeli saham. Pastikan Anda mengetahui cara bermainnya. Belajarlah mengenai cara investasi, cara membeli lembar saham, cara menjual saham, cara mencairkan uang, dan segala hal yang berhubungan dengan proses investasi Anda. 

Pada proses ini, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah uang yang akan Anda investasikan. Jangan menggunakan uang yang sudah dianggarkan untuk keperluan lain. Pastikan Anda menggunakan uang yang memang dialokasikan untuk investasi.

3. Berani Menghadapi Risiko

Hal yang penting untuk disiapkan adalah mental Anda. Risiko dalam bermain saham tidak kecil, sehingga Anda perlu menyiapkan mental yang kuat. Selain itu, mulailah dengan jumlah investasi yang kecil untuk memahami cara bermainnya.

Sebagai pemula, jangan langsung berinvestasi dengan jumlah yang besar. Pelajari dulu, lebih baik Anda memahami prosesnya terlebih dahulu supaya Anda tidak mengalami kerugian yang besar.

Rekomendasi Tempat Investasi Bagi Pemula

Jika Anda mulai tertarik untuk melakukan investasi, maka jangan terburu-buru untuk melakukannya. Pastikan Anda mengetahui rekomendasi tempat atau aplikasi yang aman untuk berinvestasi saham, sebagai berikut:

1. Bibit

Platform investasi reksadana yang pertama yaitu Bibit. Anda bahkan bisa melakukan investasi dengan nominal Rp. 10.000. Bibit menjadi tempat investasi populer karena mudah untuk digunakan. 

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Bibit, maka Anda perlu mengetahui cara memulai saham di Bibit. Untuk memulai saham di bibit, maka Anda perlu membuat akun Bibit. Pastikan Anda mengisi informasi tentang data diri dengan teliti dan benar.

Cara beli reksadana di Bibit yaitu silahkan membuka opsi investasi yang ada di halaman utama. Jika Anda ingin memilih saham yang ingin dibeli, silahkan klik search yang ada di pojok kanan.

Jika sudah, Anda bisa menentukan nominal pembelian yang Anda inginkan dan baca prospektusnya terlebih dahulu sebelum setuju. Silakan memilih cara pembayaran dan membayar. Jika berhasil, saham Anda akan muncul di portofolio Anda. 

TERKAIT: Investasi Aman dan Cerdas, Ini Dia Cara Beli Saham di IPOT dan Bibit

2. Mandiri

Anda juga bisa berinvestasi saham di Mandiri melalui Mandiri Online Securities Trading (MOST). MOST membantu untuk melakukan transaksi saham dan reksadana. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi reksadana di Mandiri bisa dengan jumlah minimal Rp10.000.

Cara beli reksadana di Mandiri yaitu Anda perlu membuka rekening terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan dana untuk investasi. Jika sudah, Anda bisa melakukan pembelian reksadana melalui aplikasi MOST. Konfirmasi pembelian reksadana akan dikirimkan kepada Anda.

3. Bareksa

Bareksa menjadi salah satu platform investasi yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda mengetahui cara bermain saham di Bareksa yaitu cara membeli saham dan cara menjualnya. 

Jika Anda ingin membeli reksadana di Bareksa, maka Anda perlu login di akun Bareksa. Kemudian pilih menu Beli Reksadana dan pilih jenis reksadana yang Anda inginkan dengan centang persetujuan. Jika sudah tentukan nominal dan lakukan pembayaran,

Jika ingin menjual reksadana, Anda perlu membuka menu portofolio. Setelah itu klik opsi jual dan pilih produk yang akan dijual. Jika sudah, akan muncul token untuk konfirmasi, silakan konfirmasi dan tunggu pemberitahuan penjualan di email Anda.

4. Tokopedia

Tokopedia juga menyediakan layanan investasi yang baik. Anda bisa mencoba untuk berinvestasi reksadana di Tokopedia dengan nominal minimal Rp10.000. Platform ini juga tidak sulit untuk digunakan, Anda akan cepat belajar.

Cara main saham di Tokopedia yaitu Anda harus memiliki akun Tokopedia. Silakan membuat akun terlebih dahulu. Masukan data diri dengan benar supaya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Anda bisa memulai investasi di Tokopedia setelah akun Anda terverifikasi dalam 1 x 24 jam. Pembelian reksadana di Tokopedia dapat dilakukan dengan berbagai macam pembayaran. Jadi, transaksinya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

5. Tanamduit

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk investasi adalah Tanamduit. Cara beli reksadana di Tanamduit yaitu dengan membuat akun Tanamduit terlebih dahulu. Jika sudah, silakan login pilih menu Dashboard untuk memilih kategori Reksadana yang Anda inginkan.

Silakan tentukan nominal pembelian, lalu klik submit. Setelah itu, Anda perlu memilih metode pembayaran dan membayar. Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan dengan mengunggah bukti transfer. 

Demikianlah, cara membeli saham bagi pemula di berbagai platform investasi yang perlu Anda ketahui. Sebagai pemula, pastikan Anda teliti dan waspada. Jangan gegabah menentukan nominal investasi dalam jumlah yang besar. Pastikan Anda paham dulu prosesnya supaya tidak merugi. Yuk, belajar investasi sekarang juga.

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda