3 Cara Membeli Saham Reksadana Syariah secara Mudah

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi, belilah saham yang halal dengan mengetahui cara membeli saham reksadana syariah karena menerapkan pembagian keuntungan yang tidak memberatkan satu sama lain.

Produk reksadana syariah termasuk produk bursa efek kumpulan modal yang terjamin kehalalannya. Cara membeli saham reksadana syariah menerapkan akad mudharabah. Akad tersebut tidak akan mengurangi hak investor ketika terjadi pertukaran nilai antara Manajer Investasi dan investor terjadi.

- Advertisement -

Akad mudharabah terjadi dengan nilai tawar-menawar yang seimbang. Selain itu, tidak ada masa tenggang atau target untuk memperoleh keuntungan. Hanya saja, pihak Manajer Investasi harus berusaha melakukan perbaikan nilai.

Cara Membeli Saham Reksadana Syariah

Keuntungan Bagi Investor dalam Pembelian Saham Rekasadana Syariah

Dalam berinvestasi, tujuan utamanya tentu memperoleh keuntungan dan ini akan Anda peroleh ketika berinvestasi dengan beli reksadana syariah. Apa saja keuntungan-keuntungannya? Simak berikut ini:

  1. Hak Investor dan Manajer Investasi yang Setara

Prinsip yang diterapkan dalam saham reksadana syariah adalah prinsip kolektivisme. Dalam pembagian untung dan rugi, menerapkan prinsip kerelaan satu sama lain. Jika mendapatkan keuntungan dari saham reksadana syariah, maka pembagian persentase keuntungan tersebut sesuai kesepakatan antara investor dengan Manajer Investasi.

  1. Keamanan Berinvestasi dijamin OJK dan DPS

Memilih membeli saham reksadana syariah, berarti Anda akan mendapatkan jaminan ganda. Reksadana syariah telah dijamin oleh OJK dan DPS. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketika terjadi fraud dalam berinvestasi, maka OJK akan berperan mengatasi permasalahan tersebut. Sedangkan tugas DPS memberikan jaminan bahwa reksadana syariah adalah investasi yang halal.

  1. Proses Investasi yang Halal dari Awal sampai Akhir

Pembelian saham dengan reksadana syariah tidak dapat berjalan begitu saja. Artinya, setiap prosesnya harus terpantau dengan baik dan jelas hukum jual beli reksadana syariah adalah halal. Sebab sudah terjamin halal dari awal sampai proses transaksi berakhir.

Cara Membeli Saham Reksadana Syariah secara Mudah

  1. Melakukan Pendaftaran untuk Membuka Rekening

Anda harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk mulai berinvestasi. Mulai dari KTP, NPWP, dan dokumen yang menjadi persyaratan lainnya hampir sama halnya seperti cara membeli saham luar negeri. Barulah Anda akan dapat membuka rekening untuk membeli saham reksadana syariah.

  1. Menentukan Manajer Investasi

Sekarang Anda tidak lagi kerepotan untuk menyeleksi siapa yang berhak sebagai Manajer Investasi. Sebab bank-bank yang ada di Indonesia sudah memiliki Manajer Investasi yang kompeten dalam saham reksadana syariah.

  1. Membeli Reksadana Syariah

Reksadana syariah dapat Anda beli sendiri atau menyerahkan kepada Manajer Investasi untuk membelinya. Sehingga pastikan Anda berdiskusi terkait tempat beli reksadana syariah dengan Manajer Investasi yang sudah dipilih. Kemudian lakukan monitoring terhadap perkembangan saham reksadana syariah yang telah Anda beli tersebut.

FAQ Cara Membeli Saham Reksadana Syariah yang Harus Anda Tahu

  1. Apakah Reksadana Syariah itu Resmi?

Reksadana Syariah adalah produk pasar modal resmi yang diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal. Bahkan pengelolaannya diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.

  1. Siapakah yang Menjadi Manajer Investasi?

Perusahaan yang diawasi dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Manajer Investasi ini mengelola obligasi, aset, maupun saham lainnya.

  1. Siapa yang Dapat Melakukan Investasi Reksadana Syariah?

Siapapun yang sudah berusia 17 tahun ke atas berhak untuk beli saham reksadana syariah. Siapapun Anda, baik itu individu atau perusahaan dapat menjadi investor.

Berinvestasi di Indonesia sangatlah menjanjikan. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mulai daftar reksadana syariah dari sekarang.

TERKAIT: Ternyata, Begini Cara Investasi Reksadana BNI Syariah!

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda