6 Cara Membersihkan Registry Windows 11 dan Windows 10

Cara Membersihkan Registry Windows – Karena kebanyakan jarang masuk ke editor registry, Anda mungkin tidak tahu apakah Anda perlu membersihkan registry atau tidak. Namun, seiring waktu registry Anda mengumpulkan kunci registry yang rusak, usang, dan bahkan hilang yang merusak kinerja PC/laptop Anda. Anda mungkin mendapatkan pesan errors sesekali. Dengan menggunakan aplikasi Windows dan beberapa aplikasi pihak ketiga, Anda dapat membersihkan registry Windows dengan cepat. Metode ini berfungsi pada Windows 11 dan juga Windows 10.

Penyebab Registry Errors

Jika Anda tidak mengalami masalah apa pun saat ini, Anda mungkin tidak menganggap membersihkan registry itu penting. Namun, saat Anda menginstal dan menghapus aplikasi dari hardware, entri registry baru akan dibuat. Ini termasuk updates Windows. Namun, tidak selalu menghapus bersih saat Anda uninstall aplikasi dan hardware.

Ini membuat PC mencari hardware dan aplikasi yang sesuai dengan kunci tersebut. Semakin banyak yang menumpuk, semakin besar kemungkinan Anda mengalami masalah. Membersihkan registry setiap beberapa bulan membantu mencegah terjadinya masalah di laptop/PC Windows.

Back Up Registry Anda

Sebelum Anda membersihkan registry, buat backup registry Anda untuk berjaga-jaga jika terjadi errors. Meskipun metode di bawah ini biasanya aman, lebih baik berhati-hati, terutama jika Anda memilih metode manual.

  1. Tekan Win + R dan ketik regedit untuk membuka Registry Editor.
  2. Pilih menu “File” dan pilih “Export.”
    Cara Membersihkan Registry Windows
  3. Pilih lokasi dan nama file Anda. Juga, pilih “All” untuk rentang ekspor Anda untuk mencadangkan seluruh registry. Jika Anda mengubah cabang tertentu, Anda bisa membuat backup cabang itu.
    Cara Membersihkan Registry Windows

Sebaiknya simpan backup Anda di flashdisk atau hard drive eksternal untuk berjaga-jaga jika terjadi errors selama pembersihan. Jika Anda perlu memulihkan cadangan, buka lagi Registry Editor dan pilih “Import” dari menu File.

Cara Membersihkan Registry Windows 11 dan Windows 10

1. Gunakan Disk Cleanup

Cara paling sederhana untuk membersihkan registry Windows adalah dengan menggunakan utilitas Disk Cleanup, sangat bagus untuk membersihkan file berlebih dari hard drive Anda. Ini bukan untuk registry, tetapi dapat menyelesaikan penghapusan sisa dari aplikasi dan driver. Ketika menghapus file-file ini, entri registry yang sesuai juga akan dihapus.

  1. Buka Start dan ketik “disk cleanup.” Pilih hasil Disk Cleanup.
    Cara Membersihkan Registry Windows
  2. Alat ini menjalankan pemindaian secara otomatis. Setelah selesai, klik “Clean Up System Files.” Alat ini berjalan untuk kedua kalinya, memberi Anda beberapa opsi tambahan.
  3. Periksa opsi apa pun yang Anda inginkan. Anda dapat memeriksa semuanya. Pastikan Anda tidak memiliki apa pun di Recycle Bin yang ingin Anda simpan terlebih dahulu. Tekan OK untuk membersihkan sistem.

2. Gunakan DISM

DISM, merupakan singkatan dari Deployment Image Servicing and Management, adalah tools Windows bawaan yang digunakan untuk memperbaiki update dan errors sistem. Ini juga dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan entri registry yang error. Meskipun ini bukan pembersih registry yang lengkap, DISM dapat meningkatkan kesehatan registry Anda.

  1. Buka Start dan ketik cmd. Pilih “Run as administrator” di bawah Command Prompt.
  2. Masukkan yang berikut ini pada prompt:
    DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

  3. Pemindaian menemukan dan membersihkan errors. Ini tidak semuanya terkait dengan registry Anda. Bagian baiknya adalah ini dapat membantu PC Anda berjalan lebih baik dengan memperbaiki masalah yang bahkan tidak Anda sadari.

3. Gunakan CCleaner

CCleaner telah menjadi PC cleaner yang populer selama bertahun-tahun. Dari menghapus cookies dan file sementara hingga membantu mengelola opsi startup, CCleaner  dapat membersihkan registry Anda. Anda dapat membuat backup registry Anda sebelum membersihkan registry. Meskipun opsi premium tersedia, versi gratis sudah cukup untuk membersihkan registry. Anda dapat menjalankan aplikasi ini dengan mengklik kanan Recycle Bin atau membukanya melalui menu Start.

4. Gunakan Wise Registry Cleaner

Wise Registry Cleaner adalah aplikasi yang ringan dan gratis untuk membersihkan registry Windows yang menawarkan tiga mode, seperti Fast Scan yang bekerja paling baik bagi sebagian besar pengguna.

Versi premium tersedia, tetapi versi gratis sudah cukup menangani hampir semua yang Anda butuhkan. Versi premium menawarkan pembersihan registry terjadwal. Jika Anda menggunakan versi gratis, cukup buat catatan agar Anda bisa membersihkan registry setiap beberapa bulan sekali.

5. Gunakan Auslogics Registry Cleaner

Auslogics Registry Cleaner memiliki sejarah panjang dalam membantu menjaga registry lebih bersih. Versi gratisnya menyediakan scanning dasar, yang cukup untuk sebagian besar pengguna.

Namun, Anda dapat meningkatkan ke versi premium untuk pemberitahuan dan pemindaian serta pembersihan yang lebih dalam. Anda dapat meninjau semua entri sebelum menghapus. Namun, aplikasi ini hanya akan memilih entri yang aman untuk dihapus.

6.  Bersihkan Registry Secara Manual

Jika Anda merasa nyaman menggunakan registry dan tahu persis apa yang perlu Anda hapus, mungkinAnda tidak memerlukan aplikasi pembersih registry. Penghapusan entri secara manual adalah pilihan yang baik jika Anda telah menginstal beberapa program atau aplikasi yang berbeda untuk mencoba dan ingin memastikan aplikasi tidak meninggalkan jejak di registry Anda.

  1. Buka Registry Editor dengan menekan Win+ R dan ketik regedit. Konfirmasikan bahwa Anda ingin membuka Registry Editor.
  2. Arahkan ke kunci yang ingin Anda hapus atau cari kunci terkait dengan mengklik kanan folder apa pun dan memilih “Find.” Biasanya, Anda akan menemukan kunci yang terkait dengan aplikasi dan program di folder HKEY_LOCAL_MACHINE, HKEY_CURRENT_USER, dan HKEY_USERS.
  3. Klik kanan tombol atau folder apa saja dan pilih “Delete” ketika Anda menemukan apa yang perlu Anda hapus. Kunci dan folder yang tepat akan sangat bervariasi berdasarkan apa yang Anda bersihkan. Ingat, Anda tidak dapat memulihkan apa yang Anda hapus tanpa membuat ulang kuncinya. Pertimbangkan untuk mengambil screenshot dari apa yang Anda hapus jika Anda perlu menambahkan kunci kembali.

Apakah registry cleaners aman digunakan?

Secara keseluruhan, registry cleaners, tetapi gunakan cleaners yang memiliki reputasi baik. Beberapa cleaners hanya sebuah malware yang menyamar seperti aplikasi cleaners/booster ponsel. Jika Anda tidak yakin apakah alat pembersih registry aman, scan URL dan URL download aplikasi melalui VirusTotal. Anda juga dapat menggunakan search engine untuk mencari “apakah nama aplikasi cleaners aman” untuk melihat bagaimana review pengguna lain.

Kapan saya harus membersihkan registry?

Anda mungkin tidak perlu sering membersihkan registry menggunakan Disk Cleanup setiap satu atau dua bulan. Jika Anda cenderung sering menginstal/mencopot aplikasi atau sistem Anda semakin lambat, ada baiknya Anda membersihkan registry setelah setiap dua atau tiga aplikasi yang Anda instal dan hapus.

TERKAIT: 12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

POPULER

ARTIKEL PILIHAN