Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Cara Membuat Nomor Urut di Google SheetGoogle Spreadsheet dapat mengenali pola data Anda dan secara otomatis mengisi sel Anda dengan data berurutan, sehingga menghemat waktu dan energi Anda. Berikut cara menggunakan dengan angka, nama bulan, rumus, dan lainnya.

Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Isi Nomor Urut

Untuk mengisi nomor urut secara otomatis, seperti dari 1 hingga 10, klik sel di spreadsheet Anda dan ketik 1. Di sel di bawah, ketik nomor 2.

Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Pilih kedua sel Anda. Klik kotak biru kecil di sudut kanan bawah sel kedua, dan seret ke bawah.

Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Spreadsheet akan mengisi sel yang Anda seret dengan nomor urut.

Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mengisi angka negatif. Dalam hal ini, cukup ketik -1 bukan 1.

Jika Anda ingin mengganti baris yang diisi (memiliki sel kosong di antara setiap angka) cukup biarkan sel kedua kosong alih-alih menyisipkan 2, lalu sorot kedua sel dan seret ke bawah.

Isi Angka Ganjil Berurutan

Jika Anda ingin secara otomatis mengisi sel dengan angka ganjil (melewati angka genap) seperti 1, 3, 5, dan 7, klik sel pertama di spreadsheet Anda dan ketik 1. Klik sel kedua dan ketik 3.

4. Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Pilih sel pertama dan kedua. Kemudian, dari sudut kanan bawah sel kedua, seret ke bawah.

Sel Anda akan diisi dengan semua angka ganjil, seperti yang Anda lihat di bawah.

6. Cara Membuat Nomor Urut di Google Sheet

Isi Bilangan Genap Berurutan

Anda secara otomatis dapat mengisi angka genap (seperti 2, 4, 6, 8, dan seterusnya) di sel. Caranya, di sel pertama, ketik 2. Kemudian, klik sel kedua dan ketik 4.

Pilih sel pertama dan kedua Anda. Dari sudut kanan bawah sel kedua, seret ke bawah.

Sekarang Anda hanya memiliki angka genap di sel Anda.

Isi Bulan Berurutan

Spreadsheet juga membantu Anda mengisi sel dengan nama bulan secara otomatis. Anda hanya perlu menyebutkan nama bulan pertama dan Spreadsheet akan mengisi sel lainnya secara otomatis. Caranya, klik sel pertama di spreadsheet Anda dan ketik nama bulan.

Dari sudut kanan bawah sel Anda, seret ke bawah.

Spreadsheet akan mengisi sel Anda dengan nama bulan berurutan, seperti yang Anda lihat di bawah.

Isi Rumus

Dengan fungsi pengisian otomatis Spreadsheet, Anda tidak perlu mengetikkan rumus di setiap sel. Sebagai gantinya, seret sel yang berisi rumus ke sel yang Anda inginkan, dan Spreadsheet akan menyalin rumus.

Itu bahkan akan mengubah referensi sel sehingga Anda memiliki data yang benar di sel rumus. Caranya, di samping catatan pertama di spreadsheet Anda, ketikkan rumus Anda dan tekan Enter.

Dari sudut kanan bawah sel tempat Anda memasukkan rumus, seret ke bawah hingga semua catatan Anda tertutup.

Spreadsheet akan menyalin rumus ke semua sel yang Anda seret. Kemudian akan menunjukkan hasil yang sesuai dalam sel rumus.

Isi Data Apa Saja

Seperti yang dapat Anda perhatikan dari contoh di atas, Anda dapat memasukkan hampir semua data di spreadsheet dan Spreadsheet akan membantu mengisi data berurutan secara otomatis jika dapat mengenali suatu pola.

Pada dasarnya, Anda harus memasukkan data Anda di dua sel pertama sehingga memiliki pola. Kemudian, pilih sel tersebut dan seret kotak biru kecil ke bawah untuk memasukkan nilai berikutnya dalam urutan data.

TERKAIT: Cara Membuat Google Sheet Bisa Diedit Semua Orang

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here