5 Cara Memperbaiki Notifikasi iPhone yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Notifikasi iPhone – Apakah notifikasi iPhone Anda tidak berfungsi seperti yang Anda harapkan? Berikut ini cara mengecek apakah Anda telah mengatur notifikasi iPhone dengan benar dan cara memecahkan masalah notifikasi iPhone.

Cara Memperbaiki Notifikasi iPhone yang Tidak Berfungsi

1. Pastikan Notifikasi Diaktifkan

Notifikasi iPhone diaktifkan pada basis per-aplikasi. Setiap aplikasi harus meminta izin untuk menampilkan notifikasi, yang kemudian muncul melalui pop-up. Terkadang Anda menolak izin secara tidak sengaja, dan di lain waktu aplikasi tidak pernah meminta izin yang diperlukan sehingga menyebabkan notifikasi tidak muncul.

Cara Memperbaiki Notifikasi iPhone yang Tidak Berfungsi

Anda dapat memperbaikinya dengan memastikan bahwa notifikasi telah diaktifkan (atau dinonaktifkan, jika Anda mau) di bawah Settings > Notifications. Scroll ke bawah ke aplikasi yang dimaksud lalu aktifkan “Allow Notifications” dan pastikan peringatan diaktifkan di mana pun Anda menginginkannya: di lock screen, Notification Center, dan drop-down banners di bagian atas layar.

Anda memilih antara banner style sementara atau permanen, yang mengharuskan Anda menutup secara manual. Ini berguna jika Anda tidak ingin melewatkan notifikasi dari aplikasi tertentu. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan “Notification Grouping” yang mengumpulkan notifikasi serupa menjadi satu.

2. Periksa Focus Mode atau Do Not Disturb Mode

Focus Mode dapat ditemukan di Control Center dengan menggesek ke bawah dari kanan atas layar Anda (atau swipe ke atas dari bawah pada model iPhone yang masih memiliki tombol Home). “Focus” untuk melihat berbagai mode yang tersedia: Do Not Disturb, Personal, Work, dan Sleep.

Mode ini dapat mengganggu pengiriman notifikasi, jadi pastikan untuk mematikannya jika ingin menerima semua notifikasi. Jika Anda menemukan mode Focus bermanfaat saat bekerja atau belajar, buka Settings > Focus dan atur mode yang Anda inginkan.

Ini memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari menonaktifkan notifikasi yang mengganggu seperti media sosial atau game, sambil mengirim pesan atau menerima panggilan dari orang lain.

3. Nonaktifkan Notification Summary

Notification Summary adalah fitur yang menggabungkan pemberitahuan “non-urgent” dan mengirimkannya sebagai summary pada waktu yang Anda pilih. Anda tidak akan melihat notifikasi tertentu saat mode ini diaktifkan, tetapi Anda akan tetap menerima panggilan dan pesan.

IPhone Anda akan menyarankan aplikasi yang sangat berat pada notifikasi saat Anda pertama kali mengatur fitur tersebut. Anda dapat menonaktifkan atau mengkonfigurasi ulang fitur di bawah Settings > Notifications > Scheduled Summary.

4. Restart iPhone

Jika semua pengaturan sudah benar di menu Settings > Notification, mungkin ada masalah aplikasi. Coba restart iPhone Anda untuk melihat apakah cara ini menyelesaikan masalah.

Tidak ada koneksi internet akan memengaruhi kemampuan Anda untuk menerima notifikasi, Anda dapat memeriksanya menggunakan Safari.

5. Unmute iPhone

Jika Anda melihat notifikasi tetapi tidak mendengarnya, iPhone kemungkinan dimute. Anda dapat unmute iPhone Anda menggunakan sakelar di sisi kiri perangkat (jika Anda melihatnya dalam mode portrait).

Volume notifikasi yang masuk ditentukan oleh volume dering Anda. Anda dapat mengubahnya menggunakan slider di bawah Settings > Sounds & Haptics, dan mengubah suara default notifikasi untuk pemberitahuan seperti pesan teks, email baru, dan reminders.

Penting juga untuk memastikan “Sounds” diaktifkan di bawah Settings > Notifications untuk aplikasi apa pun yang Anda inginkan untuk membunyikan notifications.

Anda juga dapat memeriksa update aplikasi yang mungkin tertunda dengan membuka App Store, mengetuk ikon pengguna Anda, lalu menggulir ke bawah ke bagian upate. Ketuk “Update” di sebelah aplikasi untuk mendownload dan segera menerapkan pembaruan. Jika masalah berlanjut, Anda dapat menghapus aplikasi lalu mendownload kembali melalui App Store.

TERKAIT: Cara Mengubah Waktu dan Tanggal di iPhone Secara Manual

POPULER

ARTIKEL PILIHAN