Cara Memulai Reksadana untuk Pemula Agar Cuan

Cara Memulai Reksadana untuk Pemula – Uang dapat dicari dengan cara apapun selama tidak merugikan pihak lain seperti investasi reksadana. Sebagai pemula ada beberapa jenis reksadana yang cocok untuk diinvestasikan. Siapa yang tidak ingin punya uang banyak dari hasil usaha investasi? Tentu saja kebanyakan orang merasa bangga meraup cuan dari investasi karena kesannya sangat modern. Seorang pemula bisa berinvestasi pada beberapa pilihan jenis reksadana. Cara memulai reksadana untuk pemula memang harus diperhatikan agar jauh dari risiko ekstrim. 

Cara Memulai Reksadana untuk Pemula

Jenis Reksadana Untuk Pemula

- Advertisement -

Inilah beberapa jenis reksadana untuk pemula yang minim risiko.

  1. Reksadana Pasar Uang
    Jenis reksadana yang dananya diinvestasikan pada pasar uang dengan risiko rendah seperti deposito dan obligasi jangka pendek. Menurut beberapa ahli investasi, reksadana pasar uang merupakan jenis investasi yang paling aman dengan risiko minim sehingga cocok untuk keperluan investasi jangka pendek. Jika kamu ingin investasi untuk dana pensiun, jangan pilih reksadana pasar uang karena investasinya tidak berkembang.
  2. Reksadana Pendapatan Tetap
    Jangka waktu investasi reksadana jenis ini adalah 1 tahun hingga 3 tahun. Dana yang diinvestasikan dapat dikatakan cukup stabil sehingga minim risiko. Tingkat resikonya hanya berkisar antara rendah, menengah dan sedang.
  3. Reksadana Campuran
    Jenis reksadana ini juga cocok bagi pemula karena dana yang diinvestasikan tidak hanya pada di saham saja, tapi juga di obligasi dan deposito. Jangka waktu investasi yakni mulai dari 3 tahun hingga 5 tahunan. Risiko rendah berkisar antara bawah dan menengah, sesuai dengan imbal hasil yang diperoleh.
  4. Reksadana Saham
    Reksadana saham memiliki risiko paling tinggi dibandingkan jenis lainnya yang telah disebutkan di atas. Namun keuntungan yang diperoleh termasuk paling tinggi pula. Hal itu disebabkan oleh pasar saham yang sangat fluktuatif. Bagi kamu yang berani ambil risiko di pasar saham dengan menginvestasikan sebanyak mungkin, maka bukan tidak mungkin 5 tahun ke depan akan meraup untung besar jika harga saham semakin melonjak naik.

Cara Memulai Reksadana Untuk Pemula

Cara memulai reksadana untuk pemula bisa dengan mengambil langkah awal seperti persiapan modal. Pastikan modal yang disiapkan merupakan uang dingin sehingga jika terjadi penurunan nilai aset, kamu tidak kaget. Kamu bisa memilih berbagai aplikasi investasi reksadana terpercaya seperti Bareksa dan Bibit. Kedua aplikasi tersebut telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga data kamu lebih aman dan tidak disalahgunakan.  

Tips Investasi Reksadana bagi Pemula

Tips investasi reksadana pemula tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu memahami reksadana dan risikonya. Kemudian pahami cara kerjanya agar kamu dapat menyesuaikan diri dengan jenis reksadana manapun. Tentukan tujuan karena investasi memiliki dua jangka waktu, yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Lakukan secara bertahap agar tidak mengalami kerugian fatal akibat anjloknya nilai reksadana yang kamu beli. Sekian penjelasan mengenai Cara memulai reksadana untuk pemula.

TERKAIT: Siap-Siap untuk Investasi Reksadana yang Paling Menguntungkan

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda