Cara Menambahkan Video di Google Slide

Cara menambahkan video di Google Slides versi web adalah cara visual yang efektif untuk berbagi data dan informasi. Berikut cara menambahkan video di Google Slide dari Google Drive, YouTube, dan sumber luar, seperti hard drive komputer Anda.

Cara Menambahkan Video di Google Slide

Menambahkan Video YouTube di Google Slide

YouTube adalah tempat paling favorit untuk menemukan semua jenis video. Anda mungkin memiliki channel YouTube tempat Anda mengunggah video Anda sendiri. Karena YouTube adalah perusahaan Google, menambahkan video ke Google Slide tentu cukup mudah.

  1. Dalam presentasi Anda, Anda mungkin memiliki tempat untuk video atau Anda mungkin perlu membuatnya. Saat Anda siap, klik slide tempat Anda ingin menyematkan video, lalu klik Insert Video.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  2. Kotak dialog Insert Video muncul secara default, opsi itu berupa pencarian YouTube. Ketik istilah pencarian Anda dan klik kaca pembesar untuk mencari video yang ingin Anda tambahkan.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  3. Atau, jika Anda mengetahui URL video YouTube yang ingin Anda tambahkan, Anda dapat memilih By URL dan kemudian menempelkan URL tersebut ke dalam kotak teks yang disediakan.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  4. Setelah Anda menemukan video yang ingin Anda sematkan di Google Slide, klik Select dan video akan dimasukkan ke dalam slide. Anda dapat mengklik dan menyeretnya ke posisi yang diinginkan.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  5. Setelah Anda memiliki video di slide, Anda dapat menggunakan kotak pembatas biru untuk mengubah ukuran bingkai video, atau jika Anda ingin memotong video atau mengubah opsi lain, Anda dapat mengeklik kanan video dan memilih Format options.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  6. Toolbar Format options akan terbuka di sisi kanan halaman. Di sana Anda dapat mengubah Start at dan End at untuk video. Jika Anda memberi tanda centang pada kotak di sebelah Autoplay when presenting video akan diputar secara otomatis saat slide terbuka selama presentasi.

    Anda juga dapat memilih Mute audio agar audio dari slide dimatikan secara otomatis saat diputar.

    Selain opsi ini, Anda juga memiliki opsi untuk Size & Rotation, Position, dan Drop shadow. Gunakan opsi ini untuk menyesuaikan tampilan video di slide Anda.

Cara Menambahkan Video ke Slide dari Google Drive

Menambahkan video ke presentasi Google Slides Anda dari Google Drive sedikit berbeda dengan menambahkan Video dari YouTube.

  1. Klik slide tempat Anda menginginkan video, lalu klik Insert Video.
  2. Di kotak dialog Insert video yang terbuka, pilih Google Drive.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  3. Arahkan ke lokasi video yang diinginkan di Google Drive. Anda memiliki opsi:
    My Drive: Di sinilah Anda akan menemukan file yang telah Anda buat atau unggah ke Google Drive.
    Shared drives: Opsi ini untuk drive yang dibagikan dengan orang lain. Misalnya, jika Anda memiliki drive bersama teman mengupload video, Anda akan menemukannya di sini.
    Shared with me: Meskipun tampak seperti drive bersama, sebenarnya tidak. Di sinilah Anda akan menemukan file milik orang lain yang telah dibagikan dengan Anda (hanya file, bukan seluruh drive).
    Recent: Jika Anda baru saja membuka video yang ingin Anda sematkan di presentasi Google Slides, itu akan muncul di sini.
    Cara Menambahkan Video di Google Slide
  4. Setelah Anda menemukan video, pilih dan kemudian klik Select untuk menambahkan video ke presentasi Anda.

Cara Menambahkan Video ke Google Slide dari Sumber Luar

Jika Anda ingin menambahkan video ke Google Slides dari hard drive Anda atau dari tempat lain di web, Anda tidak dapat langsung menambahkannya ke Google Slides. Anda harus mengunggah atau menambahkan file ke Google Drive, lalu menggunakan langkah-langkah di atas untuk menambahkan video ke presentasi.

Anda juga tidak dapat menambahkan video ke Google Slides menggunakan URL untuk situs YouTube lainnya. Jika video yang ingin Anda gunakan ada di situs lain, Anda harus terlebih dahulu memasukkannya ke Google Drive (yang bisa berarti mengunduhnya ke hard drive Anda dan kemudian mengunggahnya ke Google Drive) sebelum Anda dapat menggunakannya.

Jika Anda menambahkan video dari web milik orang lain ke presentasi Anda, pastikan Anda memiliki izin untuk digunakan. Menggunakan video orang lain tanpa izin dapat menjadi tindakan pelanggaran hukum.

TERKAIT: Cara Hyperlink di Google Slide

ARTIKEL TERKAIT

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI