Bisakah Coba Cara Menanam Saham di Tokopedia? Ini Dia Jawabannya!

Cara Menanam Saham di Tokopedia – Sesudah Anda tahu bagaimana cara beli saham di Ajaib, Anda barangkali jadi penasaran ingin mencoba beli saham di platform investasi lain. Misalnya di Tokopedia, mengingat bahwa Tokopedia saat ini sudah punya layanan Tokopedia Reksadana. Kalau begitu, bagaimana ya cara menanam saham di Tokopedia? Simak penjelasan di bawah ini buat info lengkapnya, ya!

Cara Menanam Saham di Tokopedia

Apakah Bisa Beli Saham di Tokopedia?

- Advertisement -

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, platform marketplace online Tokopedia memiliki layanan Tokopedia Reksadana. Di sini, Anda bisa melakukan investasi reksadana dengan mudah dan praktis, bahkan dengan investasi hanya Rp 10 ribu saja, lho!

Meski demikian, apakah artinya Anda bisa mencoba cara menanam saham di Tokopedia? Sayangnya jawabannya adalah tidak. Sebab, reksadana yang ada di Tokopedia Reksadana hanyalah reksadana pasar uang, bukan reksadana saham atau reksadana pasar saham.

Di Mana Bisa Beli Saham untuk Pemula?

Kalau begitu, bagaimana jika Anda masih ingin investasi saham? Meskipun Anda tidak bisa investasi di Tokopedia, masih ada cara lain yang bisa Anda coba untuk investasi saham, kok.

Untuk membeli saham, Anda sekarang bisa melakukannya lewat perusahaan sekuritas legal yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Perusahaan sekuritas ini akan bertindak sebagai perantara yang melakukan jual-beli saham. Selain itu, perusahaan sekuritas juga akan membantu Anda membuka rekening dana nasabah di BEI.

Bagaimana Cara Beli Saham untuk Pemula?

Setelah menentukan perusahaan sekuritas untuk investasi saham, langkah berikut yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuka rekening dana nasabah (RDN). Rekening ini wajib dimiliki investor agar bisa melakukan jual-beli saham. Proses ini biasanya akan dibantu oleh pihak perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Syarat yang dibutuhkan untuk membuat RDN secara garis besar adalah KTP (untuk WNI) atau kartu izin tinggal terbatas alias Kitas dan paspor (untuk WNA), dan nomor NPWP.

Setelah RDN sudah dibuat, Anda bisa lakukan setoran awal. Besarnya setoran awal bervariasi, dan biasanya ditentukan masing-masing bank sekuritas. Biasanya setoran awal ini berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 3 juta.

  1. Pilih saham yang ingin Anda beli. Untuk melakukan pembelian, Anda bisa menggunakan aplikasi milik perusahaan sekuritas yang sudah Anda beli. Sebelum membeli saham, pastikan bahwa Anda juga sudah membaca laporan keuangan serta informasi-informasi relevan berkaitan dengan performa saham maupun performa perusahaan tersebut.
  2. Pantau kondisi pasar dari waktu ke waktu. Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan jual-beli saham dengan lebih cermat berdasarkan informasi di pasar, dan pastinya menghasilkan keuntungan dari investasi Anda, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang.

TERKAIT: Ternyata, Begini Cara Main Reksadana Tokopedia

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda