5 Cara Mengecek HP Samsung Original

Bagaimana cara mengecek HP Samsung original atau palsu? Ini mungkin salah satu pertanyaan paling umum yang diajukan oleh orang yang akan membeli ponsel baru atau bekas. Baca artikel berikut dan pelajari bagaimana mengidentifikasi apakah HP Samsung itu asli atau palsu!

Tidak diragukan lagi, Samsung adalah salah satu produsen terbaik dalam memproduksi smartphone kelas atas. Perusahaan selalu upgrade teknologi terbaru pada setiap model. Oleh karena itu, banyak orang ingin mendapatkan spesifikasi yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.

Karena kurangnya pengetahuan di antara pembeli, penjual membodohi mereka dengan memproduksi ponsel palsu dengan harga lebih murah. Tapi jangan khawatir, pada artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri umum untuk memeriksa apakah HP Samsung Anda asli atau palsu!

Cara Mengecek HP Samsung Original

Sejujurnya, smartphone yang dikloning secara ilegal dapat terlihat seperti yang asli & Anda tidak bisa hanya mengidentifikasi hanya dengan melihat saja. Perhatikan tanda-tanda berikut untuk memeriksa apakah perangkat Samsung Anda asli atau palsu.

1. Periksa Orisinalitas Perangkat Dengan Kode Rahasia Samsung

Dengan menggunakan Kode Samsung khusus ini, Anda dapat memeriksa hardware di perangkat Anda. Semua kode yang disebutkan di bawah ini dapat diterapkan di perangkat Anda karena ini hanya tersedia di ponsel Samsung asli. Jika smartphonr Anda tidak memiliki kode rahasia ini , kemungkinan besar Anda menggunakan perangkat Samsung palsu.

Untuk memeriksa Kode Rahasia Android ini, yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dialer ponsel Anda, masukkan kode berikut. Setelah itu, perangkat secara otomatis masuk ke mode diagnostik rahasia, menampilkan semua informasi penting.

  1. *#1234# [Displays device current firmware]
  2. *#*#1472365#*#* [GPS test settings]
  3. *#*#197328640#*#* [Service mode]
  4. *#*#4636#*#* [Diagnostic and general settings mode]
  5. *#0*# [General Test Mode]
  6. *#0228# [ADC Reading]
  7. *#0283# [Audio Loopback Control]
  8. *#0289# [Melody Test Mode]
  9. *#03# [NAND Flash S/N]
  10. *#32489# (Ciphering Info)
  11. *#232331# (Bluetooth Test Mode)
  12. *#12580369# (Device SW & HW Info)
  13. *#1234# (View SW Version PDA, CSC, MODEM)
  14. *#0228# (ADC Reading)

Cara Mengecek HP Samsung Original

2. Perhatikan Fisik HP Samsung

Berbeda dengan smartphone masa lalu, produsen semakin pintar & menghasilkan kualitas yang lebih baik. Jadi, memeriksa tampilan ponsel mungkin tidak hanya membantu, tetapi memverifikasi tanda-tanda ini menjadi langkah pertama untuk mengenali keaslian ponsel Samsung.

  • Periksa kecerahan layar. Perangkat asli akan menawarkan serangkaian warna yang hidup, sementara smartphone palsu menampilkan warna yang kusam.
  • Perhatikan ruang layar ke tepi. Smartphone tiruan biasanya memiliki celah yang lebar dari tepi layar hingga tepi perangkat.
  • Tombol power dipisahkan dari tombol volume pada jarak yang wajar di ponsel Samsung asli. Padahal, kedua tombol perangkat klon memiliki celah yang tidak normal.
  • Jangan lupa untuk memeriksa bahan kaca layar perangkat. Sapukan jari Anda pada layar & jika terasa lebih seperti plastik daripada gelas, maka itu mungkin produk tiruan.
  • Fokus pada sensor smartphone. Biasanya, Anda akan menemukan sensor ini hilang pada ponsel Samsung palsu.

Jika Anda tidak dapat memverifikasi keaslian perangkat Samsung Anda dengan trik yang disebutkan di atas, maka lanjutkan dengan tanda-tanda berikutnya.

3. Verifikasi Spesifikasi Dari Box HP

Cara Mengecek HP Samsung Original

Nah, penting untuk mencocokkan spesifikasi produk yang disebutkan di bagian belakang kotak dengan yang dapat ditemukan di pengaturan smartphone Anda. Buka Settings > About Phone. Cukup bandingkan detailnya dengan kotak headset Anda. Jika tidak cocok, kemungkinan Anda menggunakan HP Samsung palsu.

4. Cek Nomor IMEI Samsung

Nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah satu set unik kode identifikasi yang dialokasikan untuk setiap perangkat & dua ponsel tidak akan pernah dapat berbagi IMEI yang sama. Seringkali ponsel palsu tidak memiliki nomor IMEI yang valid atau menggunakan angka palsu. Untuk memeriksa 15 digit nomor IMEI di Samsung, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Arahkan ke Settings.
  • Scroll ke bawah jendela Settings untuk mencari About Phone.
  • Jendela About Phone menunjukkan kode IMEI, nomor Model serta nomor Seri.

Atau, Anda cukup mengetik *#06# di dialer ponsel Anda & muncul pesan pop-up di layar Anda, menampilkan nomor IMEI Samsung.

Ada beberapa cara alternatif juga untuk memeriksa Nomor IMEI Samsung. Metode ini dapat digunakan untuk ponsel dan tablet yang memiliki baterai yang tidak dapat dilepas.

  • Untuk memeriksanya, cukup lihat Bagian Belakang ponsel untuk menemukan IMEI dan nomor Seri.
  • Cara lain, seseorang dapat mencari kode cek asli Samsung adalah dengan melihatnya di bawah baterai. Namun, metode ini hanya dapat digunakan untuk ponsel dengan baterai yang dapat dilepas.

5. Lakukan Tes Performa

Menjalankan tes kinerja berikut akan memberi tahu Anda apakah ponsel Samsung Anda palsu atau asli. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ambil Beberapa Gambar. Ini adalah salah satu cara paling umum untuk memeriksa apakah ponsel Samsung Anda asli. Anda tidak akan mendapatkan foto dengan resolusi rendah atau kualitas buruk pada perangkat asli.
  • Jalankan Game atau Aplikasi. Jika Anda menggunakan ponsel Samsung palsu, tidak akan dapat menjalankan game kelas atas seperti Vice City, Grand Theft Auto, Star Wars, atau The Dark Knight Rises.
  • Matikan & Hidupkan Perangkat. Ponsel Samsung palsu akan membutuhkan banyak waktu untuk dimatikan atau dihidupkan.
  • Jalankan Banyak Aplikasi Sekaligus. Nah, ketika Anda membolak-balik satu aplikasi ke aplikasi lain, Anda perlu mengamati bagaimana respons perangkat pada setiap aktivitas dengan cermat. Jika membutuhkan waktu atau lambat merespon, kemungkinan Anda menggunakan smartphone Samsung palsu.

TERKAIT: Bagikan Data Secara Cepat Menggunakan Quick Share Samsung

POPULER

ARTIKEL PILIHAN