Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone – Apakah Anda pernah tanpa sengaja menjatuhkan iPhone ke kolam? Jika iPhone pernah tenggelam ke dalam air, Anda tidak perlu khawatir. Semua iPhone sejak diperkenalkannya iPhone 7 memiliki tingkat ketahanan air tertentu.

Setiap iPhone mampu bertahan hingga 30 menit di dalam air sedalam satu meter, dengan model terbaru mampu bertahan di kedalaman 30 menit di kedalaman hingga enam meter. Asalkan Anda bisa menyelamatkan iPhone dalam waktu 30 menit, iPhone tidak akan mengalami kerusakan permanen.

Namun, jika iPhone Anda basah, maka Anda harus mengeluarkan air dari iPhone sebelum menyebabkan masalah. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengeluyarkan air dari iPhone.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara Mengeluarkan Air dari Port Pengisian Daya (Charging Port)

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Salah satu tempat paling umum bagi air untuk masuk ke iPhone Anda adalah melalui port pengisian daya (Charging Port). Charging port adalah tempat dengan bukaan terbesar di iPhone. Mengisi daya iPhone Anda saat port basah dapat menyebabkan pin pada lightning port terkorosi, korslet, dan bisa menyebabkan kerusakan permanen. Termasuk merusak kabel charger.

Jika iPhone mendeteksi air di port pengisian daya, akan muncul pesan peringatan yang menyarankan Anda untuk tidak mengisi daya ponsel Anda sampai konektornya kering. Ada opsi penggantian darurat yang memungkinkan Anda tetap mengisi daya, tetapi kami tidak menyarankannya.

Ada dua cara untuk mengeluarkan air dari port pengisian: gravitasi dan waktu. Pegang ponsel Anda dengan port pengisian daya menghadap ke bawah dan berikan beberapa ketukan yang cukup kuat. Ini membantu mengeluarkan sebagian air. Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah membiarkannya kering. Letakkan iPhone Anda di tempat yang berventilasi baik dan kering. Jangan memasukkannya ke dalam beras karena partikel beras dapat masuk ke iPhone dan bisa menyebabkan banyak kerusakan.

Setelah satu jam, coba colokkan kembali kabel pengisi daya. Jika Anda masih mendapatkan pesan peringatan, ulangi prosesnya hingga pesan peringatan tidak muncul. Diperlukan waktu hingga 24 jam untuk memastikan bahwa iPhone benar-benar kering.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Menggunakan Fix My Speakers

Speaker adalah tempat lain dimana air bisa masuk ke iPhone. Jika iPhone Anda basah, speaker mungkin akan terdengar teredam atau tidak jelas. Ini pertanda bahwa ada air di speaker iPhone.

Apple Watch, yang bisa dipakai di dalam air, memiliki cara untuk mengeluarkan air yang masuk ke speaker, yaitu dengan memainkan suara yang menggetarkan speaker, sehingga memaksa air keluar. Fitur ini tidak ada di iPhone, tetapi kabar baiknya Anda dapat membuat ulang efeknya, yang pertama adalah menggunakan situs web bernama Fix My Speakers.

  1. Navigasikan ke situs web Fix My Speakers di browser web iPhone.
  2. Naikan volume iPhone Anda hingga maksimum menggunakan tombol volume di samping perangkat.
  3. Letakkan iPhone Anda rata atau pegang dengan port menghadap ke bawah.
  4. Ketuk tombol dengan emoji angin dan air.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  5. Tunggu hingga suara selesai diputar.

Coba tes speaker Anda dan apakah ada peningkatan kualitas suara. Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas jika menurut Anda masih ada air di speaker iPhone.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Menggunakan Sonic App

Anda juga dapat menggunakan aplikasi bernama Sonic App untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone. Aplikasi ini bekerja sedikit berbeda dengan Fix My Speakers yang menggunakan speaker itu sendiri untuk memaksa air keluar.

  1. Instal Aplikasi Sonic gratis di iPhone Anda dan luncurkan.
  2. Tempatkan iPhone sedikit miring dengan port petir di bagian bawah.
  3. Ketuk ikon tetesan air di tengah layar.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  4. Biarkan aplikasi berjalan selama sekitar 10 detik dan ketuk STOP.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  5. Tes kembali speaker iPhone.

Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang Anda inginkan sampai semua air keluar dari speaker iPhone. Setelah selesai, Anda dapat uninstall aplikasi Sonic jika memang sudah tidak dibutuhkan.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Menggunakan Water Eject

Untuk berjaga iPhone kembali kemasukan air, Anda dapat membuat shortcut iPhone untuk mengeluarkan air dengan cepat.

  1. Pada browser iPhone, buka halaman shortcut Water Eject dan ketuk Get Shortcut.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  2. Ketuk Add Shortcut.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  3. Selanjutnya, ketuk tab My Shortcuts.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  4. Ketuk shortcut Water Eject.
  5. Sekarang ketuk Begin Water Ejection. Shortcut akan mengatur volume, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menaikkannya sebelum shortcut berjalan.
    2. Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
  6. Tunggu hingga Anda mendengar ping, tanda shortcut telah selesai.

Anda mungkin mendapatkan pemberitahuan bahwa shortcut tidak memiliki izin untuk mengakses halaman Wikipedia. Anda dapat mengabaikan pemberitahuan ini karena shortcut telah selesai melakukan tugasnya. Jika speaker Anda masih memiliki air di dalamnya, ulangi proses di atas.

Mempelajari cara mengeluarkan air dari iPhone hanyalah salah satu cara untuk menjaga perangkat tetap terlindungi. Ada banyak cara lain untuk menjaga iPhone Anda dalam kondisi prima.

TERKAIT: Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP iPhone

POPULER

ARTIKEL PILIHAN