Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Aplikasi Kamera iPhone – Menurut Flickr, iPhone adalah kamera paling populer di dunia. Setiap tahun, Apple mengubah dan mengupgrade kualitas aplikasi Kamera iPhone. Namun, untuk mengambil gambar terbaik dengan iPhone, Anda harus menguasai beberapa tips dasar berikut.

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Membuka Aplikasi Kamera

Anda dapat membuka aplikasi kamera dengan cepat dari Lock screen dengan menghidupkan iPhone Anda dan kemudian menggesek dari kanan ke kiri. Anda tidak perlu membuka kunci iPhone. Jika iPhone Anda memiliki Face ID dan tidak memiliki tombol home, Anda dapat menekan lama ikon Kamera di kanan bawah.

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Saat iPhone Anda tidak terkunci, cara tercepat untuk meluncurkan aplikasi kamera adalah di Control Centre. Pada iPhone X atau lebih baru dengan fitur Face ID, geser ke bawah dari kanan atas layar dan cari ikon Kamera. Di iPhone 8 atau versi lebih lama dengan tombol Home, geser ke atas dari bawah.

Ada juga ikon Kamera di layar Home dan aplikasi Siri juga dapat meluncurkan kamera; katakan saja, “Take a photo.”

Jika Anda memiliki Apple Watch, Anda juga dapat menggunakannya untuk meluncurkan kamera. Cukup ketuk mahkota digital untuk melihat daftar aplikasi, lalu pilih ikon Kamera. Aplikasi Kamera akan terbuka di iPhone, Anda akan melihat preview frame di Apple Watch.

Pengaturan Dasar Aplikasi Kamera iPhone

Setelah Anda meluncurkan aplikasi Kamera, Anda dapat melihat serangkaian fungsi. Secara default diluncurkan dalam mode Foto, jadi Anda dapat langsung memotret. Ambil foto dengan mengetuk tombol Shutter, atau dengan menekan tombol Volume Naik/Turun di bagian samping iPhone.

Di sepanjang bagian atas layar aplikasi Kamera, Anda akan melihat opsi berikut:

  • Flash: opsi ini mengaktifkan dan menonaktifkan lampu flash LED di bagian belakang kamera (dan “screen flash” dalam mode Selfie).
  • Live Photo: Mengaktifkan atau menonaktifkan Live Photos. Saat diaktifkan, pengaturan ini menyimpan beberapa detik video bersama dengan gambar.
  • Timer: Aktifkan ini jika Anda memerlukan jeda tiga atau 10 detik sebelum kamera mengambil foto.
  • Filter: Anda dapat melihat preview filter yang tersedia sebelum mengambil foto. Anda dapat menghapusnya setelah itu jika Anda tidak menyukainya.

 

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Di sepanjang bagian bawah layar, Anda akan melihat beberapa mode. Secara default dipilih “Photo”. Gesek ke kiri atau kanan untuk beralih di antara mode. Anda dapat memilih opsi berikut:

  • Time Lapse”: Rekam film time lapse dan iPhone secara otomatis akan menganimasikannya.
  • Slo-Mo”: Merekam video gerak lambat pada kecepatan frame tinggi.
  • Video“: Merekam video dalam resolusi HD atau 4K.
  • Portrait“: Tersedia di iPhone dengan dua lensa atau lebih, mode ini membuat latar belakang buram.
  • Square“: Memotret dalam mode Square Crop, seperti feed Instagram.
  • Pano” : Kependekan dari “panorama”, Anda dapat memotret gambar lebar yang secara otomatis akan digabungkan oleh iPhone.

Di bagian bawah layar, ada preview foto terakhir yang Anda ambil; ketuk untuk melihat semua foto Anda. Jika Anda belum membuka kunci iPhone, Anda akan melihat foto yang diambil sejak menghidupkan perangkat.

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Di kanan bawah, ada juga tombol yang memungkinkan Anda beralih antara kamera depan dan belakang. Ketuk untuk mengambil selfie, lalu ketuk lagi untuk kembali ke kamera lain.

Mengatur Focus and Exposure

Saat memotret iPhone secara otomatis akan memfokuskan wajah, termasuk gambar wajah.

Dalam frame untuk fokus pada objek tertentu, ketuk objek tersebut. IPhone secara otomatis akan fokus dan mengekspos area tersebut. Jika Anda memindahkan ponsel dan mengubah komposisi, Anda harus memfokuskan kembali karena autofocus akan aktif.

Terkadang, Anda ingin mengunci fokus dan exposure sehingga iPhone tidak kehilangan pengaturan. Caranya, ketuk dan tahan area. Ini akan mengunci fokus dan exposure, sehingga gambar tidak lebih terang atau lebih gelap saat Anda bergerak.

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Ini berguna untuk mengubah nilai exposure secara manual. Misalnya, Anda ingin mengambil gambar matahari terbenam di belakang suatu objek. Dalam hal ini, Anda ingin latar depan menjadi fokus, dan mengekspos matahari terbenam di latar belakang. Caranya, ketuk objek yang ingin Anda fokuskan, lalu ketuk dan geser untuk mengubah nilai exposure.

Anda dapat menggabungkan ini dengan mengunci focus. Pertama, ketuk dan tahan objek yang ingin Anda fokuskan, lalu (dalam gerakan yang sama) geser jari Anda ke atas dan ke bawah. Saat Anda menggeser ke atas, nilai exposure meningkat, artinya membiarkan lebih banyak cahaya masuk. Menggeser ke bawah mengurangi jumlah cahaya pada gambar, cukup untuk mengambil bidikan matahari terbenam.

Pada awalnya ini mungkin tampak rumit, tetapi cukup mudah setelah Anda menguasainya. Coba gabungkan teknik-teknik ini. Lakukan eksperimen dan lihat hasilnya. Anda dapat menghapus foto yang tidak Anda sukai di aplikasi Foto.

Mengganti Lensa

Beberapa iPhone memiliki beberapa lensa yang memungkinkan Anda memilih antara perspektif wide (lensa standar pada semua iPhone) dan ultrawide atau telefoto. Jika iPhone Anda memiliki beberapa lensa, Anda akan melihat label “1x” atau serupa di dekat tombol Shutter.

Ketuk ikon ini untuk beralih di antara berbagai panjang focus. “1x” menunjukkan wide, “0,5x” adalah ultrawide, dan “2x” adalah telefoto. Pada artikel ini, hanya iPhone 11 Pro yang memiliki ketiganya, meskipun kemungkinan akan berubah dengan model iPhone mendatang.

Lakukan eksperimen dengan berbagai panjang focus yang tersedia untuk Anda. Wide (1x) adalah lensa serba bisa, yang setara dengan 26mm. Telefoto lebih dekat ke lensa potret, dan setara 52mm. Ultrawide berada di ujung lain spektrum, setara dengan 13mm.

Mengambil potret dengan lensa ultrawide sangat menyenangkan, tetapi perspektif akan terdistorsi. Wajah akan terlihat memiliki hidung besar karena apa pun yang paling dekat dengan bagian tengah frame yang dizoom. Pada akhirnya, tidak ada aturan khusus. Anda dapat membuat foto yang keren dalam segala macam situasi dengan melakukan berbagai macam eksperimen.

Optical Zoom dan Digital Zoom

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Anda dapat memperbesar dengan mencubit frame, seperti yang Anda lakukan saat melihat peta atau halaman web. Jika iPhone memiliki beberapa lensa, Anda dapat memperbesar dengan menekan tombol “1x” dan menggeser jari Anda. Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk mendapatkan zoom yang bersih saat merekam video.

Zoom pada iPhone biasanya melibatkan zoom digital, meskipun memiliki lensa telefoto. Untuk memperbesar iPhone harus meregangkan piksel. Ini berarti Anda akan kehilangan kualitas gambar jika Anda menggunakan preset “2x” yang menyertai lensa telefoto.

Anda juga akan melihat efek “snapping” setiap kali Anda memperbesar hingga iPhone harus mengganti lensa. Jika foto semakin Anda zoom, kualitas gambar semakin berantakan. Tetapi iPhone dapat membersihkan gambar yang noisy, sebaiknya gunakan zoom dengan hati-hati.

Merekam Video

Gesek ke kiri pada tombol untuk masuk ke mode Video. Ketuk tombol Shutter merah untuk mulai merekam video. Saat Anda memotret, Anda dapat mengetuk tombol putih di sudut frame untuk menyimpan gambar diam ke Rol Kamera.

Pada iPhone SE, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max, Anda juga dapat merekam video QuickTake. Caranya, cukup tekan dan tahan tombol Shutter saat dalam mode Foto. Geser jari Anda ke kanan untuk “mengunci” Shutter dan lanjutkan perekaman hands-free.

Sebagian besar kontrol kamera yang akan Anda temukan di sini juga berlaku untuk mode Video, termasuk mengubah exsposur dan mengunci pengaturan kamera.

Portrait Mode

Portrait Mode tersedia di iPhone dengan sistem kamera dua lensa dan tiga lensa, seperti keluarga iPhone X, XS, dan 11. Portrait Mode menghitung kedalaman subjek. Kemudian menerapkan jenis keburaman yang Anda dapatkan dengan lensa wide-aperture portrait ke latar belakang frame.

Pada iPhone yang lebih lama, seperti iPhone X, Portrait Mode dimaksudkan bekerja pada orang. Namun, pada iPhone terbaru, Portrait Mode berfungsi untuk semua jenis subjek, termasuk hewan peliharaan dan benda mati.

Anda juga dapat menggunakan Portrait Mode untuk meniru preset pencahayaan studio, yang akan muncul di bagian bawah frame. Ini berguna untuk meningkatkan pencahayaan dalam situasi tertentu.

Memotret dalam Cahaya Rendah dengan Mode Malam

IPhone 11 dapat memotret dalam mode Malam menggunakan lensa lebar wide (1x). IPhone 11 Pro dan 11 Pro Max dapat melakukannya menggunakan lensa wide (1x) dan telefoto (2x) biasa.

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Mode malam (Night mode) memungkinkan Anda mengambil foto dalam cahaya redup dengan memaparkan sensor selama beberapa detik. Ini memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. IPhone kemudian menyatukan semuanya dan menghasilkan gambar dengan noise rendah.

Mode malam akan muncul secara otomatis pada perangkat yang kompatibel. Anda akan melihat ikon bulan di sudut frame dengan angka dalam hitungan detik. Ini adalah rekomendasi berapa lama iPhone membiarkan Shutter tetap terbuka sehingga hasilnya akan terang.

Ketuk ikon mode Malam (Night mode) untuk membuka slider. Untuk mematikan mode Malam, seret slider ke kiri hingga tertulis “0s.” Untuk eksposur yang lebih lama, seret ke kanan. Anda tidak dapat “memaksa” mode Malam dalam situasi yang tidak memerlukannya karena gambar menjadi terlalu terang.

Saat Anda memotret dalam mode Malam, tetap diam jangan banyak bergerak. Jika Anda terlalu banyak bergerak, gambar akan buram. Untuk menghasilkan foto terbaik, gunakan tripod smartphone kecil untuk membantu perangkat tetap diam. Anda juga dapat menggunakan timer agar iPhone tidak bergerak saat Anda menekan tombol Shutter.

Menggunakan Live Photos

Live Photos memungkinkan Anda untuk merekam beberapa detik video bersama dengan gambar diam. Ikon Live Photos adalah rangkaian lingkaran yang dikelilingi oleh garis putus-putus. Warnanya berubah menjadi emas saat fitur ini diaktifkan, saat dinonaktifkan akan berwarna putih dengan garis-garis.

Anda dapat melihat Live Photos di rol kamera dengan mengetuk dan menahan layar setiap kali Anda melihat tampilan “Live” di kiri atas. Pada perangkat lama dengan 3D Touch, cukup 3D Touch di layar (tekan paksa) untuk melihat Live Photo.

Sejak Apple mengganti format gambar dan video ke HEIC dan HEVC yang lebih efisien (bergantung pada decoding hardware), ukuran file secara kasar berkurang setengahnya. Ini berarti Live Photos tidak memakan banyak ruang penyimpanan (storage). Namun, menonaktifkan fitur ini akan menghemat ruang di ponsel Anda.

Manfaat lain dari Live Photos adalah kemampuan untuk memilih Key Photo. Jika gambar tidak sempurna, tetapi Anda memiliki rekaman Live Photo, cukup buka Rol Kamera. Ketuk “Edit”, lalu ketuk tombol Live Photos. Gulir klip hingga Anda menemukan gambar yang lebih baik, lalu ketuk “Make Key Photo.”

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Live Photos memberi Anda lebih banyak gambar. Live Photos bekerja paling baik ketika Anda memasukkannya ke dalam workflow. Ingatlah bahwa 1,5 detik sebelum dan sesudah Anda menekan tombol Shutter akan menyertakan Live Photos. Ini membantu Anda membuat loop yang mulus dan menambahkan pantulan yang bagus ke gambar.

Untuk memahami Live Photos, lakukan eksperimen. Anda dapat menggeser ke atas pada Live Photos mana pun di aplikasi Foto untuk melihat opsi untuk membuat loop, pantulan, atau bidikan long-exposure blur. Anda bahkan dapat mengekspor loop Anda sebagai GIF dengan GIPHY.

TERKAIT: Cara Menghidupkan Flash Kamera iPhone

Pengaturan Manual Kamera

Anda dapat menyesuaikan pengaturan aplikasi Kamera Settings > Camera. Secara khusus, Anda dapat mengubah resolusi video di bawah “Record Video” dari 1080p ke 4K.

Ada beberapa frame rate yang dapat Anda pilih: 24 untuk tampilan sinematik, 30 untuk tampilan siaran TV, atau 60 agar beberapa video tampak mulus.

Anda juga dapat mengubah pengaturan untuk slow-motion. Semakin tinggi resolusi dan semakin banyak frame yang Anda ambil per detik, semakin besar file video Anda. Jika Anda memiliki langganan iCloud (200 GB+) aktifkan Foto iCloud, Anda tidak perlu khawatir tentang storage karena semua file akan dikirim ke iCloud.

Lihat juga bagian “Preserve Settings”. Ini menentukan apakah aplikasi Kamera akan mengingat parameter tertentu saat Anda menggunakannya. Secara default, aplikasi Kamera kembali ke mode Foto biasa. Toggle-On “Camera Mode” akan menyimpan mode, seperti “Video” atau “Slo-Mo.” Toggle-On “Filter and Lighting” untuk mempertahankan efek.

Cara Menggunakan Aplikasi Kamera iPhone

Di bawah “Formats“, Anda akan melihat opsi “High Efficiency“, yang membutuhkan lebih sedikit ruang disk, dan “Most Compatible“, yang menggunakan kompresi JPEG dan H.264 untuk foto dan video. Direkomendasikan menggunakan “High Efficiency” jika Anda ingin workflow yang lebih cepat.

Dalam berbagai hal, kamera iPhone lebih nyaman dan efisien daripada kamera mirrorless atau kamera digital SLR. Kualitas gambar dan ekstensibilitas bisa Anda dapatkan dalam kamera iPhone, selain itu dapat terkoneksi langsung ke web.

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_img

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone

Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone

0
Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone - Seiring waktu, semua aplikasi, gambar, dan pesan teks di iPhone Anda dapat menghabiskan banyak ruang. Dan, ketika iPhone Anda penuh, dapat mengakibatkan iPhone Anda lambat. Berikut cara melihat berapa...
Cara Reset Jaringan iPhone

Cara Reset Jaringan iPhone

0
Artikel berikut ini menjelaskan cara reset jaringan iPhone. Informasi ini berlaku untuk iPhone 12 hingga iPhone 6 dengan iOS 14 hingga iOS 8. Cara Reset Jaringan iPhone 1. Cara Reset Jaringan iPhone di Aplikasi Pengaturan Ambil langkah-langkah...
Cara Menjadikan Foto Sebagai Wallpaper Lock Screen

iOS 16: Cara Menjadikan Foto Sebagai Wallpaper Lock Screen

0
Cara Menjadikan Foto Sebagai Wallpaper Lock Screen - Apple telah menambahkan beberapa opsi untuk menyesuaikan Lock Screen iPhone di iOS 16, termasuk kemampuan untuk mengubah font dan warna, menerapkan filter, dan menambahkan widget. Sebagai hasil...
Cara Membuat Lock Screen Wallpaper Emoji di iPhone

iOS 16: Cara Membuat Lock Screen Wallpaper Emoji di iPhone

0
Lock Screen Wallpaper Emoji - Pada iOS 16, Apple telah memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem operasi selulernya, termasuk perombakan total pada interface Lock Screen. iPhone yang menjalankan iOS 16‌‌‌, memungkinkan Anda mengatur Lock Screen...
Cara Mengganti Wallpaper Lock Screen iPhone Secara Acak

iOS 16: Cara Mengganti Wallpaper Lock Screen iPhone Secara Acak

0
Cara Mengganti Wallpaper Lock Screen iPhone - Pada iOS 16, Apple telah memperkenalkan beberapa perubahan besar pada pengalaman Lock Screen, termasuk kemampuan untuk menampilkan wallpaper secara acak dari kumpulan foto yang telah dipilih. Dengan menggunakan...
Cara Mengganti Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac

Cara Mengganti Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac

0
Cara Mengganti Nama AirDrop - AirDrop memungkinkan Anda mentransfer file dengan cepat secara nirkabel antara iPhone, iPad, dan Mac. Saat Anda membagikan dokumen, penerima akan melihat nama perangkat pengirim. Jika ingin mengubah nama AirDrop,...
Cara Mematikan iPhone XS

Cara Mematikan iPhone XS

0
Cara Mematikan iPhone XS - iPhone XS (Max) adalah model iPhone terbaru dan setiap pengguna Apple ingin memilikinya karena fitur-fiturnya yang canggih. Jika Anda memiliki iPhone XS/XS Max baru, Anda pasti ingin segera menghidupkannya....
Cara Menghidupkan Flash Kamera iPhone

Cara Menghidupkan Flash Kamera iPhone

0
Cara Menghidupkan Flash Kamera iPhone - Jika Anda mengambil foto dengan iPhone di area gelap dan ingin memperjelas gambar, cukup nyalakan lampu flash bawaan iPhone di aplikasi Kamera. Prosesnya sedikit berbeda pada setiap model...
Cara Mematikan Daya iPhone

Cara Mematikan Daya iPhone

0
Cara Mematikan Daya iPhone - Terkadang Anda perlu mematikan iPhone untuk mengatasi berbagai masalah iPhone atau menghemat masa pakai baterai. Untungnya, Anda bisa menggunakan 2 cara mematikan daya iPhone. Cara Mematikan Daya iPhone Biasanya, saat Anda...
Cara Aktifkan Find My iPhone

Cara Aktifkan Find My iPhone

0
Cara Aktifkan Find My iPhone - Jika iPhone, iPad, atau iPod Touch Anda hilang atau dicuri, Anda bisa menemukannya kembali atau setidaknya mencegah orang yang lain mengakses data dengan mengatur Find My iPhone. Anda...

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda