Cara Menggunakan Finder di Mac

Cara Menggunakan Finder di Mac – Di Mac, Finder adalah aplikasi manajemen file yang disertakan pada setiap perangkat Mac. Berkat tab, Anda dapat membuat beberapa folder tetap terbuka di jendela yang sama. Berikut cara menggunakan Finder di Mac.

Cara Menggunakan Finder di Mac

Fitur Tab Finder

Salah satu fitur Mac Finder yang paling kurang digunakan adalah tab. Tab adalah konsep user interface yang diturunkan dari folder pengarsipan. Tab mendapatkan popularitas di browser web pada akhir 1990-an, dan pertama kali muncul di macOS di 10.12 Sierra pada tahun 2016.

Di Finder, Tab memungkinkan Anda untuk membuka beberapa jendela folder secara bersamaan tanpa mengacaukan layar. Anda bahkan dapat memindahkan file antar tab, dan mengatur file Anda dengan cepat.

Cara Menggunakan Tab di macOS Finder

  1. Untuk menggunakan tab di Finder, pertama buka aplikasi Finder dengan mengklik ikonnya di dock.
    Cara Menggunakan Finder di Mac
  2. Di jendela Finder yang terbuka, bilah tab Anda mungkin secara default tidak terlihat. Untuk membuka bilah tab, klik menu “View” di bagian atas layar dan pilih “Show Tab Bar.” Atau Anda dapat menekan Shift+Command+T pada keyboard Anda.
    (Jika Anda melihat “Hide Tab Bar” yang tercantum di menu “View“, maka bilah tab sudah terlihat dan Anda dapat melewati langkah ini.)
    Cara Menggunakan Finder di Mac
  3. Saat bilah tab terlihat, Anda akan melihatnya di dekat bagian atas jendela Finder, tepat di bawah toolbar.
    Cara Menggunakan Finder di Mac
  4. Setiap saat, klik tombol plus (“+”) untuk membuat tab Finder baru. Atau Anda dapat menekan Command+T pada keyboard Anda.
    Cara Menggunakan Finder di Mac
  5. Untuk beralih antara melihat setiap tab, klik tab yang ingin Anda lihat di bilah tab. Untuk menutup tab, cukup klik tombol “X” yang muncul di tab saat Anda mengarahkan kursor mouse ke atasnya. Atau Anda dapat menekan Command+W pada keyboard Anda.
    Cara Menggunakan Finder di Mac
  6. Untuk memindahkan file antar tab, cukup seret dan lepas file atau folder ke tab lain. Dengan cara ini, setiap tab mirip seperti shortcut folder.

Selain itu, Finder memungkinkan Anda membuka tab sebanyak yang dapat Anda inginkan. Jika jumlah tab yang terbuka melebihi lebar bilah tab di jendela yang terbuka, label tab akan bergulir secara horizontal ke samping.

TERKAIT: Cara Mengunci Keyboard MacBook Untuk Dibersihkan

POPULER

ARTIKEL PILIHAN