Cara Menggunakan Google Slide untuk Pemula

Cara Menggunakan Google Slide – Jika Anda ingin membuat presentasi untuk perusahaan atau slideshow tugas kelas Anda, Google Slides adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini mirip dengan Microsoft PowerPoint tetapi bisa Anda gunakan secara gratis dan berbasis web sehingga mudah diakses.

Pada artikel ini kita akan membahas dasar-dasar penggunaan Google Slide untuk pemula. Mulai dari menambahkan slide hingga menyisipkan teks dan gambar sampai menyajikan tayangan slide Anda, berikut cara menggunakan Google Slide.

Cara Menggunakan Google Slide

Memulai Google Slide

Untuk membuat presentasi, kunjungi Google Slide dan masuk dengan akun Google Anda. Anda dapat menggunakan template atau membuat tayangan slide kosong.

  1. Di halaman utama Google Slides, Anda akan melihat beberapa template di bagian atas. Untuk melihat semua pilih Template gallery. Jika Anda melihat template yang ingin digunakan, pilih template tersebut. Jika tidak, pilih opsi Blank untuk membuat tayangan slide dari awal.
    Cara Menggunakan Google Slide
  2. Saat tayangan slide terbuka, arahkan ke sudut kiri atas dan beri nama.
    Default untuk template adalah nama template, dan slideshow kosong “Untitled Presentation.” Cukup ganti teks tersebut dengan teks Anda sendiri dan tekan Enter atau Return untuk menyimpannya.
    Cara Menggunakan Google Slide
  3. Saat Anda membuat presentasi, Google Slides menyimpannya secara otomatis. Di bagian atas layar tampilan slide, Anda akan melihat bahwa itu disimpan ke Google Drive Anda dan saat Anda melakukan pengeditan terakhir.
    Cara Menggunakan Google Slide
  4. Anda dapat kembali ke layar utama Google Slides kapan saja dengan memilih logo Google Slides di kiri atas, di samping namanya.

Tampilan Google Slide

Saat Anda membuat presentasi, Anda dapat menggunakan tampilan slide yang berbeda tergantung pada tujuan presentasi Anda.

  1. Tampilan utama, seperti yang ditunjukkan di bawah, menempatkan slide Anda di depan dan di tengah tanpa gangguan.
    Cara Menggunakan Google Slide
  2. Untuk membuka gambar mini slide Anda di sebelah kiri, pilih View > Show filmstrip. Anda dapat menggunakan Filmstrip untuk berpindah ke slide yang berbeda dalam presentasi Anda dan mengambil tindakan pada slide dengan klik kanan.
    Cara Menggunakan Google Slide

    Untuk menutup Filmstrip, kembali ke View > Show filmstrip untuk membatalkan pilihan.

  3. Untuk melihat layar penuh thumbnail slide, buka View > Grid view. Ini memberi Anda gambaran yang lebih besar tentang bagaimana slide Anda diatur dan tindakan yang dapat Anda ambil saat menggunakan klik kanan.
    Cara Menggunakan Google Slide

    Untuk menutup tampilan ini, buka View > Grid view untuk membatalkan pilihan.

Menambahkan dan Format Slide

Untuk membuat presentasi, Anda dapat menambahkan slide. Setiap slide dapat berisi teks, gambar, video, bentuk, dan elemen lainnya. Untuk membuat penataan slide Anda sedikit lebih rapi, Anda dapat menggunakan tata letak yang sudah dibuat sebelumnya. Tetapi Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan slide kosong untuk menempatkan item di tempat yang Anda suka.

Langkah 1: Menambahkan slide, lakukan salah satu hal berikut:

  • Buka tab Insert dan pilih New slide di dekat bagian bawah.
  • Buka tab Slide dan pilih New slide di bagian atas.
  • Dalam tampilan Filmstrip atau Grid, klik kanan slide dan pilih New slide.

Langkah 2: Secara default, slide baru ditempatkan setelah slide yang Anda pilih dan menggunakan layout yang sama. Anda dapat mengubah layout untuk slide baru jika Anda mau.

Langkah 3: Untuk mengubah layout, pilih slide dan lakukan salah satu hal berikut:

  • Buka tab Slide, pindah ke Apply layout, dan pilih layout di menu pop-out.
  • Dalam tampilan Filmstrip atau Grid, klik kanan slide, pindah ke Apply layout, dan pilih layout di menu pop-out.

Speaker Notes

Saat Anda mempresentasikan tayangan slide yang ingin Anda bicarakan, Anda dapat menambahkan notes ke slide Anda yang hanya dapat dilihat oleh Anda. Ini mirip dengan menggunakan kartu indeks selama pidato.

Langkah 1: Untuk menampilkan bagian catatan pada slide, seret ke atas menggunakan Tiga titik di bagian paling bawah slide atau pilih View > Show speaker notes.
Cara Menggunakan Google Slide

Langkah 2: Ini memperluas bagian di bawah slide. Tempatkan kursor Anda di dalam bagian Notes dan masukkan teks Anda.

Langkah 3: Untuk mengubah gaya, ukuran, warna, atau format font, pilih teks di catatan Anda dan gunakan tombol Font di toolbar.
Cara Menggunakan Google Slide

Langkah 4: Untuk menutup area catatan pembicara, seret ke bawah hingga bagian catatan tidak terlihat atau buka View > Show speaker notes untuk membatalkan pilihan.

Insert Teks pada Slide

Anda dapat menambahkan teks ke slide Anda menggunakan kotak teks yang disertakan dengan layout yang Anda pilih. Atau, Anda dapat menambahkan kotak teks dan memindahkannya ke tempat yang Anda inginkan.

Langkah 1: Untuk menambahkan teks ke kotak teks yang disertakan, cukup klik di dalam kotak dan ketik. Teks secara otomatis diformat per jenis kotak teks. Misalnya, jika Anda memasukkan teks dalam kotak judul, teks akan diformat dalam font yang lebih besar.

Langkah 2: Untuk menyisipkan kotak teks Anda sendiri, pilih Insert > Text box di menu atau pilih tombol Text box di toolbar.

Langkah 3: Klik tempat di slide Anda untuk menambahkan kotak teks, lalu tulis teks Anda di dalamnya.

Langkah 4: Anda dapat memindahkan kotak teks dengan menyeretnya dan mengubah ukurannya dengan menyeret masuk atau keluar dari sudut atau tepi.

Langkah 5: Untuk mengubah gaya, ukuran, warna, atau format font teks di dalam kotak, pilih teks, lalu gunakan opsi font di toolbar.

Insert Gambar pada Slide

Slideshow adalah presentasi visual, selain teks Anda dapat menyertakan gambar atau foto.

Langkah 1: Buka Insert dan pindah ke Gambar atau pilih panah di sebelah tombol Image di toolbar.

Langkah 2: Pilih lokasi untuk gambar Anda. Anda dapat memilih gambar dari komputer, penelusuran web, Google Drive, Google Foto, URL, atau kamera pada perangkat Anda.

Langkah 3: Setelah Anda menemukan dan menyisipkan gambar, seret untuk memindahkannya ke tempat yang Anda suka. Anda juga dapat menyeret sudut atau tepi untuk mengubah ukurannya.

Langkah 4: Untuk opsi rotasi, posisi, bayangan, refleksi, dan penyesuaian lainnya, buka sidebar Format options.

Anda dapat melakukannya dengan memilih gambar dan memilih Format options di toolbar atau dengan mengklik kanan gambar dan memilih Format options.

Insert Objek Lain pada Slide

Bersama dengan teks dan gambar, Anda dapat menyertakan jenis visual lain dalam presentasi Anda. Anda dapat menambahkan video, file audio, tabel, charts, diagram, word art, dan garis.

Langkah 1: Untuk melihat semua opsi Anda dan menambahkan elemen, buka tab Insert dan pilih apa yang ingin Anda tambahkan.

Langkah 2: Beberapa item seperti bentuk, bagan, dan garis menampilkan menu pop-out untuk Anda pilih type atau style. Elemen lain seperti video dan audio menampilkan jendela pop-up untuk Anda pilih lokasi atau bisa juga masukan URL.

Langkah 3: Setelah Anda menyisipkan objek pada slide, seret untuk memindahkannya ke tempat yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengklik kanan item untuk melakukan tindakan tambahan seperti pemformatan, perataan, atau pengaturan dengan elemen slide lainnya.

Melihat dan Menampilkan Slide Presentasi

Anda dapat melihat presentasi kapan saja dalam proses pembuatan dan menyajikannya dengan cara yang sama kepada audiens Anda.

Plus, Anda dapat memanfaatkan tampilan Presenter, yang memberi Anda kontrol dan menampilkan catatan Anda. Atau, cukup tonton tayangan slide sesuai keinginan audiens Anda.

Langkah 1: Di kanan atas, pilih panah di samping Slideshow dan pilih Presenter view atau Start from beginning.

Langkah 2: Dalam tampilan Presenter, Anda akan melihat tayangan slide di satu sisi layar atau monitor kedua, dengan jendela kontrol yang lebih kecil mengambang di atas.

Gunakan jendela kontrol untuk menelusuri slide, menjeda tayangan slide, dan melihat speaker notes Anda.

Langkah 3: Dalam tampilan slideshow biasa, Anda akan melihat presentasi dalam mode full-screen.

Gunakan Floating toolbar di kiri bawah untuk maju melalui slide atau menjeda slideshow.

Langkah 4: Di salah satu tampilan di atas, pilih Tiga titik di sisi kanan floating toolbar untuk masuk atau keluar dari mode full-screen, melihat speaker notes, atau memutar presentasi secara otomatis.

Selesai! ini adalah dasar-dasar yang harus Anda pelajari bagaimana cara menggunakan Google Slide jika Anda baru mengenal aplikasi ini.

TERKAIT: Cara Download Google Meet di Laptop

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here