Cara Menggunakan Mode Pro Kamera iPhone 15

4 min read

cara menggunakan mode pro kamera iphone 15

Setiap peluncuran smartphone baru, produsen berlomba-lomba menonjolkan peningkatan sistem kamera mereka. Apple tidak terkecuali. Dengan peluncuran seri iPhone 13, Apple memperkenalkan fitur Cinematic mode, Macro mode, Photographic Styles, dan lainnya. Pada acara peluncuran iPhone 14, Apple menampilkan fitur Action mode, sensor utama 48MP yang ditingkatkan pada model Pro, dan lebih banyak lagi. Kini, iPhone 15 Pro Max hadir dengan lensa telefoto baru 5x.

Meski iPhone terbaik dilengkapi dengan sistem kamera yang kuat, terutama varian Pro, banyak pengguna tidak tahu bagaimana memaksimalkannya. Meskipun iPhone secara default menghasilkan foto yang menakjubkan, kebanyakan pengguna biasa mungkin tidak peduli untuk mengoptimalkannya lebih lanjut. Meskipun tidak ada mode fotografi manual atau Pro pada iOS 17, masih ada beberapa pengaturan lanjutan yang dapat mengontrol hasil kamera iPhone Anda.

Cara Menggunakan Mode Pro Kamera iPhone 15

Menyesuaikan Pengaturan Kamera

Sebelum memulai, perlu dicatat bahwa screenshot berikut diambil pada iPhone 14 Pro. Jika Anda memiliki iPhone yang lebih lama atau non-Pro, beberapa opsi mungkin tidak tersedia. Jika Anda memiliki iPhone 15 Pro, Anda akan memiliki lebih banyak opsi yang akan kami bahas berikutnya.

Pengaturan Kamera untuk iPhone 14 Pro dan Lebih Tinggi

  1. Buka aplikasi Settings, gulir ke bawah, dan ketuk Camera.
  2. Bagian pertama adalah Formats. Di sini Anda dapat beralih antara keluaran foto dan video HEIF/HEVC dan JPEG/H.264. Jika Anda hanya menggunakan perangkat Apple, biarkan HEIF/HEVC dipilih karena media ini memakan lebih sedikit ruang penyimpanan dan didukung di seluruh sistem operasi Apple. Jika Anda bergantung pada platform lain yang tidak mendukung format ini, beralihlah ke yang terakhir.
    1. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15 2. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15
  3. Anda juga akan menemukan toggle untuk Apple ProRaw dan Apple ProRes. Opsi ini memungkinkan Anda mengambil foto dan video berkualitas lebih tinggi. Selain menghasilkan foto 12MP atau 24MP saat menggunakan kamera utama di iPhone 14 Pro atau lebih tinggi, Anda bisa mendapatkan foto 48MP. Ini ideal untuk mereka yang berencana mengedit eksposur dan white balance. Namun, memakan lebih banyak ruang penyimpanan, mungkin Anda tidak ingin mengaktifkan opsi ini untuk penggunaan sehari-hari.
  4. ProRes juga memungkinkan Anda mengambil video berkualitas lebih tinggi, dan ini adalah salah satu format paling populer di kalangan profesional. Sebagai referensi, satu menit rekaman ProRes HDR 10-bit memakan sekitar 1,7 GB untuk HD. Jadi Anda mungkin ingin menonaktifkan ini saat tidak bekerja pada proyek video profesional.
  5. Tiga bagian berikutnya memungkinkan Anda mengontrol resolusi video dalam mode reguler, slo-mo, dan sinematik. Jika Anda bekerja pada proyek, Anda dapat memilih resolusi hingga 4K pada 60 fps, 1080p HD pada 240 fps, dan 4K pada 30 fps untuk mode video ini. Apple memberikan rincian berapa banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan per menit untuk setiap resolusi, memberi Anda gambaran tentang apa yang diharapkan saat merekam.
  6. Setelah resolusi video, ada toggle Record Stereo Sound. Anda dapat membiarkannya aktif karena akan membuat hasil rekaman Anda lebih imersif dan realistis.
  7. Toggles berikutnya mungkin tidak terlalu relevan di departemen fotografi profesional, tetapi, Anda dapat mengaktifkan opsi Grid untuk membantu Anda melihat dan mengontrol proporsi sebelum mengambil foto. Pengaturan ini menambahkan garis panduan ke jendela bidik, yang akan membantu Anda menjaga tangan tetap lurus dan melihat di mana subjek berada dalam bingkai.
  8. Opsi lain yang menarik adalah Photographic Styles. Ketika Anda mengklik tombol ini, Anda dapat melihat pratinjau empat styles berbeda, tidak termasuk styles standar. Setiap styles ini sedikit mengatur nada dan kehangatan hasil sebelum Anda mengambil foto, memungkinkan Anda memilih kontras yang lebih kaya, lebih banyak vibransi, lebih hangat, atau lebih sejuk. Halaman pengaturan ini juga menyertakan pratinjau foto yang sama dengan setiap styles diterapkan, memberi Anda gambaran tentang apa yang diharapkan dari setiap opsi.
    3. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15 4. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15 5. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15

Pengaturan Eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max

Jika Anda memiliki iPhone 15 Pro Max, Anda bisa memanfaatkan Spatial Videos. Video ini digunakan untuk pemutaran di Apple Vision Pro. Anda juga bisa mengubah format foto profesional yang digunakan iPhone Anda lebih dari sekadar ProRaw.

  1. Buka aplikasi Settings, gulir ke bawah, dan ketuk Camera.
  2. Pilih tab Format, dan cari ProRAW & Resolution Control.
    6. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15
  3. Ketuk untuk mengaktifkan toggle, lalu ketuk menu Pro Default.
    7. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15
  4. Pilih antara JPEG Max (hingga 48MP, ukuran file sekitar 10 MB), ProRAW (hingga 12MP, ukuran file sekitar 25 MB), atau ProRAW Max (hingga 48MP, ukuran file sekitar 75 MB).
    8. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15
  5. Kembali ke menu sebelumnya, dan cari header Video Capture.
  6. Aktifkan toggle Spatial Video for Apple Vision Pro untuk menggunakan fitur ini secara otomatis saat merekam.
    9. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15

Itulah semua opsi yang perlu Anda sesuaikan untuk mengambil foto dan video berkualitas tinggi atau lebih profesional di iPhone Anda. Seperti yang Anda lihat, opsinya cukup terbatas, karena Anda tidak bisa mengontrol elemen seperti ISO. Sebaliknya, iOS menyesuaikan secara otomatis berdasarkan lingkungan Anda.

Mode Kamera iPhone

Setelah selesai menyesuaikan output kamera melalui aplikasi Pengaturan, Anda dapat meluncurkan aplikasi Kamera. Beberapa mode dan opsi yang akan saya jelaskan mungkin tidak tersedia di perangkat Anda jika Anda menggunakan iPhone model lama atau non-Pro. Untuk mengungkapkan opsi tambahan dan kustomisasi yang disebutkan di bawah ini, Anda mungkin perlu menggesek ke atas pada jendela bidik setelah memilih mode kamera.

  1. Time-lapse: Di sebelah kiri, terdapat mode perekaman video Time-lapse. Mode ini, sesuai dengan namanya, merekam video dalam bentuk time-lapse. Anda hanya perlu menstabilkan iPhone dan mulai merekam, karena tidak banyak yang bisa Anda atur atau kontrol di sini selain zoom dan eksposur.
  2. Slo-mo: Selanjutnya, ada mode perekaman video Slo-mo. Anda dapat mengontrol zoom selain eksposur dan kualitas output. Namun, kualitas hanya merupakan cerminan dari opsi yang telah kita bahas di aplikasi Pengaturan sebelumnya. Ini bukan pengaturan baru.
  3. Cinematic: Setelah itu, Anda mendapatkan mode perekaman video Cinematic, yang memungkinkan Anda fokus pada subjek yang berbeda selama sesi perekaman. Anda bahkan bisa menyesuaikan subjek yang difokuskan setelah selesai merekam. Dalam mode ini, Anda dapat mengubah zoom, eksposur, dan kedalaman, selain resolusi yang tersedia di aplikasi Pengaturan.
  4. Video: Selanjutnya adalah mode perekaman Video biasa. Di sini Anda dapat menyesuaikan eksposur dan resolusi. Selain itu, ada tombol toggle mode Action yang memungkinkan Anda mengambil rekaman yang relatif stabil saat merekam di lingkungan yang bergoyang.
  5. Photo: Berikutnya adalah mode Photo, yang memungkinkan Anda mengaktifkan Night mode, Live Photos, timers, filters, dan Photography Styles. Anda juga dapat menyesuaikan rasio, eksposur, dan zoom. Jika Anda mengaktifkan ProRaw di aplikasi Pengaturan dan berada di tempat yang cukup terang, maka kamera utama akan menghasilkan foto dengan resolusi 48MP. Jika tidak, resolusinya dibatasi hingga 12MP.
    10. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15 11. cara menggunakan mode pro kamera iphone 15
    Perlu dicatat bahwa jika Anda mendekatkan iPhone ke subjek di tempat yang terang, mode Macro akan otomatis diaktifkan, memungkinkan Anda mengambil foto yang mengungkapkan detail terkecil dari subjek. Anda dapat menonaktifkannya melalui tombol toggle yang muncul di jendela bidik.Jangan lupa bahwa Anda bisa mengambil foto dengan eksposur panjang di iPhone dengan memanfaatkan Live Photos.
  1. Portrait: Selanjutnya adalah mode Portrait, yang memungkinkan Anda mengaburkan latar belakang/background dan fokus pada subjek tertentu. Anda bisa memilih antara enam efek pencahayaan yang berbeda dan beberapa filter. Anda juga bisa mengatur timer, eksposur, dan kedalaman.
  2. Pano: Terakhir, ada mode Pano, yang memungkinkan Anda mengambil foto panorama. Selain zoom, tidak ada yang bisa Anda kontrol atau atur di sini. Anda hanya perlu menekan tombol Shutter dan menggerakkan iPhone terus-menerus ke arah yang sama.

TERKAIT: Cara Mematikan Flashlight iPhone 15

Source: xda-developers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://kalpika.id/bom29-toto/ https://sdn2landangan.sch.id/bom29toto/ https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/pages/scatter-hitam/ https://sukamaju-lempuingjaya.desa.id/bom29toto/ https://sencanojaya.desa.id/vendor/bom29toto/ https://tarungnews.com/media/bom29toto/ slot thailand https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/data-china/ https://kimiasakti.com/public/bom29toto/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://www.ledger-dispatch.com/ http://178.128.20.178/ http://178.128.223.132/ https://tracerstudy.umk.ac.id/vendor/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/assets/raja/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/888slot/ https://smkyppisby.sch.id/anti-rungkad/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/pg/ data sgp https://jian.unismuh.ac.id/wp-content/rajatogel/ https://smpnsakra.sch.id/bom29toto/ http://103.253.212.197/file/2021/pompa77/ http://103.253.212.197/file/2021/mas77toto/ https://www.cch.co.th/bom29toto/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/idn/ http://119.59.116.138/bom29toto/ http://36.66.156.22/data-taiwan/ http://103.253.72.69/hoki188/ http://108.136.205.185/bom29/ https://poltekpelsulut.ac.id/vendor/scatter-hitam/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/jpslot/ https://pmb.iainbatanghari.ac.id/portal/gudangtoto/https://kalpika.id/bom29-toto/ https://sdn2landangan.sch.id/bom29toto/ https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/pages/scatter-hitam/ https://sukamaju-lempuingjaya.desa.id/bom29toto/ https://sencanojaya.desa.id/vendor/bom29toto/ https://tarungnews.com/media/bom29toto/ slot thailand https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/data-china/ https://kimiasakti.com/public/bom29toto/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://www.ledger-dispatch.com/ http://178.128.20.178/ http://178.128.223.132/ https://tracerstudy.umk.ac.id/vendor/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/assets/raja/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/888slot/ https://smkyppisby.sch.id/anti-rungkad/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/pg/ data sgp https://jian.unismuh.ac.id/wp-content/rajatogel/ https://smpnsakra.sch.id/bom29toto/ http://103.253.212.197/file/2021/pompa77/ http://103.253.212.197/file/2021/mas77toto/ https://www.cch.co.th/bom29toto/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/idn/ http://119.59.116.138/bom29toto/ http://36.66.156.22/data-taiwan/ http://103.253.72.69/hoki188/ http://108.136.205.185/bom29/ https://poltekpelsulut.ac.id/vendor/scatter-hitam/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/jpslot/ https://pmb.iainbatanghari.ac.id/portal/gudangtoto/