Cara Menggunakan Snipping Tool Mac

Snipping Tool Mac – Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara menggunakan Snipping Tool di Windows 11. Di MacBook dan Mac desktop, ada fungsi setara yang disebut Screenshot yang lebih mudah digunakan. Yang Anda perlu pelajari hanyalah fungsi beberapa shortcut keyboard.

Cara Menggunakan Snipping Tool Mac

Membuka Toolbar Screenshot

Membuka capture tool itu mudah, cukup tahan Shift+Command+5 akan muncul di bagian bawah layar utama Anda. Jika Anda memiliki MacBook dengan Touch Bar, kontrol ini juga direplikasi di sana.

1. Cara Menggunakan Snipping Tool Mac

Dari kiri ke kanan ada lima opsi capture:

  1. Capture atau screenshot dari seluruh layar.
  2. Capture jendela yang dipilih,
  3. Capture sebagian layar.
  4. Mulai perekaman video dari seluruh layar.
  5. Mulai perekaman video dari sebagian layar.

Menggunakan Toolbar Screenshot

Untuk memanfaatkan salah satu fitur ini, klik tombol yang sesuai dengan jenis capture yang Anda butuhkan. Pertama, Anda harus memilih jenis capture, kemudian Anda akan menggunakan mouse pointer untuk menyelesaikan pengambilan atau mengklik tombol Capture di ujung kanan tools.

Jika Anda memilih “Capture the Entire Screen,” lalu klik “Capture“, Anda akan mendengar audio capture dan melihat thumbnail di sudut kanan bawah layar. Anda dapat mengklik thumbnail secara langsung untuk mengedit capture atau menunggu beberapa detik hingga foto tersebut menghilang. Gambar akan disimpan ke desktop secara default, meskipun Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan screenshot.

Jika Anda menggunakan pengaturan multi-monitor, Anda perlu memindahkan mouse pointer ke layar yang ingin Anda capture. Tidak seperti Windows, screenshot standar di macOS tidak membuat satu gambar besar yang mencakup semua desktop.

Jika Anda memilih untuk mengcapture jendela tertentu, penunjuk Anda akan berubah menjadi ikon kamera. Saat Anda memindahkannya melintasi jendela, akan menampilkan highlight. Klik pada jendela yang dihighlight untuk mengcapture sebagai screenshot.

Jika Anda memilih untuk mengcapture sebagian layar, mouse pointer berubah menjadi reticle berbentuk silang. Klik dan seret untuk menyorot sebagian layar. Anda dapat menggunakan simpul pada bagian yang dihighlight untuk mengubah ukurannya, atau klik dan seret ke mana saja di dalam area yang dihighlight untuk memindahkan seluruh pilihan. Klik capture untuk pengambilan screenshot.

Merekam Layar macOS

Kedua opsi perekaman video berfungsi sama seperti pengambilan gambar, tombol Capture berubah menjadi “Record.” Selain itu, Anda harus membuka toolbar lagi dengan Shift+Command+5 untuk mengakhiri perekaman dengan mengklik tombol Stop.

Jika Anda memiliki lebih dari satu layar yang terhubung, pertama-tama Anda akan ditanyai tampilan mana yang ingin Anda rekam sebelum pengambilan dimulai. File hasil rekaman dikirim ke lokasi yang sama dengan screenshot.

Screenshot Cepat

Jika Anda ingin langsung mengambil screenshot, tekan Shift+Command+3. Ini akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya ke lokasi default penyimpanan Screenshot.

Jika Anda ingin mengambil sebagian layar tanpa membuka toolbar Screenshot terlebih dahulu, tekan Shift+Command+4, lalu gunakan penunjuk untuk menyeret pilihan Anda ke bagian layar yang ingin Anda capture.

Jika Anda menekan Shift+Command+4 dan kemudian Spasi, akan beralih ke fungsi mengcapture jendela yang disorot.

Capture Touch Bar

Jika Anda memiliki MacBook dengan Touch Bar, maka itu tidak akan diambil sebagai bagian dari screenshot standar. Untuk mengcapture Touch Bar, tekan Shift+Command+6 dan bar screenshot Anda saat ini akan disimpan ke lokasi yang dipilih saat ini.

Anda dapat mengubah opsi pengambilan dengan membuka tools Screenshot dan mengeklik tombol Options. Di sini Anda dapat mengatur lokasi di mana capture harus disimpan atau mengatur timer untuk pengambilan screenshot.

POPULER

ARTIKEL PILIHAN