Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs

Artikel berikut akan membahas bagaimana cara menggunakan voice typing di Google Docs. Sebelum Anda mulai menggunakan dikte di Google Documents, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan Google Docs di peramban Chrome. Meskipun Anda dapat menggunakan fitur speech-to-text dari keyboard Google di perangkat seluler, fitur tersebut tidak sepenuhnya diunggulkan seperti voice typing Google Docs di Chrome.

Anda juga perlu memastikan mikrofon di komputer Anda diaktifkan dan berfungsi dengan baik. Pada sebagian besar mikrofon di komputer Windows, Anda akan menemukan pengaturan mikrofon di bawah pengaturan suara sistem. Untuk mikrofon di komputer Mac, opsi tersebut ada di input suara preferensi sistem.

Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs

Voice Typing di Google Docs

Voice typing di Google Docs berfungsi lebih dari 100 bahasa. Jika Anda tidak yakin apakah itu akan berfungsi dalam bahasa Anda, Anda dapat memeriksa halaman dukungan Google Docs untuk menemukan daftar lengkap bahasa yang tersedia.

Untuk menggunakan pengetikan suara Google Dokumen:

  1. Di browser Chrome, buka atau buat dokumen Google Docs baru.
    Untuk memulai dokumen baru dengan cepat di browser Chrome, ketik docs.new ke bilah alamat Chrome dan tekan Enter di keyboard Anda.
  2. Tempatkan kursor Anda di dokumen tempat Anda ingin mulai mengetik, lalu klik Tools di menu alat atas.
    Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs
  3. Di menu fly-out yang muncul, pilih Voice Typing. Atau, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard:
    Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs
    – Windows: Ctrl+Shift+S
    – Mac: Command+Shift+S
  4. Mikrofon akan muncul di sudut kiri atas dokumen. Secara default, ini akan diaktifkan dan Anda siap berbicara. Anda akan mengetahuinya karena mikrofon akan berwarna oranye/merah. Ucapkan teks Anda dengan nada suara normal dengan irama normal, dan Anda akan melihat lingkaran di sekitar mikrofon saat Google Docs menangkap suara Anda dan mengubahnya menjadi teks.
    Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs
    Jika mikrofon tidak memiliki lingkaran di sekelilingnya, tetapi masih berwarna oranye, mikrofon aktif dan siap untuk merekam ucapan. Jika mikrofon berwarna abu-abu, mikrofon dinonaktifkan; klik sekali untuk mengaktifkannya, lalu mulai berbicara.
  5. Ucapkan teks yang ingin Anda diktekan. Anda harus mengucapkan tanda baca agar muncul. Anda juga dapat menggunakan daftar perintah di bawah ini untuk mengedit teks saat Anda membuat dokumen. Setelah selesai, ucapkan “Berhenti mendengarkan” atau klik mikrofon satu kali untuk menonaktifkannya.

Tips Menggunakan Speech-to-Text di Google Docs

Google Docs speech-to-text mudah untuk digunakan, tetapi jika Anda ingin menggunakannya secara maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

  • Memperbaiki kesalahan: Jika Anda membuat kesalahan atau jika Google Docs salah mendengar, sorot kesalahan itu, dan dengan mikrofon diaktifkan ucapkan kata yang benar. Lakukan ini sesering mungkin, dan Google Docs akan mempelajari pola bicara Anda.
  • Menggunakan alternatif yang disarankan: Saat menggunakan Google Docs voice typing, kata-kata yang digarisbawahi dengan warna abu-abu telah menyarankan alternatif. Jika kata yang direkam salah dan memiliki garis bawah abu-abu, klik kata tersebut dan (jika benar) pilih alternatif yang disarankan.

TERKAIT: Cara Menambahkan Tanda Tangan di Google Docs

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here