Cara Menghapus Paksa Folder di Windows 10 dan 11

Cara Menghapus Paksa Folder di Windows 10 dan 11 – Apakah Anda kesulitan menghapus folder di Windows 10 atau Windows 11? Jika demikian, kemungkinan folder sistem atau folder digunakan oleh aplikasi lain. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menghapus folder “tidak dapat dihapus” di komputer Anda.

Cara Menghapus Paksa Folder di Windows 10 dan 11

Alasan umum Anda tidak dapat menghapus folder adalah karena folder termasuk folder sistem Windows, sistem mencegah Anda menghapus folder karena dapat membuat PC tidak stabil.

Jika Anda yakin folder Anda bukan folder sistem, maka folder “tidak dapat dihapus” mungkin sedang digunakan oleh aplikasi yang Anda instal. Saat folder sedang digunakan oleh aplikasi, Windows mencegah Anda membuat perubahan pada folder tersebut. Dalam hal ini, Anda dapat menutup aplikasi menggunakan folder dan kemudian mencoba menghapus folder tersebut.

Metode 1: Gunakan Command Prompt

Salah satu cara cepat untuk menghapus paksa folder adalah dengan menggunakan Command Prompt. Anda dapat menjalankan perintah dari tools ini untuk menghapus folder yang Anda pilih.

  1. Pertama, buka menu “Start” Anda dan cari “Command Prompt“. Kemudian, di panel kanan, klik “Run as Administrator.”
    Cara Menghapus Paksa Folder di Windows 10 dan 11
  2. Anda akan melihat perintah “User Account Control“. Pilih “Yes.”
    Saat Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut dan tekan Enter. Dalam perintah ini, ganti PATHdengan jalur ke folder yang ingin Anda hapus.

    rmdir /s /q PATH

Misalnya, untuk menghapus folder bernama Unwanted di Documents folder C drive, Anda akan menggunakan perintah berikut.

rmdir /s /q C:\Documents\Unwanted

Folder yang ditentukan telah dihapus dari PC Windows.

Metode 2: Boot Windows dalam Safe Mode

Jika Anda tidak yakin aplikasi apa yang telah membajak folder Anda sehingga Anda tidak dapat menghapusnya, reboot PC Anda dalam safe mode lalu coba hapus folder tersebut. Dalam safe mode, PC hanya memuat file Windows yang penting, mencegah aplikasi pihak ketiga muncul secara otomatis.

  1. Untuk menggunakan metode ini, pertama-tama, boot PC Windows 10 atau Windows 11 Anda dalam safe mode.
  2. Setelah Anda berada dalam safe mode, luncurkan File Explorer dan cari folder yang akan dihapus. Kemudian, klik kanan folder ini dan pilih “Delete.”

Folder Anda sekarang telah dihapus. Anda mungkin ingin menghapus folder dari Recycle Bin, Anda dapat membuka Recycle Bin, mengklik kanan folder, dan memilih “Delete.”

Metode 3: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika folder Anda masih tidak dapat dihapus, ada aplikasi pihak ketiga gratis bernama Unlocker yang dapat membantu Anda menghapus folder. Aplikasi ini pada dasarnya membuka folder dari kunci yang tidak dapat dihapus, dan memungkinkan untuk menghapus folder tersebut.

  1. Untuk menggunakan metode ini, pertama, download dan instal aplikasi Unlocker di PC Anda. Kemudian luncurkan aplikasi yang baru diinstal.
  2. Pada jendela utama Unlocker, pilih folder yang akan dihapus. Kemudian, di bagian bawah, klik “OK.”
  3. Pada layar berikutnya, klik menu drop-down dan pilih “Delete.” Kemudian klik “OK.”
  4. Unlocker akan membuka kunci folder dan menghapusnya dari PC.

Metode 4: Gunakan WinRAR

Ini mungkin terdengar aneh tetapi Anda dapat menggunakan WinRAR (aplikasi kompresi file) untuk menghapus folder yang membandel. Cara kerjanya adalah Anda membuat arsip dari folder “tidak dapat dihapus” dan kemudian meminta aplikasi untuk menghapus folder asli setelah arsip dibuat.

Ketika WinRAR telah membuat arsip dari folder, folder aslinya akan dihapus. Anda dapat menghapus arsip yang baru dibuat juga.

  1. Pertama-tama, ambil versi gratis WinRAR dan instal di PC Anda. Kemudian restart PC Windows 10 atau Windows 11 sehingga WinRAR terintegrasi dengan menu konteks Anda.
  2. Saat PC Anda hidup kembali, buka File Explorer dan temukan folder yang akan dihapus. Kemudian klik kanan folder ini dan pilih “Add to Archive.”
  3. Pada jendela “Archive Name and Parameters“, di bagian “Archiving Options“, aktifkan opsi “Delete Files After Archiving“. Kemudian, di bagian bawah jendela, pilih “OK.”
  4. Biarkan WinRAR membuat arsip dari folder yang Anda pilih. Setelah selesai, WinRAR akan menghapus folder asli. Pada tahap ini, Anda dapat menghapus arsip yang baru Anda buat.

Begitulah cara membersihkan PC Windows Anda dari folder yang tidak diinginkan dan susah untuk dihapus.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10

POPULAR

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

RELATED ARTICLE

Cara Factory Reset Laptop HP

Cara Factory Reset Laptop HP

0
Cara Factory Reset Laptop HP - Mereset laptop adalah opsi paling efektif untuk menghilangkan berbagai masalah teknis pada laptop Anda. Jika Anda berada pada tahap di mana Anda perlu mereset laptop HP karena berbagai...
Cara Mengosongkan RAM Laptop Windows dan Mac

Cara Mengosongkan RAM Laptop Windows dan Mac

0
Cara Mengosongkan RAM Laptop - Apakah laptop Anda bekeja sangat lambat, terutama saat Anda menjalankan banyak aplikasi dan tab sekaligus? inilah saatnya untuk melihat RAM (Random-Access Memory), dan bagaimana cara mengosongkan RAM laptop sehingga...
Cara Mematikan Windows 11

6 Cara Mematikan Windows 11

0
Ingin mematikan PC/Laptop Anda? Ada beberapa cara mematikan Windows 11 yang bisa Anda pelajari, pilihlah yang paling cocok. Cara Mematikan Windows 11 1. Tekan Tombol Power Fisik Laptop/PC Matikan PC Anda menggunakan tombol power pada perangkat Anda....
Cara Restart Windows 11

Cara Restart Windows 11 Secara Manual

0
Cara Restart Windows 11 - Pada waktu tertentu, kadang Anda harus merestart Windows 11 untuk memecahkan berbagai masalah, mengupdate Windows, melakukan instalasi, atau lainnya. Meskipun Anda sering melihat opsi "restart" saat memperbarui Windows, berikut...

Cara Membuka File JAR di Windows 10 dan 11

0
Cara Membuka File JAR di Windows 10 dan 11 - Pada Windows 10 dan Windows 11, file JAR tidak terbuka secara default karena tidak ada aplikasi bawaan membuka file dengan format ini. Tetapi, Anda...
Cara Mengubah RDP Port Windows 11

Cara Mengubah RDP Port Windows 11

0
RDP Port Windows 11 - Jika Anda ingin mengakses PC/Laptop Windows 11 dari jarak jauh, Anda dapat melakukannya dengan bantuan Remote Desktop Protocol (RDP), yang hadir pada OS Microsoft versi Pro dan Enterprise. Meskipun...
Cara Menonaktifkan Superfetch di Windows 10 dan 11

Cara Menonaktifkan Superfetch di Windows 10 dan 11

0
Cara Menonaktifkan Superfetch - Superfetch (dikenal sebagai SysMain di Windows 10 dan Windows 11) adalah layanan bawaan Windows yang memuat aplikasi yang sering Anda gunakan pada RAM komputer. Jika PC Anda mengalami kinerja yang...
1. Cara Membuka Task Manager Windows 10

Cara Membuka Task Manager Windows 10

0
Cara Membuka Task Manager Windows 10 - Windows Task Manager adalah tools untuk melacak proses sistem, memantau penggunaan sumber daya, dan memaksa menutup aplikasi yang memenuhi memori. Microsoft telah memperkenalkan sejumlah peningkatan pada Task...

Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 10

0
Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 10 - Jika Anda memiliki PC Windows 10, sebaiknya gunakan flashdisk yang dapat diboot dari OS. Dengan cara ini, Anda dapat menginstal atau menginstal ulang Windows 10 untuk memperbaiki...
Cara Mengecek Windows 10 Original atau Bajakan

Cara Mengecek Windows 10 Original atau Bajakan

0
Cara Mengecek Windows 10 Original - Pernahkah Anda memeriksa apakah sistem operasi Windows 10 Anda menggunakan versi asli atau bajakan? Jika Anda belum mengetahui dan penasaran baca artikel ini untuk mempelajari cara mengecek Windows...

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda