Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Berbagi video melalui Google Drive cukup sederhana, tetapi Anda harus mengetahui Cara Mengirim Video Lewat Google Drive yaitu mengunggahnya ke Google Drive, lalu membagikannya. Selain itu dalam panduan ini, kita juga akan membahas beberapa masalah umum yang mungkin muncul saat mengupload video.

Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Cara upload video ke Google Drive

Sebelum Anda dapat membagikan video di Google Drive, Anda harus mengunggahnya. Mengunggah video ke Google Drive adalah proses yang sama seperti yang Anda gunakan untuk semua jenis file, tetapi jika perlu refresh, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah 1: Buka browser web Anda dan buka akun Google Drive Anda di drive.google.com. Anda akan diminta masuk ke akun Google jika belum login Google.
  2. Langkah 2: Di halaman dasbor utama Google Drive, klik tombol New. (terletak di sudut kiri atas layar Anda, tepat di bawah logo Google Drive.)
    Cara Mengirim Video Lewat Google Drive
  3. Langkah 3: Dari menu yang muncul, pilih File upload.
    Cara Mengirim Video Lewat Google Drive
  4. Langkah 4: Anda akan diminta untuk memilih file dari komputer Anda untuk diunggah ke Google Drive. Pilih file video Anda dan klik Open.

Proses pengunggahan memakan waktu beberapa saat,  video Anda akan disimpan ke Google Drive Anda.

Cara berbagi video di Google Drive

Setelah Anda mengupload video Anda ke Google Drive, selanjutkan bagikan video tersebut. Berikut cara berbagi video di Google Drive:

  1. Langkah 1: Buka browser Anda dan arahkan ke video unggahan yang Anda inginkan di Google Drive.
  2. Langkah 2: Klik kanan pada file video. Dari menu yang muncul, pilih Share.
    Cara Mengirim Video Lewat Google Drive
  3. Langkah 3: Kemudian Anda akan diberi dua opsi berbagi utama: Berbagi video Anda dengan orang tertentu yang Anda tambahkan atau bagikan melalui tautan ke video Anda.

    Untuk membagikan video Anda dengan orang-orang tertentu: Masukkan nama/alamat email mereka di kotak teks berlabel Add people and groups. Saat Anda menambahkan orang, Anda akan dibawa ke kotak dialog lain tempat Anda dapat melakukan hal-hal seperti melanjutkan menambahkan orang ke daftar berbagi Anda, memilih apakah Anda ingin memberi tahu mereka bahwa Anda berbagi file dengan mereka, menambahkan pesan, memutuskan hak pengeditan, dan memilih batasan berbagi Anda (dengan mengeklik ikon roda gigi Settings di sudut kanan atas kotak dialog).
    Saat Anda siap mengirim video ke penerima, klik Send.
    Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

  4. Langkah 4: Untuk membagikan video Anda melalui tautan: Klik bagian Get link. Setelah bagian diperluas, Anda akan melihat URL yang dapat dibagikan untuk video Anda. Di bawahnya terdapat menu drop-down yang memungkinkan Anda megatur privasi tautan ini ke Restricted atau Anyone with the link. Yang pertama berarti video tidak dapat diakses oleh siapa pun kecuali Anda menambahkannya ke daftar yang disetujui. Yang terakhir berarti siapa pun yang memiliki tautan ke video tersebut dapat mengakses video ini. Pilih tingkat privasi Anda.
    Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Menu tarik-turun lainnya di sisi kanan memungkinkan Anda memilih hak pengeditan penerima. Jika sudah sesuai, klik Copy link, yang berada di sebelah kanan URL. Lalu klik Done. Sekarang Anda dapat menempelkan link tautan ke email atau aplikasi pesan lain untuk dibagikan ke orang lain.

Memecahkan Masalah Upload Video

Anda mungkin mengalami beberapa masalah saat mengupload video ke Google Drive.

  1. Batasan ukuran file
    Perlu diingat bahwa, dalam hal ukuran file video Anda, Anda dibatasi oleh batas penyimpanan akun Google Anda. Akun gratis Google memiliki total penyimpanan maksimal 15 GB (yang digunakan bersama antara Drive dan aplikasi Google lainnya). Jika akun Anda tidak memiliki cukup penyimpanan untuk menyimpan video, Anda tidak dapat mengunggahnya kecuali Anda mengosongkan sebagian ruang atau membeli lebih banyak penyimpanan.
    Ada juga batas ukuran file harian untuk mengunggah – maksimum upload 750GB untuk individu. Jika Anda mencapai itu, Anda tidak dapat mengunggah lagi hingga hari berikutnya. (Pengecualian: Anda diperbolehkan mengunggah satu file yang lebih besar dari 750GB, tetapi Anda tidak dapat mengunggah apa pun pada hari itu.) Ukuran file maksimum untuk satu file adalah 5TB (kecuali Anda telah membeli penyimpanan Google Drive).
  2. Format file tidak didukung
    Google Drive tidak mendukung semua format video sehingga Anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan “unable to process this video” jika Anda mencoba mengupload video dalam format yang tidak didukung. Google menyediakan daftar format yang didukung. Jika format video Anda tidak ada dalam daftar, Anda dapat mengonversi video ke format lain yang didukung Google lalu menguploadnya kembali.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here