Cara Mengosongkan RAM Laptop Windows dan Mac

Cara Mengosongkan RAM Laptop – Apakah laptop Anda bekeja sangat lambat, terutama saat Anda menjalankan banyak aplikasi dan tab sekaligus? inilah saatnya untuk melihat RAM (Random-Access Memory), dan bagaimana cara mengosongkan RAM laptop sehingga dapat meningkatkan kinerja komputer atau laptop Anda.

RAM adalah jenis memori yang sangat penting yang digunakan komputer untuk menangani semua tugas yang sedang berjalan. Itulah alasan Anda dapat beralih dari music player ke aplikasi Steam Anda tanpa harus menutup satu aplikasi atau yang lain, selama Anda memiliki RAM yang cukup menangani semuanya. Tetapi jika jumlah RAM Anda rendah atau Anda melakukan banyak tugas sekaligus, Anda dapat mengalami masalah. Berikut cara yang harus Anda lakukan untuk mengosongkan RAM dengan cepat dan memperbaiki berbagai masalah komputer Anda.

Cara Mengosongkan RAM Laptop Windows dan Mac

Cara Mengosongkan RAM Laptop Windows

  1. Nyalakan ulang (Reboot) komputer Anda. Jika Anda tidak mengerjakan proyek, reboot sering kali dapat memperbaiki masalah RAM kecil. Baik Mac dan PC mungkin memiliki aktivitas latar belakang yang tersisa dari aplikasi yang tidak Anda gunakan dan masalah serupa yang menghabiskan banyak RAM. Simpan apa yang sedang Anda kerjakan dan restart komputer Anda, lalu lanjutkan untuk melihat apakah kecepatan komputer Anda telah meningkat.
  2. Matikan aplikasi yang tidak perlu di latar belakang. Banyak aplikasi berjalan di latar belakang, di mana mungkin ada sedikit tanda bahwa mereka sedang berjalan meskipun menggunakan RAM. Anda dapat memeriksa semua aktivitas, termasuk aplikasi latar belakang, dengan menggunakan Task Manager di PC. Pilih aplikasi yang tidak digunakan dan tutup aplikasi. Jika Anda memiliki sejumlah aplikasi yang diatur untuk dimulai secara otomatis saat pertama kali masuk, sekarang cek daftar aplikasi tersebut dan lihat apakah Anda membutuhkan semua aplikasi berjalan di background
  3. Overclock RAM Anda yang ada. Dalam beberapa kasus, Anda dapat melakukan overclock RAM seperti halnya melakukan overclock pada CPU. Prosesnya sedikit rumit – Anda harus menetapkan garis dasar, melakukan overclock secara manual, dan dengan hati-hati memeriksa progress Anda tanpa membebani RAM.
  4. Clear cache browser Anda. Cache browser menyimpan banyak file sementara untuk membantu memuat situs agar lebih cepat. Hal ini secara langsung dapat  memengaruhi RAM komputer Anda, ketika cache terlalu penuh bisa nerakibat seperti kehabisan RAM. Untungnya, browser memiliki cara untuk menghapus cache dengan cepat saat Anda membutuhkannya.
  5. Ganti browser lain. Beberapa browser menggunakan lebih banyak RAM, sementara browser lain menggunakan data lebih efisien. Jika Anda terus mengalami masalah saat membuka terlalu banyak tab, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk beralih ke browser lain. Anda memiliki banyak pilihan, tetapi kami menyarankan untuk mulai menggunakan Opera, yang memiliki tapak yang sangat ringan dan sama-sama tersedia di Mac dan PC Windows.
  6. Periksa ekstensi Anda. Ekstensi dan add-on dapat menambahkan fitur baru ke browser Anda, membantu mengelola password, dan memungkinkan untuk mengakses konten tertentu dengan lebih cepat, atau mengintegrasikan aplikasi ke dalam browser. Masalahnya adalah banyak ekstensi menggunakan background untuk memantau dan bekerja, dan ekstensi selalu aktif saat Anda menggunakan browser. Jika terlalu banyak ekstensi, browser Anda akan kesulitan dengan penggunaan RAM. Periksa ekstensi yang Anda pasang saat ini, dan hapus ekstensi yang tidak Anda butuhkan.
  7. Tetap updated aplikasi dan sistem operasi. Updated tidak hanya memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru, tetapi juga membuat proses lebih efisien, dan dalam banyak kasus bisa menggunakan lebih sedikit RAM. Jangan biarkan aplikasi atau OS Anda tanpa update dalam waktu yang lama, karena mungkin menggunakan lebih banyak RAM daripada yang seharusnya.

Cara Mengosongkan RAM Laptop Mac

  1. Tutup aplikasi yang bekerja di background. Trik ini sama dengan di PC, tetapi di sini, Anda hasru masuk ke System Preferences dan menggunakan Activity Monitor di Mac. Ini memungkinkan Anda untuk melihat semua aplikasi yang berjalan di Mac dan memilih aplikasi yang tidak perlu Anda hentikan.
  2. Beralih ke browser lain. Seperti yang kami sebutkan di atas, Opera bekerja sangat baik di MacOS dan bisa menjadi pengganti jika Anda suka membuka banyak tab sekaligus.
  3. Bersihkan laptop Anda. Sistem operasi memiliki cara untuk melihat ikon dan folder di layar beranda desktop. Shortcut mungkin tidak menimbulkan banyak masalah. Namun terkadang banyak ikon dan folder di layar desktop terutama di MacOS dapat menggunakan lebih banyak RAM daripada yang diperlukan dan menghalangi pengoperasian normal. Jaga desktop Anda sebersih mungkin, dan coba batasi hanya pada beberapa ikon dan folder yang paling penting. Hindari menyimpan file secara otomatis langsung ke desktop Anda.
  4. Update MacOS.

Terakhir, beberapa pengguna PC (bukan pengguna Mac) memiliki opsi untuk menambah RAM jika mereka memiliki slot kosong dan ingin membeli RAM baru untuk meningkatkan memori laptop.

POPULER

ARTIKEL PILIHAN