Cara Mengubah Tempat Penyimpanan Screenshot Mac

Cara Mengubah Tempat Penyimpanan Screenshot Mac – Mengambil screenshot di Mac bukanlah proses yang mudah, tetapi setelah Anda mengetahui fungsi shortcut keyboard yang benar cara melakukan screenshot jadi lebih mudah dan cepat. Secara default semua screenshot Anda akan langsung disimpan ke Desktop. Tetapi Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan screenshot di Mac dengan mudah.

Cara Mengubah Tempat Penyimpanan Screenshot Mac

  1. Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan default dari tools screenshot. Mulailah dengan menekan Command+Shift+5 secara bersamaan di keyboard Anda.
    Cara Mengubah Tempat Penyimpanan Screenshot Mac
  2. Selanjutnya, di alat screenshot, klik tombol “Options“.

Di bagian atas menu pop-up, di bawah bagian Simpan Ke, Anda akan melihat opsi berikut:

  • Desktop: Opsi default, yang akan menyimpan semua screenshot Anda sebagai file tersendiri.
  • Clipboard: Gunakan opsi ini untuk menempelkan capture ke aplikasi lain. Ini bisa jadi pilihan jika Anda tidak suka mengacaukan hard drive Anda dengan file tambahan.
  • Messages: Opsi ini membuka pesan baru dengan screenshot terlampir. Ini memungkinkan Anda untuk mengirimnya ke salah satu kontak Anda dengan cepat.
  • Mail: Opsi ini membuat email baru di aplikasi Mail dengan lampiran screenshot. Jika Anda ingin mengirim screenshot melalui klien web seperti Gmail, sebaiknya gunakan opsi Clipboard dan tempelkan secara manual.
  • Preview: Ini membuka screenshot di Preview, di mana Anda dapat mengedit screenshot sebelum menyimpannya ke komputer atau menyalinnya ke Clipboard.
    Pilih lokasi baru untuk menyimpan gambar

Cara Mengubah Tempat Penyimpanan Screenshot Mac

Atau, di bagian bawah daftar opsi, Anda dapat mengklik daftar “Other Location” untuk memilih folder lain di komputer Anda. Sebuah jendela Finder akan muncul. Arahkan ke folder yang diinginkan dan kemudian klik tombol “Choose“.

Cara Mengubah Tempat Penyimpanan Screenshot Mac

Pengaturan apa pun yang Anda pilih, Mac Anda akan mengingat pengaturan ini dan selanjutnya menggunakan pengaturan ini untuk semua screenshot. Anda juga dapat menggunakan menu yang sama untuk menyetel timer 5 atau 10 detik, menampilkan gambar thumbnail, mengingat pilihan terakhir, dan apakah akan menampilkan mouse pointer di file screenshot atau tidak.

TERKAIT: Cara Melihat Hasil Screenshot di MacBook

POPULER

ARTIKEL PILIHAN