Cara Pemulihan Akun Google

Cara Pemulihan Akun Google – Sebagian besar kita pasti memiliki akun Google yang berisi data pribadi seperti Email, Contact, Google Calendar, atau pesan teks. Ketika kita kehilangan akses ke akun Google, tentu akan mengakibatkan banyak masalah. Tapi tidak perlu khawatir. Anda dapat mengambil berbagai cara pemulihan akun Google dan mendapatkan kendali data-data di akun Google Anda.

Untuk memulihkan akun Google itu tergantung pada sebab Anda kehilangan akun. Jika Anda hanya lupa password itu mudah diperbaiki. Tapi jika Anda dihack, akan menjadi lebih rumit, tetapi bukan tidak mungkin untuk diatasi.

Cara Pemulihan Akun Google

Pemulihan Akun Google yang Dihapus

Anda dapat memulihkan akun Google yang dihapus tergantung pada berapa lama akun tersebut dihapus. Google tidak mengatakan batas waktunya, tetapi beberapa situs non-Google menyarankan 60 hingga 90 hari sejak akun Google Anda dihapus.

Langkah pemulihan pertama adalah cukup memasukkan username dan password Anda dan menjawab satu atau dua pertanyaan pemulihan.

Cara Pemulihan Akun Google

Jika akun Google Anda sudah terlalu lama dihapus, Anda tidak dapat masuk dengan cara biasa, Anda memerlukan link pemulihan akun Google. Anda akan diminta username dan password terakhir yang Anda ingat untuk akun tersebut. Google akan memberi tahu Anda jika akun tersebut dapat dipulihkan.

Tetapi jika sudah terlalu lama sejak akun dihapus, satu-satunya pilihan adalah untuk membuat akun Google baru.

Pemulihan Akun Google yang Dihack

Jika akun Google Anda diretas, maka Anda harus cepat-cepat membereskannya. Semakin cepat semakin baik.

Jika seseorang masuk ke akun Google Anda dari perangkat yang tidak dikenal atau alamat IP yang tidak dikenal, Google segera menandainya dan mengirimi Anda email untuk memberi tahu Anda. Jika Anda tidak mengenali akun login tersebut, Anda harus masuk ke bagian keamanan akun Google dan ubah segera password Anda.

Tetapi jika Anda sudah terlalu lama, dan hacker memiliki kesempatan untuk mengubah password, maka kembali ke link pemulihan akun Google. Anda akan ditanya password terakhir yang Anda ingat dan pertanyaan keamanan Anda. Jika Anda memiliki alamat email atau nomor telepon cadangan di akun Google, kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor telepon atau email cadangan Anda. Inilah mengapa sangat penting Anda menambahkan detail alamat email atau nomor telepon cadangan di akun Google Anda untuk mengatasi peretasan akun Google di masa mendatang.

Dengan asumsi hacker belum berhasil mengubah opsi cadangan email atau nomor telepon Anda. Jika ya, peluang Anda untuk mendapatkan kembali akun Google Anda akan sangat sulit, Anda mungkin perlu berpikir untuk membuat akun Google baru. Jika demikian, cabut akses akun ke layanan online lain yang Anda berikan, serta batalkan nomor kartu kredit Google Pay Anda.

Pemulihan Akun Google Jika Lupa Password

Untuk Anda yang lupa password akun Google, memulihkan akun Google menjadi sangat termudah. Ini kasus sederhana cukup klik link Forgot password?. Namun, jika Anda memiliki akun Google Workspace, Anda harus menghubungi administrator Workspace, yang akan mereset password akun Google Anda.

Dengan asumsi itu adalah akun Google biasa, masukkan alamat email Anda di halaman login Google mana pun (Gmail, YouTube, dll.) dan klik Next kemudian Anda akan dibawa ke halaman password, di mana Anda sekarang perlu mengklik link Forgot password?

Jika Anda mengaktifkan otentikasi dua faktor di akun Google, Anda harus memasukkan kode 2FA (two-factor authentication) atau kode cadangan sebelum melanjutkan. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, Anda sudah kehilangan akses ke akun Google. Otentikasi dua faktor di akun Google adalah cara terbaik untuk menjaga agar akun Google Anda tetap aman dari berbagai serangan hacker atau masalah lainnya.

Jika Anda melewati tahap otentikasi dua faktor (atau Anda tidak membutuhkannya 2FA), Anda akan diminta untuk memasukkan password terakhir yang Anda gunakan di akun tersebut. Jika Anda memasukkan password yang Anda gunakan dengan akun sebelumnya, Google akan mengirimkan kode aktivasi ke alamat email cadangan Anda.

Masukkan kode aktivasi, ketik kata sandi baru, dan Anda baru bisa login ke akun Google.

Jika Anda tidak dapat mengingat password apa pun atau menerima kode aktivasi, Anda harus menjawab pertanyaan pemulihan. Jika Anda tidak dapat menjawabnya, peluang pemulihan akun Google Anda menjadi nol.

Pemulihan Akun Google Jika Lupa Password jika Lupa Alamat Email

Membuat akun Google sangat mudah sehingga kemungkinan besar kita memiliki banyak akun. Jadi bagaimana jika Anda ingin memulihkannya, tetapi Anda tidak ingat username atau alamat email Anda?

Pada halaman login, di mana Anda akan memasukkan username, klik tautan Forgot email?.

Anda akan diminta untuk memasukkan:

  • Nomor telepon atau email pemulihan Anda (ini harus cocok dengan yang sudah terdaftar dengan akun Google yang coba Anda akses).
  • Nama lengkap di akun Anda.
  • Kode pemulihan dikirim ke nomor telepon Anda.

Dengan asumsi Anda telah memasukkan informasi yang benar, Google akan memberi tahu Anda semua alamat email yang terdaftar. Klik salah satu email yang Anda tuju dan masukkan password Anda.

Google menyediakan halaman support untuk meningkatkan peluang Anda memulihkan akun. Intinya adalah Anda menjawab atas pertanyaan dan memberikan informasi sebanyak mungkin, dan menggunakan perangkat atau alamat IP yang sudah dikenal.

TERKAIT: Cara Membuka Akun Google Yang Terkunci

POPULER

ARTIKEL PILIHAN