Cara Screenshot di iPhone X

Cara Screenshot di iPhone X – Sejak debut iPhone X model terbaru Apple masih secara umum masih mengikuti jejak perangkat model iPhone X. Salah satu perubahan terbesar jajaran Apple adalah menghilangkan tombol Home. Jadi, jika Anda baru saja upgrade dari iPhone yang lebih lama, seperti iPhone 8 atau 7, tidak adanya tombol fisik di bagian depan dapat mengganggu, terutama saat mengambil screenshot.

Cara Screenshot di iPhone X

Karena perubahan fisik pada perangkat iPhone terbaru, Anda harus mempelajari kembali cara mengambil screenshot. Panduan cara screenshot di iPhone X berdasarkan iOS 14 dan model iPhone yang lebih baru.

Cara Screenshot di iPhone X dengan Tombol Fisik

  1. Temukan tombol: Karena tidak ada tombol Home di iPhone X , Anda perlu menemukan dua tombol:
    1. Cara Screenshot di iPhone X
    – Tombol Volume naik terletak di sisi kiri.
    – Tombol Lock adalah tombol besar yang terletak di sisi kanan.
    Konfigurasi ini mungkin terasa asing pada awalnya, tetapi Anda akan terbiasa.
  2. Lakukan Screenshot: Tekan tombol Volume Naik dan Kunci secara bersamaan.
    2. Cara Screenshot di iPhone X
    Layar akan berkedip sebentar dan gambar mini screenshot akan muncul di sudut kiri bawah, seperti yang ditunjukkan di atas. Anda juga akan mendengar suara rana jika telepon tidak dalam mode silent.
    Thumbnail akan hilang setelah beberapa detik dan screenshot akan disimpan ke album Screenshot di Foto. Anda juga dapat menggunakan jari untuk menggeseknya dengan cepat.
  3. Edit Screenshot: Jika Anda tidak mengabaikan gambar mini screenshot, dengan mengetuknya akan memuat mode Markup. Di sini Anda dapat memilih alat untuk membuat anotasi pada screenshot, memilih warna anotasi, menghapus, menambahkan garis, memotong gambar, dan sebagainya.

    Ketuk tombol “plus” di kanan bawah untuk memuat daftar alat tambahan seperti menambahkan teks, tanda tangan, menggunakan kaca pembesar, dan menyesuaikan opacity. Anda juga dapat menambahkan kotak, lingkaran, dan gelembung teks.
  4. Selesai Edit Screenshot: Setelah selesai, ketuk Done di sudut kiri atas. Menu dari atas dari bawah menyediakan empat opsi: Save to PhotosSave to FilesDelete Screenshot, dan Cancel.

Bagikan Hasil Screenshot

  1. Buka Photos.
  2. Ketuk album Screenshots.
  3. Pilih screenshot yang ingin Anda bagikan.
  4. Ketuk tombol Share di sudut kiri bawah.

Dengan dirilisnya iOS 12 , Apple memberikan perbaikan untuk mencegah screenshot yang tidak disengaja. Karena kombo tombol Volume naik dan Lock ditujukan untuk screenshot, beberapa pengguna secara tidak sengaja menekan dua tombol tersebut. Update ini membantu Anda mencegah screenshot secara tidak disengaja.

Cara Screenshot dengan AssistiveTouch

Cara mengaktifkan AssistiveTouch

  1. Buka Settings dan ketuk Accessibility.
  2. Ketuk Touch.
  3. Ketuk AssistiveTouch.
  4. Ketuk sakelar di sebelah AssistiveTouch untuk menyalakannya.

Cara Screenshot Menggunakan AssistiveTouch

Dengan mengaktifkan AssistiveTouch, Anda akan melihat tombol semi-transparan di kanan bawah layar. Ketuk dan sebuah menu muncul dengan lima kategori: Notification Center, Device, Control Center, Custom, dan Gestures.

  1. Ketuk tombol AssistiveTouch.
  2. Ketuk Perangkat pada menu pop-up.
  3. Ketuk Lainnya pada menu berikut.
  4. Ketuk Screenshot.

Saat mengambil screenshot layar akan berkedip dan terdengar suara rana. Thumbnail muncul di sudut kiri bawah selama beberapa detik.

Cara Edit AssistiveTouch

Jika Anda ingin menyesuaikan menu, sehingga utilitas Screenshot mudah diakses, lakukan cara berikut:

  1. Buka Settings dan ketuk Accessibility.
  2. Ketuk Touch.
  3. Ketuk AssistiveTouch.
  4. Ketuk Customize Top Level Menu.
  5. Ada enam ikon yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan menu. Anda dapat menggunakan simbol “plus” untuk menambahkan tombol lalu ketuk new, seperti yang ditunjukkan di atas.
  6. Anda dapat memilih new, pada daftar drop-down tersedia berbagai fungsi seperti Screenshot dan tindakan lainnya.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara screenshot di iPhone X. Ponsel Anda secara otomatis menyimpan screenshot ke dalam folder Screenshot di album foto. Dari folder album foto, Anda dapat mengedit dan membagikan hasil screenshot.

TERKAIT: Cara Mematikan iPhone X dan Restart iPhone X

POPULER

ARTIKEL PILIHAN