Cara Screenshot Samsung S22, S22+ 5G, S22 Ultra

Cara Screenshot Samsung S22 – Semua perangkat Android umumnya dapat mengambil screenshot dengan cara yang sama, tetapi khusus HP Samsung sedikit istimewa. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy S22 series.

Cara Screenshot Samsung S22, S22+ 5G, S22 Ultra

1. Gunakan Tombol Power + Volume Turun

Hampir setiap smartphone Android dapat mengambil screenshot dengan menekan dua tombol fisik secara bersamaan. Ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy S22.

Cukup tekan Tombol Power (alias Tombol Samping) dan tombol Volume Turun secara bersamaan, lalu lepaskan. (Jangan menahan tombol.) Layar akan berkedip untuk menunjukkan screenshot telah diambil.

Cara Screenshot Samsung S22, S22+ 5G, S22 Ultra

Toolbar mengambang kecil akan muncul dan Anda dapat mengedit screenshot dari thumbnail preview atau menyimpannya ke aplikasi galeri foto.

2. Gunakan Palm Gesture

Metode kedua tidak menggunakan tombol apa pun. Sebagai gantinya, Anda cukup menggeser sisi tangan Anda secara horizontal melintasi layar. Metode ini perlu diaktifkan di Pengaturan.

  1. Pertama, geser ke bawah sekali dari atas layar dan ketuk ikon roda gigi.
  2. Gulir ke bawah dan pilih “Advanced Features.”
    3. Cara Screenshot Samsung S22, S22+ 5G, S22 Ultra
  3. Sekarang masuk ke “Motions and Gestures.”
  4. Alihkan sakelar ke “Palm Swipe to Capture” jika belum.

Untuk melakukan gerakan tersebut, letakkan sisi tangan Anda yang terbuka (sisi kelingking) pada layar dan geser dari kanan ke kiri. Layar akan berkedip ketika screenshot diambil. Hasil screenshot akan disimpan di aplikasi Galeri Anda.

3. Screenshot Panjang Samsung S22

Terkadang Anda mungkin ingin menangkap lebih dari apa yang dapat Anda lihat di layar. Fitur “Scroll Capture” memungkinkan Anda dapat mengambil screenshot panjang.

Mulailah dengan mengambil screenshot dengan salah satu metode di atas. Kali ini, pilih ikon panah dalam kotak yang ditemukan di bilah alat mengambang.

Anda akan melihat layar menggulir ke bawah secara otomatis dan screenshot memanjang. Ketuk ikon lagi untuk menggulir ke bawah lebih lanjut.

Sekarang Anda dapat mengetuk ikon crop.

Gunakan crop untuk menyesuaikan screenshot, lalu ketuk ikon simpan untuk mendownload screenshot ke aplikasi Galeri.

Smart Select

Android memudahkan Anda memotong screenshot setelah Anda mengambilnya, tetapi Anda dapat melewati langkah ini di Samsung dengan tools “Smart Select“. Tool ini memungkinkan Anda mengambil bagian screenshot tertentu dari layar Samsung.

Pertama-tama kita harus mengaktifkan fitur “Edge Panel.” Geser ke bawah sekali dari atas layar dan ketuk ikon roda gigi.

Selanjutnya, buka bagian “Display“.

Aktifkan sakelar “Edge Panels” lalu ketuk namanya.

Anda akan melihat sedikit animasi yang menunjukkan bagaimana Edge Panels dapat diakses. Buka “Panel”.

Berikut adalah semua panel yang dapat Anda gunakan. Yang perlu kita aktifkan adalah panel “Smart Select“.

Setelah selesai, mari cari area untuk discreenshot dan geser keluar Edge Panels dari sisi layar.

Anda mungkin harus menggesek ke kiri atau kanan melalui panel untuk mendapatkan alat Smart Select. Smart Select memiliki opsi screenshot “Rectangle” dan “Oval” untuk dipilih.

Sebuah persegi panjang atau bentuk oval akan muncul sebagai overlay di layar. Seret handle di sekitar untuk memilih area yang ingin Anda capture. Ketuk “Done” saat Anda siap.

Layar edit akan muncul dengan opsi untuk “Extract Text” gambar, menggambar di atasnya, dan membagikannya. Ketuk ikon simpan setelah selesai.

4. Gunakan Bixby

Metode terakhir, Anda tidak perlu menyentuh Galaxy S22 Anda sama sekali. Asisten virtual “Bixby” Samsung dapat mengambil screenshot dengan perintah suara.

Sebelum Anda menggunakan Bixby, Anda harus sign in dengan akun Samsung jika belum melakukannya. Anda mungkin akan diminta untuk menginstal update sebelum memulai.

Setelah Bixby siap digunakan, kita perlu mengaktifkan perintah wake-up. Ini adalah cara agar Anda dapat mengambil screenshot tanpa membuka Bixby secara manual. Buka aplikasi Bixby dan ketuk ikon menu hamburger di sudut kiri atas.

Pilih ikon roda gigi untuk pergi ke Settings.

Alihkan sakelar ke “Voice Wake-Up”.

Bixby akan memandu untuk melatih suara Anda.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengatakan “Hi Bixby, take a screenshot” kapan pun Anda ingin mengambilnya.

Layar akan berkedip, dan Anda akan mendapatkan toolbar mengambang untuk mengedit screenshot. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada perangkat Samsung Galaxy.

TERKAIT: Cara Mematikan HP Samsung S22, S22 Ultra, dan S22 Plus

POPULER

ARTIKEL PILIHAN