Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 – Microsoft menawarkan beberapa cara untuk mendapatkan OS Windows 11, sehingga Anda dapat memilih metode yang paling sesuai untuk upgrade ke Windows terbaru ini.

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

1. Cek Kompatibilitas

1. Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Sebelum Anda bisa mendapatkan upgrade gratis, Anda terlebih dahulu harus memastikan PC Windows 10 Anda saat ini kompatibel. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjalankan Microsoft’s PC Health Check Tool.

Buka halaman  Windows 11 Specifications dan gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian Check for compatibility. Klik tautan Download PC Health Check App dan instal programnya. Klik tombol Check now di dalam aplikasi. Jika komputer Anda kompatibel, sebuah pesan memberitahu Anda bahwa PC Anda memenuhi persyaratan Windows 11.

2. Cek Update

2. Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Microsoft secara perlahan meluncurkan Windows 11 ke sistem Windows 10 yang kompatibel, jadi langkah Anda selanjutnya adalah memeriksa apakah update tersedia untuk PC Anda. Di Windows 10 Anda, buka Settings > Update & Security > Windows Update dan klik tombol Check for updates. Jika Windows 11 tersedia, lanjut ke instalasi.

3. Download Windows 11 Installation Assistant

Anda dapat menggunakan Microsoft’s Windows 11 Installation Assistant. Buka halaman Download Windows 11 dan klik tombol Download now di bawah bagian Windows 11 Installation Assistant.

Jalankan file Windows11InstallationAssistant.exe yang sudah didownload. Klik tombol Accept and install dan Windows Anda akan diupgrade ke Windows 11. Anda seharusnya dapat menggunakan PC selama download dan instalasi.

Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk me-restart PC. Anda diberi opsi untuk segera merestart mesin atau menunggu hingga penghitung waktu 30 menit. Setelah PC Anda reboot, Anda dapat masuk ke Windows kembali.

4. Microsoft’s Media Creation Tool

Pilihan lainnya adalah menggunakan Microsoft’s Media Creation Tool, merupakan program yang memungkinkan Anda membuat media instalasi OS baru. Pada halaman Download Windows 11, klik tombol Download now di bawah bagian Create Windows 11 Installation Media.

Jalankan file MediaCreationToolW11.exe, lalu terima persyaratan lisensi dan konfirmasi bahasa dan edisi Windows yang Anda inginkan. Anda dapat memilih untuk menyalin file instalasi ke drive USB atau menghasilkan file ISO dan burning ke disk.

Jika Anda menggunakan rute drive USB, tool akan mendownload file instalasi Windows 11 yang diperlukan dan menyalinnya ke drive USB. Kemudian buka drive dan klik dua kali file setup.exe untuk memulai upgrade.

Jika Anda ingin upgrade dari file ISO, pilih lokasi file dan ubah namanya menjadi yang lebih spesifik. File instalasi kemudian disimpan ke PC Anda sebagai file ISO. Buka File Explorer, lalu klik dua kali file ISO untuk membukanya dan klik dua kali file setup.exe.

Klik Next agar Windows 11 memeriksa updates, lalu terima persyaratan lisensi. Layar Ready to install menunjukkan bahwa Windows 11 akan diinstal dan file serta aplikasi pribadi Anda akan disimpan. Untuk mengubah pilihan tersebut, klik Change. Anda dapat memilih untuk menyimpan file dan aplikasi pribadi, hanya file pribadi, atau tidak sama sekali. Klik Next, lalu Install untuk menjalankan upgrade.

Setelah PC reboot, sign in untuk menyelesaikan pengaturan. Tergantung pada apa yang Anda pilih untuk disimpan, Windows mungkin meminta Anda untuk menyesuaikan pengaturan privasi Anda.

5. Download Disk Image

Anda juga dapat memilih download langsung file ISO Windows 11. Di halaman Download Windows 11, buka bagian Download Windows 11 Disk Image (ISO) dan pilih Windows 11 dari menu drop-down. Pilih bahasa produk, klik Confirm, lalu klik tombol Download untuk mendapatkan file ISO.

Setelah mendownload, klik dua kali file ISO dan kemudian klik dua kali file setup.exe. Klik Next di layar instalasi awal untuk memeriksa dan mendownload update Windows 11. Pada layar Ready to Install, Anda akan melihat bahwa Windows 11 akan diinstal dan file serta personal files akan disimpan secara default.

Jika Anda ingin mengubahnya, klik Change dan alihkan ke Personal files only atau Nothing. Klik Next, lalu Install untuk menjalankan upgrade. Setelah PC Anda restart, masuk ke Windows 11 untuk melihat sistem operasi baru.

TERKAIT: Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

POPULER

ARTIKEL PILIHAN