Ciri WhatsApp Disadap: Bagaimana Mengetahui Chat Anda Telah Dibaca Orang Lain

Ciri WhatsApp Disadap – Pengguna WhatsApp harus tahu ciri-ciri akun mereka sedang dibajak. Platform milik Facebook ini menjadi sasaran empuk para penjahat siber. Mereka kerap kali menargetkan pengguna WhatsApp dengan cara menyadap atau membajak nomor seseorang.

Salah satu cara yang paling sering digunakan dalam penyadapan adalah dengan merebut kode verifikasi satu kali (OTP) yang dikirimkan WhatsApp ke SMS ketika ada pihak lain yang menggunakan akun Anda di smartphone lain.

Ciri WhatsApp Disadap: Bagaimana Mengetahui Chat Anda Telah Dibaca Orang Lain

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri akun Anda disadap oleh orang lain, dirangkum dari berbagai sumber:

  1. OTP: Salah satu ciri penyadapan adalah korban akan mendapatkan pesan berisi kode verifikasi satu kali (OTP) melalui SMS. Kode enam digit tersebut merupakan gerbang masuk untuk mengakses WhatsApp. Jika Anda mendapatkan pesan yang berisi kode OTP, jangan memberikannya kepada siapapun.
  2. Keluar dari WhatsApp secara otomatis: Ciri lainnya adalah keluar dari WhatsApp secara otomatis. Namun Anda bisa mengetahui jika ada perangkat lain yang mengakses akun Anda dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya.
  3. Pesan Telah Terbaca: Ini juga menjadi ciri berikutnya akun WhatsApp telah disadap. Yakni apabila ada pesan yang terbaca padahal Anda belum membacanya.
  4. Pesan Terkirim Sendiri: Sama seperti sebelumnya, jika Anda tidak pernah merasa mengirimkan pesan namun ada chat yang terkirim, ini bisa jadi pertanda akun WhatsApp dibajak. Segera tingkatkan kewaspadaan.

Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan akun WhatsApp Anda adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Fitur ini akan meminta Anda untuk memasukkan kode verifikasi setiap kali Anda masuk atau mengaktifkan WhatsApp pada perangkat baru. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke pengaturan dengan menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  2. Pilih pengaturan akun dari menu yang muncul.
  3. Di halaman akun, pilih verifikasi dua langkah.
  4. WhatsApp akan meminta Anda untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan menekan tombol aktifkan.
  5. Setelah Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda akan diminta untuk membuat kode verifikasi. Kode ini harus terdiri dari enam digit dan harus diingat dengan baik, karena Anda akan memerlukannya setiap kali Anda masuk atau mengaktifkan WhatsApp pada perangkat baru.
  6. Anda juga akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda. Ini akan digunakan jika Anda lupa kode verifikasi Anda dan perlu mengganti kode verifikasi.
  7. Setelah Anda selesai mengisi kode verifikasi dan alamat email, tekan tombol selesai untuk menyelesaikan proses pengaturan.
  8. Selesai! Anda sekarang telah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp. Selanjutnya setiap kali Anda masuk atau mengaktifkan WhatsApp pada perangkat baru, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dibuat sebelumnya.

Ingatlah bahwa verifikasi dua langkah merupakan tambahan lapisan keamanan, namun Anda juga harus tetap berhati-hati dalam menjaga privasi dan tidak memberikan informasi pribadi kepada siapapun.

TERKAIT: Cara Download WA Business APK Pure

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here