Cara Mengakses Dashboard Samsung Privacy

Artikel ini menjelaskan cara mengakses Dashboard Samsung Privacy, yang ditambahkan di One UI 4 dan Android 12.

Cara Mengakses Dashboard Samsung Privacy

- Advertisement -

Dashboard Samsung Privacyhampir identik dengan Dasbor Privasi di Android 12. Ini mengubah beberapa pengaturan terkait privasi dikategorikan, bagaimana mereka ditangani dan memberikan kontrol tambahan kepada Anda. Samsung memasukkan dasbor ke dalam pengaturan aslinya.

Berikut cara mengakses Dashboard Samsung Privacy:

  1. Geser ke bawah untuk membuka panel cepat dan ketuk Settings (ikon roda gigi).
  2. Ketuk Privacy.
  3. Jika Anda ingin menyesuaikan data apa yang dapat diakses oleh aplikasi yang Anda instal, ketuk Permission Manager

Cara Mengakses Dashboard Samsung Privacy

Di Dashboard Samsung Privacy, Anda akan melihat ringkasana tentang bagaimana informasi Anda digunakan dalam 24 jam terakhir. Dashboard dipecah menjadi beberapa kategori seperti lokasi, kamera, mikrofon, dan banyak lagi. Dengan mengetuk salah satu kategori tersebut akan memberikan informasi yang lebih detail, termasuk aplikasi apa yang baru saja diakses atau menggunakan data terkait.

Di Permissions Manager, Anda juga dapat mengetuk Izin tambahan untuk melihat informasi tentang beberapa kategori data lain yang dapat diakses aplikasi. Misalnya, data dari aplikasi lain seperti Discord, pesan instan, informasi mobil, dll.

Cara Mengaktifkan Samsung Privacy

Mengaktifkan privasi Anda bukanlah cara yang tepat untuk menjelaskan bagaimana informasi pribadi ditangani di Android 12, termasuk perangkat Samsung. Anda tidak mengaktifkan dan menonaktifkan privasi, tetapi sebaliknya, ini adalah sesuatu yang perlu Anda waspadai dari waktu ke waktu.

Dashboard Android Privacy dan Dashboard Samsung Privacy memungkinkan Anda melihat informasi apa yang dapat diakses oleh aplikasi di perangkat Anda dan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang bagaimana aplikasi menggunakan informasi tersebut. Anda juga dapat menghentikan aplikasi pihak ketiga yang telah Anda download dan instal di perangkat Anda agar tidak mengakses informasi atau konten tertentu—seperti kontak.

Dashboard Privacy memudahkan untuk mengelola izin dan mengontrol akses sehingga Anda dapat mengawasi aplikasi dan menjaga privasi dan keamanan Anda dengan lebih baik. Dengan menggunakan Dashboard Privacy dan secara teratur memantau informasi apa yang dapat diakses oleh aplikasi yang Anda instal, Anda telah meningkatkan privasi Anda. Jadi, Anda secara efektif mampu menjaga privasi Anda dengan menggunakan tools ini.

Di mana Letak Dashboard Samsung Privacy?

Dashboard Privacy dapat diakses melalui pengaturan perangkat, dan itu juga berlaku untuk sebagian besar perangkat Android 12, termasuk perangkat dari produsen lain. Adapun konsep privasi, itu adalah sesuatu yang Anda perlu pantau selama kepemilikan dan penggunaan perangkat Anda.

Dashboard Privacy tersedia di Galaxy S21, Galaxy S21+, S21 Ultra, dan Z Fold3 dan Z Flip3. Samsung juga akan menambahkan fitur tersebut ke beberapa smartphone lawas dan kompatibel, seperti seri Galaxy S, Galaxy A, dan Note.

Meskipun perangkat Android lama dan smartphone Samsung lama tidak akan menerima update terbaru yang menyertakan Dashboard Privacy, Anda masih dapat menginstalnya. Aplikasi pihak ketiga yang disebut aplikasi Dasbor Privasi tersedia di Google Play. Meskipun aplikasi itu tidak dikelola oleh Google atau Samsung, tetapi hampir identik dalam bentuk dan fungsi.

Jenis Informasi Apa yang Dapat Saya Kontrol di Dashboard Samsung Privacy?

Berbagai macam informasi atau data dapat dipantau dan dibatasi melalui Dashboard Samsung Privacy. Beberapa contoh termasuk log panggilan Anda, kontak, lokasi, dan bahkan perangkat keras perangkat seperti mikrofon atau sensor tubuh.

Di Dashboard Samsung Privacy, Anda akan melihat semua yang terdaftar secara kategoris, bersama dengan aplikasi apa pun yang mengakses atau menggunakan informasi tersebut. Anda akan melihat aplikasi apa yang baru-baru ini mengakses data pribadi Anda, sudah berapa lama terjadi, dan banyak lagi. Anda kemudian dapat mengambil tindakan dengan memastikan aplikasi pihak ketiga tidak dapat mengakses informasi lagi melalui Permissions Manager.

Anda dapat membuka Settings Privacy Permissions Manager jika Anda ingin mengelola atau membatasi izin aplikasi. Cukup ketuk kategori dalam daftar, dan Anda akan melihat aplikasi apa yang menggunakan data tertentu. Anda kemudian dapat mengetuk aplikasi dalam daftar untuk memblokir akses, penggunaan, atau pelacakan data yang relevan.

Cara Mengakses Dashboard Samsung Privacy

FAQ

Apakah Samsung mengumpulkan data Anda?

Ya. Samsung mengumpulkan beberapa informasi tentang Anda untuk mengoptimalkan kinerja ponsel Anda. Google mengumpulkan data dari semua pengguna Android, termasuk pengguna Samsung.

Apa itu mode voice privacy di ponsel Samsung saya?

Voice Privacy adalah fitur keamanan yang disempurnakan yang mempersulit penyadap untuk mendengarkan percakapan Anda. Voice Privacy secara otomatis menurunkan suara panggilan masuk.

Apa aplikasi privacy terbaik untuk Samsung?

Samsung Secure Folder melindungi aplikasi dan dokumen pribadi Anda. Semua aplikasi keamanan Android berfungsi di semua perangkat Samsung.

TERKAIT: Cara Optimasi One UI Samsung Galaxy Untuk Performa Lebih Cepat

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda