Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Fitur iPhone 14 – Apple mengumukan peluncuran iPhone 14 bersama dengan model Plus, Pro, dan Pro Max baru pada 7 September 2022. Dengan fitur sambungan satelit pada setiap model dan perubahan desain notch pada iPhone 14 Pro.

Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Tidak Ada Lagi Slot Kartu SIM (di AS)

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Apple pernah menjadi headline dengan keputusannya menghilangkan fitur seperti drive optik, jack headphone, dan port USB-A. Begitu pula dengan iPhone 14 versi AS yang tidak memiliki slot kartu SIM fisik. Untuk menghubungkan iPhone 14 atau 14 Pro ke jaringan seluler, Anda harus mengandalkan eSIM.

eSIM adalah kependekan dari “embedded SIM”, dan memungkinkan Anda untuk memilih dan berpindah operator tanpa mengeluarkan kartu SIM fisik. Fitur ini tidak baru dan telah muncul di banyak model smartphone Apple, dimulai dari iPhone XS.

eSIM adalah SIM digital yang dapat digunakan untuk mengaktifkan paket seluler dari operator Anda tanpa memerlukan SIM fisik. Anda dapat menginstal delapan eSIM atau lebih ke iPhone dan menggunakan dua nomor telepon yang aktif sekaligus.

Alih-alih mengganti kartu SIM fisik, operator dapat diaktifkan dengan cepat menggunakan preferensi di Pengaturan iOS. IPhone 14 dapat menyimpan hingga enam eSIM, sedangkan iPhone 14 Pro dapat menyimpan hingga 8 eSIM. Model internasional dari jajaran iPhone 14 masih mendukung slot kartu SIM fisik (untuk saat ini)

Perubahan ini seharusnya tidak menyebabkan masalah jika Anda menggunakan operator besar. Keputusan untuk menghilangkan slot kartu SIM fisk dapat mengurangi titik masuk air dan debu, dengan perubahan ke eSIM akan mempercepat adopsi eSIM di antara operator seluler di seluruh dunia.

Fitur Emergency SOS

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Model iPhone baru pada tahun 2022 memiliki fitur baru yang disebut Emergency SOS melalui sambungan Satelit. Seperti namanya, ini memungkinkan iPhone untuk terhubung ke jaringan satelit dalam keadaan darurat di area yang tidak memiliki jangkauan seluler. Layanan ini baru tersedia di AS dan Kanada.

Komunikasi satelit menggunakan pesan teks untuk terhubung dengan layanan SOS, bahkan layanan yang hanya menerima panggilan suara berkat “relay centers” Apple akan meneruskan pesan ke dalam teks. Apple juga mendukung penggunaan non-darurat, seperti memberi tahu teman dan keluarga bahwa Anda baik-baik saja saat berada di luar jangkauan seluler.

Apple menjanjikan dua tahun layanan “gratis” Emergency SOS, belum ada info tentang berapa biaya fitur tersebut ketika kedaluwarsa. Apple dapat membebankan biaya tambahan atau memasukkan layanan ke tingkat berbayar iCloud+ yang sudah menawarkan fitur seperti Hide My Email dan iCloud Private Relay saat Anda membeli penyimpanan iCloud.

Tidak Ada iPhone Mini

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

IPhone 14 hadir dengan layar 6,1 inci, dengan model iPhone 14 Plus 6,7 inci tersedia bagi Anda yang lebih menyukai layar yang lebih besar. Sayangnya, Apple tidak lagi melayani konsumen yang menyukai perangkat yang lebih kecil, seperti iPhone 13 mini 5,4 inci tidak mendapatkan pembaruan pada tahun 2022.

Apakah Apple akan membuat iPhone mini baru tahun depan atau tidak belum ada kepastian, terlalu dini untuk mengatakan bahwa model iPhone yang lebih kecil telah ditinggalkan. Sebagai gantinya Apple memilih siklus Plus dan mini bergantian, yang dapat berfungsi dengan baik mengingat kebanyakan orang tidak mengupgrade iPhone mereka setiap tahun.

Fitur Crash Detection di iPhone 14

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Berkat “high dynamic range” gyro yang ditingkatkan dan new “high-g” accelerometer, Apple meluncurkan fitur yang disebut Crash Detection pada semua model iPhone 14 (dan Pro). Ini berfungsi seperti Fall Detection di Apple Watch, di mana iPhone dapat mendeteksi ketika Anda kecelakaan mobil dan menawarkan layanan darurat untuk Anda.

Jika Anda tidak menanggapi permintaan tersebut, iPhone akan terus meminta bantuan dan Siri dan memberikan informasi tentang lokasi Anda. Fitur ini bergantung pada data yang dikumpulkan oleh sensor onboard, termasuk perubahan kecepatan yang tiba-tiba, perubahan arah yang tiba-tiba, tingkat suara, dan perubahan tekanan kabin karena penggunaan airbag.

Fitur Dynamic Island iPhone 14 Pro

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Apple telah mendesain ulang Notch yang memecah belah pada iPhone 14 Pro. Sekarang dikenal sebagai Dynamic Island, desain ulang lebih mirip guntingan berbentuk pil yang ditemukan pada perangkat Android. ç menampung kamera FaceTime yang menghadap ke depan, sensor cahaya, dan sensor yang diperlukan untuk membuka kunci ponsel dengan FaceID.

Tetapi Apple telah melangkah lebih jauh dan berhasil mengintegrasikan ruang mati ke iOS untuk membuat area itu bermanfaat. Array sensor sekarang menyatu dengan notifications, alerts, Now Playing controls, turn-by-turn directions, dan banyak lagi.

Untuk membuat Dynamic Island berfungsi, Apple berhasil mengecilkan sistem kamera TrueDepth yang digunakan untuk Face ID sebesar 31%, dengan jarak sensor di belakang layar yang semakin menghemat ruang.

Fitur Always On Display (iPhone 14 Pro)

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Untuk menemani widget lock screen Apple yang menonjol di iOS 16, iPhone 14 Pro menampilkan layar yang selalu aktif. Fitur ini pertama kali ditemukan di iOS 16 beta, tetapi sejauh ini Apple hanya menyebutkan fitur tersebut eksklusif  ada di iPhone 14 Pro.

Layar menggunakan sensor jarak untuk mendeteksi saat iPhone menghadap ke bawah atau dimasukkan ke dalam saku, mematikan layar untuk menghemat masa pakai baterai. Apple belum mengatakan apakah fitur tersebut dapat dimatikan seluruhnya atau tidak, tetapi jika itu mirip implementasi layar yang selalu aktif pada Apple Watch, dimana akan ada sakelar di Pengaturan.

Selain itu, layar dapat mencapai kecerahan 2.000 nits di siang hari yang cerah (dua kali kecerahan iPhone 13 Pro) atau 1.600 nits dalam foto dan video HDR (naik dari 1.200 nits pada model tahun lalu).

Nits adalah unit pengukuran yang menggambarkan seberapa terang televisi, smartphone, monitor komputer, layar laptop, atau jenis tampilan lainnya

Kamera dan Flash iPhone 14 Pro

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Meskipun tidak terlihat seperti fitur-fitur seperti Dynamic Island dan always-on display, mungkin upgrade terbesar iPhone 14 Pro (berkat sistem-on-chip A16 Bionic yang menggerakkan perangkat) adalah sistem kamera. Kamera utama iPhone menggunakan sensor 48 megapiksel yang sangat besar, naik dari sensor 12 megapiksel yang muncul di iPhone 13 Pro.

Resolusi empat kali lipat berkat sensor 65% lebih besar, yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk pada setiap bidikan. Ada juga opsi telefoto 2x baru dengan panjang fokus efektif 48mm  dipadukan dengan telefoto 3x yang ada dan ultra lebar 0,5x. Zoom 2x dimungkinkan menggunakan “middle 12 megapixels” dari sensor 48 megapiksel, untuk foto beresolusi 4K tanpa zoom digital.

Mode Sinematik (Cinematic mode) yang diperkenalkan pada iPhone 13 Pro adalah opsi untuk memotret dalam 4K HDR pada 24 (atau 30) frame per detik. Action mode adalah opsi baru untuk merekam video yang lebih mulus, menstabilkan rekaman saat Anda memotret tanpa perlu gimbal.

Terakhir, flash TrueTone yang didesain ulang telah ditambahkan dengan 9 LED yang dapat menyesuaikan pola dan intensitas tergantung pada panjang fokus dan komposisi yang Anda pilih.

Hadir dengan iOS 16

1. Fitur-Fitur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

IPhone 14 mulai tersedia pada tanggal 16 September 2022 dengan harga mulai dari $799, model iPhone 14 Plus hadir pada 7 Oktober 2022 dengan harga mulai dari $899. IPhone 14 Pro (mulai dari harga $999) dan Pro Max (mulai dari harga $1099) juga tersedia pada tanggal 16 September 2022.

POPULER

ARTIKEL PILIHAN