Fitur iOS 18: Fitur Apple Intelligence, Peningkatan Siri, dan Lainnya di WWDC

11 min read

fitur ios 18 fitur apple intelligence, peningkatan siri, dan lainnya di wwdc

Worldwide Developers Conference 2024 akan segera tiba, dan iOS 18 akan menjadi bintang acara tersebut. Apple tengah mempersiapkan perombakan besar-besaran untuk iOS melalui peluncuran iOS 18, yang akan memperkenalkan berbagai fitur AI di seluruh sistem operasi.

Mulai dari Messages hingga Siri dan Photos, banyak aplikasi dan fitur bawaan Apple akan menjadi lebih cerdas dan canggih. Siri akan mendapatkan pembaruan AI signifikan, membuatnya lebih baik dalam interaksi dan pengenalan suara natural. Pencarian Spotlight akan mencakup lebih banyak informasi dari seluruh sistem operasi, dan Pesan akan mampu membuat pelengkapan otomatis kalimat dan emoji khusus berdasarkan isi pesan.

Apple Music berpotensi kedatangan fitur daftar putar otomatis, aplikasi Reminders diperkirakan terintegrasi dengan aplikasi Kalender, dan aplikasi Foto kemungkinan akan menampilkan fitur retouching foto berbasis AI.

Selain fitur AI, iOS 18 akan menghadirkan Layar Utama yang lebih dapat disesuaikan. Ikon aplikasi bisa ditempatkan di mana saja pada kisi Layar Utama, dan pengguna mungkin dapat memilih warna khusus untuk ikon aplikasi.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, iOS 18 diyakini sebagai pembaruan perangkat lunak “yang terbilang inovatif” dengan “fitur dan desain baru yang utama.” Petinggi Apple dilaporkan menggambarkan iOS 18 sebagai “ambisius dan menarik,” dan Gurman menyebutnya berpotensi menjadi pembaruan perangkat lunak “terbesar” dalam sejarah iPhone dengan “segudang fitur AI baru.”

CEO Apple, Tim Cook, pada bulan Februari menyatakan bahwa Apple tengah menginvestasikan “waktu dan tenaga yang luar biasa banyak” pada kecerdasan buatan, dan mengonfirmasi rencana Apple untuk membagikan detail dari pengembangan AI yang sedang berlangsung “akhir tahun ini.”

Seperti pembaruan iOS lainnya, iOS 18 akan didampingi oleh iPadOS 18, yaitu versi iOS 18 dengan beberapa fitur khusus untuk layar lebih besar pada jajaran tablet Apple.

Fitur iOS 18: Sistem operasi generasi terbaru Apple 2024

Fitur AI

1. fitur ios 18

Apple tengah mengejar ketertinggalan dari perusahaan-perusahaan yang sudah mahir dalam AI, seperti Microsoft, Google, Amazon, dan OpenAI. Apple menggelontorkan dana lebih dari 1 miliar dolar AS per tahun untuk penelitian AI dan perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan model bahasa besar. Apple berencana menggunakan AI dalam berbagai cara di iOS 18 untuk memperkuat aplikasi dan fitur bawaan. Misalnya, di Apple Music, Apple berencana menawarkan daftar putar otomatis, dan aplikasi seperti Pages dan Keynote dapat menyediakan penulisan dan pembuatan slide deck yang dibantu AI. Apple akan menamai fitur AI mereka sebagai “Apple Intelligence.”

Sebagian fitur AI awal yang hadir di iOS 18 akan dijalankan langsung di perangkat dan tidak bergantung pada server cloud. Namun, Apple tetap berencana memanfaatkan teknologi cloud untuk pemrosesan di luar perangkat. Bagaimanapun, keamanan menjadi fokus utama. Apple akan menggunakan Secure Enclave dalam prosesor iOS untuk mengisolasi data yang sedang diproses di server cloud mereka.

Semua penambahan AI Apple akan diperkenalkan dalam tahap beta sehingga Apple dapat mengujinya sebelum dirilis sebagai fitur lengkap. Selain itu, semua fitur akan menggunakan konsep opt-in, sehingga pengguna dapat memilih untuk tidak menggunakan AI.

Apple telah mendesain fitur AI yang hadir di iOS 18 agar dapat berjalan di perangkat dan di server Apple sendiri. Namun, mereka juga berencana bermitra dengan OpenAI dan kemungkinan Google untuk mendukung fitur generative AI berbasis cloud, seperti pembuatan gambar, penulisan esai berdasarkan instruksi, dan ringkasan data. Berikut adalah beberapa contoh fitur AI yang sedang Apple kembangkan:

  • Retouching foto di aplikasi Foto.
  • Daftar putar otomatis di Apple Music.
  • Transkripsi memo suara.
  • Balasan yang disarankan untuk email dan pesan.
  • Emoji yang dibuat secara otomatis berdasarkan konten pesan pengguna, dengan Apple menciptakan emoji baru untuk berbagai situasi.
  • Pencarian web Safari yang lebih baik.
  • Smart recaps dari notifikasi terlewat dan pesan individual, halaman web, artikel berita, dokumen, dan catatan.

Apple tidak akan menawarkan chatbot generative AI mereka sendiri di iOS 18. Namun, mereka mungkin saja menghadirkan fitur chatbot yang menggunakan teknologi dari Google atau OpenAI. Apple telah menandatangani kesepakatan dengan OpenAI dan sedang berdiskusi dengan Google terkait integrasi mesin AI Gemini ke dalam iPhone di iOS 18.

Chip A18 generasi berikutnya yang direncanakan untuk model iPhone 16 Pro dikabarkan akan menampilkan Neural Engine yang ditingkatkan dengan “jumlah core yang jauh lebih signifikan,” sehingga memungkinkan peningkatan performa AI/pembelajaran mesin. Beberapa fungsi AI akan terbatas pada iPhone terbaru Apple, termasuk model iPhone 15 Pro dan jajaran iPhone 16 mendatang.

Apple akan menggunakan servernya sendiri untuk AI, serta tools dari OpenAI. Fitur AI akan menggunakan pemrosesan di perangkat atau server cloud berdasarkan tugas yang sedang dilakukan. iOS 18 akan menyertakan algoritme yang memutuskan apakah pemrosesan di perangkat atau di cloud yang harus digunakan. Visi AI generatif Apple akan memerlukan waktu untuk sepenuhnya berkembang, sehingga rangkaian lengkap fitur AI yang direncanakan Apple mungkin tidak akan hadir di iOS 18, dan fungsionalitasnya akan ditingkatkan seiring waktu.

2. fitur ios 18

Siri akan memanfaatkan peningkatan kecerdasan buatan yang dibawa Apple di iOS 18. Apple berencana menggunakan large-language models (LLM) untuk merombak Siri sepenuhnya dan mengubahnya menjadi ” asisten virtual terbaik.” LLM adalah penggerak di balik chatbot seperti ChatGPT, yang menggunakan data dalam jumlah besar dan algoritma untuk menghasilkan konten berdasarkan informasi tersebut.

Siri kabarnya akan memiliki nuansa percakapan yang lebih natural, dengan Apple meningkatkan “proactive intelligence.” Siri pada akhirnya akan dapat melakukan lebih banyak hal, dan tanggapan akan diperbarui berkat kerangka kerja baru yang mempertimbangkan entitas seperti orang, perusahaan, calendar events, lokasi, dan tanggal.

Akan ada opsi suara Siri yang lebih natural dengan fungsi text-to-speech yang akan lebih ditingkatkan, ditambah lagi ada sejumlah fitur Siri tertentu yang sedang dalam pengembangan.

Perluasan Siri di Dalam Aplikasi

Siri dapat mengontrol fitur individual di dalam aplikasi, memperluas jangkauan fungsi yang dapat dilakukan oleh asisten virtual ini. Fitur ini pada awalnya akan terbatas pada aplikasi bawaan Apple. Beberapa kemampuan Siri diantaranya:

  • Membuka dokumen tertentu
  • Memindahkan catatan dari satu folder ke folder lain
  • Memindahkan file antar folder
  • Menghapus email
  • Meringkas artikel
  • Meringkas notifikasi atau pesan terbaru
  • Mengirim email berisi tautan web
  • Membuka situs berita tertentu di Apple News
  • Mengedit foto

Apple mendesain ulang perangkat lunak dasar Siri dengan large-language models atau LLM. Siri pada awalnya hanya dapat merespons satu perintah, tetapi pada akhirnya dapat menyelesaikan tugas seperti mengubah foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya ke seseorang melalui aplikasi pesan.

Meskipun Apple berencana memamerkan fitur Siri di WWDC, Siri yang diperbarui tidak akan hadir pada bulan September saat iOS 18 pertama kali diluncurkan. Melainkan, akan dirilis dalam pembaruan iOS 18 mendatang yang hadir pada tahun 2025.

Spotlight

Fitur pencarian Spotlight bawaan mungkin akan mencakup hasil yang lebih smart dan pengurutan yang ditingkatkan, dimana iPhone akan mampu mengintegrasikan informasi dari aplikasi seperti Contacts dan Calendar dengan lebih baik.

Siri untuk Apple Watch

Siri di Apple Watch diperkirakan akan meningkat, dengan rumor yang menyatakan bahwa kita akan melihat versi Siri yang “dioptimalkan untuk tugas saat Anda bepergian.”

Perubahan Design

3. fitur ios 18

Pembaruan iOS 18 diperkirakan akan membawa beberapa perubahan desain. Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan bahwa Apple sedang berupaya untuk memperbarui desain sistem operasi “seawal tahun ini”.

iOS mungkin akan mengambil beberapa inspirasi desain dari visionOS, tetapi secara keseluruhan iOS 18 tidak akan dirombak total menjadi mirip visionOS, meskipun ada rumor yang menyatakan sebaliknya.

Layar Utama yang Diperbarui

iOS 18 diharapkan menghadirkan Layar Utama yang lebih dapat disesuaikan, memberikan pengguna iPhone lebih banyak opsi untuk tampilan iPhone mereka. Apple berencana memberi pengguna kontrol lebih besar atas bagaimana ikon aplikasi mereka diatur.

Ikon aplikasi diperkirakan akan tetap terkunci pada grid tak terlihat untuk tujuan pengorganisasian, tetapi pembaruan ini dapat menambahkan opsi untuk membuat ruang kosong, baris, dan kolom di antara ikon aplikasi. iOS 18 kemungkinan akan membawa pembaruan Layar Utama paling signifikan yang pernah ada dalam beberapa tahun terakhir, setara dengan perubahan Layar Kunci yang diperkenalkan Apple di iOS 16.

Warna Ikon

Apple diperkirakan akan mengubah warna ikon aplikasi di iOS 18, sehingga ikon tidak akan terbatas pada warna yang ditawarkan oleh developer. Misalnya, pengguna dapat membuat semua ikon media sosial menjadi biru atau semua ikon terkait pesan menjadi hijau, sehingga Layar Utama menjadi lebih rapi.

Pembaruan Aplikasi dan Fitur

iOS 18 diperkirakan akan menyertakan pembaruan untuk beberapa aplikasi bawaan, termasuk Notes, Mail, Photos, dan Fitness.

Safari

Safari diperkirakan akan mendapatkan perombakan signifikan, dengan tampilan yang diperbarui bersama dengan tools baru untuk meningkatkan penjelajahan. Opsi “Intelligent Search” akan menggunakan teknologi AI pada perangkat untuk mengidentifikasi topik dan frasa kunci pada halaman web untuk menawarkan ringkasan. Teknologi ini akan mampu meringkas artikel dan halaman web.

Alat “Web Eraser” mungkin memungkinkan pengguna untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan dari halaman web, tetapi belum sepenuhnya jelas apakah ini akan diterapkan. Bagian situs web yang “dihapus” akan tetap ada di seluruh kunjungan kecuali perubahan tersebut dikembalikan.

Akan ada menu akses cepat yang diperbarui yang tersedia dari bilah alamat yang menggabungkan alat halaman dan beberapa fungsi yang saat ini terdapat di Share Sheet. Apple juga berencana untuk lebih menyelaraskan Safari versi iPadOS dan macOS.

Messages

Aplikasi Pesan akan dapat menawarkan berbagai balasan yang disarankan untuk tanggapan yang lebih cepat terhadap pesan masuk, ditambah lagi Apple akan memiliki fitur untuk meringkas pesan yang terlewat dan menjadwalkan pesan untuk dikirim pada waktu tertentu.

Apple sedang merencanakan fitur emoji yang dibuat secara otomatis yang akan menghasilkan emoji baru berdasarkan konten pesan pengguna. Emoji tersebut akan sepenuhnya baru dan dibuat melalui AI alih-alih sesuatu dari katalog emoji yang ada.

iMessages akan mendukung efek teks, memungkinkan kata-kata individual untuk dianimasikan dalam pesan. Dengan dukungan RCS, efek teks mungkin juga berfungsi saat bertukar pesan dengan pengguna Android.

Untuk Ketukan (Tapbacks), Apple menambahkan ikon berwarna baru dan dukungan emoji untuk pertama kalinya. Pengguna dapat menekan pesan dan membalas dengan karakter emoji.

Passwords

Apple berencana untuk memperkenalkan aplikasi Kata Sandi (Passwords) baru di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS 15. Aplikasi Password akan menyediakan cara yang lebih sederhana bagi pengguna iPhone, iPad, dan Mac untuk mengakses informasi login yang tersimpan.

Seperti bagian Kata Sandi yang ada di Pengaturan, aplikasi Password khusus dibangun di atas iCloud Keychain, fitur Apple yang mampu menyinkronkan detail login dan kata sandi di seluruh perangkat Apple. Aplikasi ini akan mendukung semua fitur yang didukung oleh Password di Pengaturan, dan juga akan berfungsi pada Vision Pro dan PC Windows.

Aplikasi ini mencakup login dan kata sandi untuk situs web, kata sandi jaringan Wi-Fi, dan Passkey, fitur yang menggunakan Face ID atau Touch ID untuk masuk ke situs web selain kata sandi. Data dari aplikasi secara otomatis dapat dimasukkan ke situs web dan aplikasi saat pengguna masuk.

Tujuan Apple dengan aplikasi Password adalah mendorong pengguna menggunakan kata sandi yang lebih kuat dan menghindari penggunaan kata sandi yang sama untuk beberapa situs web dan layanan. Apple akan bersaing dengan layanan kata sandi pihak ketiga lama seperti 1Password, dan perusahaan tersebut berencana mengizinkan pengguna untuk mengimpor kata sandi mereka dari layanan lain.

Mail

Seperti aplikasi Messages, aplikasi Mail akan dapat menyarankan balasan untuk email masuk melalui fitur “Smart Replies“, plus akan memiliki pencarian yang ditingkatkan dan opsi untuk meringkas email dan email threads.Fitur baru lainnya termasuk kategorisasi cerdas, di mana aplikasi Mail dapat mengatur pesan masuk ke dalam berbagai kategori, mirip dengan Gmail. Apple juga sedang mengerjakan framework alat tulis di seluruh sistem yang akan digunakan di Mail untuk membantu pengguna menulis email atau mengubah nada email mereka dengan bantuan Siri.

Apple Maps

4. fitur ios 18

  • Rute Kustom: Pengguna Apple Maps tidak lagi dibatasi dengan pilihan rute yang diberikan. Dengan rute kustom, Anda dapat memilih jalan sendiri, baik untuk menikmati pemandangan indah atau karena sudah terbiasa dengan rutenya.
  • Peta Topografi: Fitur yang sebelumnya hadir di watchOS 10, kini tersedia di iPhone. Peta topografi menampilkan jalur pendakian, garis kontur, ketinggian, POI (titik penting), dan fitur lain yang berguna untuk hiking dan aktivitas luar ruangan lainnya.

Photos

Edit dengan AI: Aplikasi Photos akan kehadiran fitur edit foto berbasis AI. Meskipun tidak sekeren platform editing profesional seperti Photoshop, fitur ini memungkinkan Anda menghilangkan objek yang tidak diinginkan menggunakan kecerdasan buatan.

Notes

Peningkatan Notes dan Memo Suara: Selain dapat merekam memo suara langsung di dalam aplikasi, Notes juga dikabarkan akan mendukung penulisan notasi matematika. Fitur transkripsi audio pun akan hadir, secara otomatis mengubah rekaman audio menjadi teks. Tak hanya itu, Notes diprediksi akan memiliki kemampuan merangkum poin-poin penting dari rekaman audio dan catatan Anda menggunakan AI.

Calendar and Reminders

Integrasi Reminder: Kini Anda dapat melihat dan mengatur Pengingat langsung di dalam aplikasi Calendar.

Calculator

5. fitur ios 18

  • iPadOS 18: iPad akhirnya kehadiran aplikasi Calculator bawaan! Aplikasi ini bersifat universal, artinya dapat berjalan di iPhone, iPad, dan macOS dengan tampilan dan fungsi yang serupa.
  • Peningkatan iPhone: Selain integrasi dengan aplikasi Notes, interface konversi unit yang lebih baik, dan daftar riwayat perhitungan, aplikasi Calculator iPhone kemungkinan akan mendapat sentuhan desain baru.

Freeform

6. fitur ios 18

Navigasi Papan yang Lebih Mudah: Fitur “Scenes” yang baru memungkinkan Anda memilih bagian tertentu di papan Freeform untuk navigasi yang lebih cepat. Anda dapat berpindah antar scene yang disimpan melalui UI Scenes yang baru.

Apple Music

  • Transisi Lagu yang Lebih Smart: Nikmati perpindahan antar lagu yang mulus dengan transisi lagu lebih smart. Anda dapat mengatur durasi crossfade (pencampuran lagu) dari 1 hingga 12 detik.
  • Playlist Otomatis: Apple Music mungkin akan memiliki fitur pembuatan playlist otomatis. Masukkan suasana hati, waktu, dan parameter lain untuk mendapatkan rekomendasi musik yang sesuai.

iWork (Keynote, Numbers, Pages)

  • Produktivitas dengan Bantuan AI: Aplikasi iWork kini dilengkapi dengan fitur AI baru. Keynote akan memiliki opsi pembuatan slide otomatis, sementara Pages akan memiliki fitur pembuatan teks.

Peningkatan Lainnya:

  • Shortcuts: Integrasi yang lebih baik dengan Siri untuk otomatisasi tugas kompleks dengan mudah.
  • Health: Pengelolaan data tekanan darah yang lebih baik dan fitur baru seperti tes pendengaran terintegrasi dengan AirPods (menunggu kehadiran deteksi hipertensi di Apple Watch).
  • Notifications: Ringkasan cerdas dari pemberitahuan dan pesan terlewat yang lebih bermanfaat.
  • Control Center: Desain yang diperbarui dan kemungkinan tata letak yang dapat disesuaikan, serta widget Apple Music dan kontrol HomeKit yang lebih baik.
  • Settings: Tampilan UI yang lebih rapi dan pencarian yang ditingkatkan.

Dengan berbagai fitur baru yang menarik ini, iOS 18 diprediksi akan semakin meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna iPhone dan iPad.

Pembaruan CarPlay

Apple memperluas fitur aksesibilitas untuk CarPlay, dengan beberapa pembaruan yang direncanakan.

  • Kontrol Suara: Memungkinkan pengguna menavigasi opsi dan aplikasi CarPlay dengan perintah suara.
  • Filter Warna: Mengubah tampilan antarmuka CarPlay bagi mereka yang buta warna.
  • Pengakuan Suara: Memungkinkan pengemudi atau penumpang yang tuli atau memiliki gangguan pendengaran menerima notifikasi CarPlay untuk suara seperti klakson mobil dan sirene.

RCS untuk Pesan Teks yang Lebih Baik dengan Pengguna Android

Apple akan mengadopsi standar Rich Communication Services (RCS) sebagai alternatif untuk SMS/MMS pada “akhir 2024.” iMessage tetap akan tersedia untuk percakapan iPhone ke iPhone, tetapi RCS akan meningkatkan percakapan antara iPhone dan Android dengan berbagai cara. Mengirim foto dan video ke pengguna Android dari iPhone tidak akan lagi menghasilkan kesalahan, dan obrolan grup akan memiliki kinerja yang lebih baik. Fitur seperti reaksi emoji lintas platform, tanda terima baca, dan indikator mengetik waktu nyata juga akan ditambahkan.

  • Dukungan untuk foto dan video resolusi lebih tinggi.
  • Dukungan untuk ukuran file yang lebih besar dan berbagi file.
  • Pesan audio.
  • Reaksi emoji lintas platform.
  • Indikator mengetik waktu nyata.
  • Tanda terima baca.
  • Kemampuan mengirim pesan melalui seluler atau Wi-Fi (SMS hanya seluler). Tidak ada biaya untuk mengirim pesan RCS melalui Wi-Fi.
  • Obrolan grup yang ditingkatkan.

Apple belum memberikan rincian spesifik tentang kapan RCS akan diadopsi, tetapi “akhir 2024” menunjukkan bahwa ini akan hadir setelah peluncuran iOS 18. Semua tentang RCS dan apa artinya bagi pengguna iPhone dapat ditemukan di panduan RCS kami.

Aksesibilitas

 

Apple mengumumkan beberapa fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di iOS 18 pada bulan Mei, memberikan kami pratinjau cepat tentang apa yang diharapkan.

  • Mengurangi Mabuk Kendaraan Ada opsi baru “Vehicle Motion Cues” yang dirancang untuk mencegah mabuk kendaraan saat melihat iPhone atau iPad saat berada dalam kendaraan yang bergerak sebagai penumpang. Mabuk kendaraan sering disebabkan oleh konflik sensorik antara apa yang dilihat seseorang dan apa yang mereka rasakan, yang merupakan masalah di kendaraan yang bergerak. Motion Vehicle Cues menggunakan elemen visual pada layar yang menunjukkan perubahan gerakan waktu nyata. Pada dasarnya, titik-titik animasi di tepi layar mewakili perubahan gerakan kendaraan, mengurangi konflik sensorik tanpa mengganggu konten utama. Opsi ini dapat diatur untuk ditampilkan secara otomatis di iPhone dan dapat dihidupkan dan dimatikan di Pusat Kontrol.
    7. fitur ios 18
  • Eye Tracking¬†Mata memungkinkan pengguna menavigasi antarmuka iPhone atau iPad hanya dengan mata mereka. Fitur ini menggunakan AI dan kamera depan untuk menentukan di mana pengguna melihat. Ini dapat digunakan untuk mengaktifkan tombol, gesekan, dan gerakan lainnya.
    8. fitur ios 18

Music Haptics

Saat Haptik Musik diaktifkan, Mesin Taptic iPhone akan memainkan “ketukan, tekstur, dan getaran yang halus” yang sesuai dengan audio musik. Fitur ini berfungsi di seluruh jutaan lagu dalam katalog Apple Music dan pengembang dapat menerapkannya ke dalam aplikasi mereka.

9. fitur ios 18

Vocal Shortcuts

Dengan Vocal Shortcuts, pengguna iPhone dan iPad dapat menetapkan “ucapan khusus” sehingga Siri dapat meluncurkan pintasan dan memahami tugas-tugas kompleks.

10. fitur ios 18

Fitur Lainnya

  • Suara baru untuk VoiceOver, Rotor Suara yang fleksibel, dan kontrol volume khusus.
  • Kontrol Suara menawarkan dukungan untuk kosakata khusus dan kata-kata kompleks.
  • Mode Pembaca baru untuk Pembesar dan opsi untuk meluncurkan Mode Deteksi dengan tombol Tindakan.
  • Pembaruan untuk mengakses Input Layar Braille.
  • Pengetikan Hover menunjukkan teks yang lebih besar saat mengetik di bidang teks.
  • Pidato Langsung mencakup kategori dan kompatibilitas simultan dengan Teks Langsung.

Mode Alat Bantu Dengar AirPods Pro 2

11. fitur ios 18

Dengan iOS 18, AirPods Pro diharapkan mendapatkan mode “alat bantu dengar (hearing aid mode)” baru. Meskipun fitur ini awalnya dikabarkan untuk AirPods Pro generasi berikutnya, Apple sekarang dikatakan berencana memperkenalkan dukungan melalui pembaruan perangkat lunak. Apple sudah memiliki Conversation Boost untuk meningkatkan volume dan kejelasan orang di depan pemakai, sehingga tidak jelas apa yang akan dilakukan mode alat bantu dengar secara berbeda. Apple tidak dapat memasarkan AirPods Pro sebagai menawarkan bantuan pendengaran untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran, tetapi FDA telah menyetujui alat bantu dengar tanpa resep yang dirancang untuk pelanggan non-gangguan pendengaran. Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa mode alat bantu dengar tidak akan tersedia saat iOS 18 diluncurkan, dan akan hadir dalam pembaruan berikutnya.

Kompatibilitas

iOS 18 diharapkan dapat berjalan di semua iPhone yang mampu menjalankan iOS 17, yang mencakup iPhone XR, iPhone XS, iPhone SE 2, dan yang lebih baru.

  • Semua model iPhone 15
  • Semua model iPhone 14
  • Semua model iPhone 13
  • Semua model iPhone 12
  • Semua model iPhone 11
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3)

iPadOS 18 dikabarkan tidak mendukung iPad Pro 10,5 inci generasi pertama dan iPad Pro 12,9 inci generasi kedua, yang keduanya menggunakan chip A10X Fusion. Pembaruan ini juga tidak mungkin berjalan di model iPad generasi keenam dan ketujuh.

Pembaruan ini harus kompatibel dengan iPad berikut:

  • iPad Pro: 2018 dan yang lebih baru
  • iPad Air: 2019 dan yang lebih baru
  • iPad mini: 2019 dan yang lebih baru
  • iPad: 2020 dan yang lebih baru

Meskipun iOS 18 akan kompatibel dengan banyak iPhone lama, beberapa kemampuan AI di perangkat kemungkinan memerlukan iPhone 15 Pro atau yang lebih baru. Untuk iPad, chip M1 atau yang lebih baru akan diperlukan untuk kemampuan AI di perangkat.

Tanggal Peluncuran iOS 18

iOS 18 akan dipratinjau pada Worldwide Developers Conference pada 10 Juni. Setelah WWDC, iOS 18 akan tersedia bagi pengembang untuk tujuan pengujian, dengan beta publik kemungkinan akan keluar pada bulan Juli. Setelah periode pengujian beta, iOS 18 akan diluncurkan pada September 2024 bersamaan dengan iPhone baru.

TERKAIT: Cara Aktifkan NFC di iPhone: Panduan Lengkap Membuka Kemudahan Teknologi NFC

Source: macrumors

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://kalpika.id/bom29-toto/ https://sdn2landangan.sch.id/bom29toto/ https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/pages/scatter-hitam/ https://sukamaju-lempuingjaya.desa.id/bom29toto/ https://sencanojaya.desa.id/vendor/bom29toto/ https://tarungnews.com/media/bom29toto/ slot thailand https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/data-china/ https://kimiasakti.com/public/bom29toto/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://www.ledger-dispatch.com/ http://178.128.20.178/ http://178.128.223.132/ https://tracerstudy.umk.ac.id/vendor/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/assets/raja/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/888slot/ https://smkyppisby.sch.id/anti-rungkad/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/pg/ data sgp https://jian.unismuh.ac.id/wp-content/rajatogel/ https://smpnsakra.sch.id/bom29toto/ http://103.253.212.197/file/2021/pompa77/ http://103.253.212.197/file/2021/mas77toto/ https://www.cch.co.th/bom29toto/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/idn/ http://119.59.116.138/bom29toto/ http://36.66.156.22/data-taiwan/ http://103.253.72.69/hoki188/ http://108.136.205.185/bom29/ https://poltekpelsulut.ac.id/vendor/scatter-hitam/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/jpslot/ https://pmb.iainbatanghari.ac.id/portal/gudangtoto/https://kalpika.id/bom29-toto/ https://sdn2landangan.sch.id/bom29toto/ https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/pages/scatter-hitam/ https://sukamaju-lempuingjaya.desa.id/bom29toto/ https://sencanojaya.desa.id/vendor/bom29toto/ https://tarungnews.com/media/bom29toto/ slot thailand https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/data-china/ https://kimiasakti.com/public/bom29toto/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://www.ledger-dispatch.com/ http://178.128.20.178/ http://178.128.223.132/ https://tracerstudy.umk.ac.id/vendor/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/assets/raja/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/888slot/ https://smkyppisby.sch.id/anti-rungkad/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/pg/ data sgp https://jian.unismuh.ac.id/wp-content/rajatogel/ https://smpnsakra.sch.id/bom29toto/ http://103.253.212.197/file/2021/pompa77/ http://103.253.212.197/file/2021/mas77toto/ https://www.cch.co.th/bom29toto/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/idn/ http://119.59.116.138/bom29toto/ http://36.66.156.22/data-taiwan/ http://103.253.72.69/hoki188/ http://108.136.205.185/bom29/ https://poltekpelsulut.ac.id/vendor/scatter-hitam/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/jpslot/ https://pmb.iainbatanghari.ac.id/portal/gudangtoto/