Cara Mudah Investasi Reksadana Syariah untuk Pemula

Investasi Reksadana Syariah untuk Pemula – Apakah Anda ingin melakukan investasi reksadana syariah untuk pemula yang mudah dilakukan? Apabila iya, tenang saja karena layanan reksadana syariah mudah untuk Anda lakukan. Produk dari investasi ini sendiri sesuai bagi sebagian orang yang mempunyai pertimbangan apabila berinvestasi tidak selalu terkait dengan keuntungan, tetapi juga adanya keberkahan serta adanya prinsip kebaikan yang menyertainya.

Cara Investasi Reksadana Syariah untuk Pemula

- Advertisement -

Apakah Anda sedang mencari informasi terkait dengan cara melakukan investasi reksadana syariah? Bagi Anda yang baru ingin menjadi investor dari reksadana, inilah cara yang harus Anda lakukan:

1. Menyiapkan Dokumen untuk Membuka Rekening

Cara untuk investasi reksadana syariah bagi para pemula yang harus dilakukan kali pertama adalah dengan menyiapkan dokumen supaya bisa membuka rekening. Ketika mendaftar, silahkan Anda membawa KTP ataupun SIM serta NPWB. 

Kemudian silahkan menghubungi pihak agen reksadana ataupun manajer investasi yang menjadi pilihan Anda. 

2. Memilih APERD / Manajer Investasi

Cara selanjutnya di dalam investasi reksadana syariah ialah menyeleksi manajer investasi serta APERD atau Agen Penjual Efek Reksa Dana yang terpercaya. 

Apalagi saat ini umumnya mayoritas bank yang ada di Indonesia sudah menyediakan manajer investasi ataupun APERD sendiri. Sehingga Anda bisa memulai dengan cara menghubungi pihak bank kepercayaan Anda dahulu.

3. Mencari Daftar Efek Syariah Resmi di OJK

Langkah selanjutnya adalah mulai mempelajari terkait dengan situasi perdagangan efek syariah yang ada di Indonesia. Kali pertama yang bisa Anda cari ialah DES atau Daftar Efek Syariah dari website resmi pihak OJK.

Sebelum Anda menandatangani akad, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu reksadana akan ditaruh oleh pihak manajer investasi. Pastikan bahwa efek yang dibeli oleh manajer investasi sudah tercantum di data OJK. 

4. Akad dengan Manajer Investasi

Setelah Anda menyepakati keuntungan besama dengan manajer investasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan akad sebanyak 2 kali. Yaitu akad mudarabah serta wakalah. Akad-akad tersebut penting untuk ditandatangani di atas kertas.

5. Melakukan Pembelian Reksadana Syariah

Selanjutnya terdapat dua pilihan yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan meminta manajer investasi melakukan pembelian atau dengan cara membeli reksadana sendiri. Bahkan reksadana yang sudah Anda beli, nantinya juga dapat dijual kembali.

6. Memonitor Perkembangan Reksadana

Pergerakan dari reksadana tidaklah sedinamis seperti saham biasa, tetapi Anda tetap harus melakukan sebuah monitoring value. Monitorlah secara berkala terkait dengan perkembangan dana investasi Anda secara online. 

TERKAIT: Cara Membeli Saham Reksadana Syariah secara Mudah

Hukum Reksadana Syariah

Bagaimanakah hukum dari reksadana syariah? Tentu saja pertanyaan tersebut sering diajukan mengingat penduduk di Indonesia mayoritasnya adalah beragama Islam. Pertanyaan tersebut akan terjawab sebentar lagi.

Reksadana syariah merupakan produk dari bursa efek yang berupa kumpulan dari modal yang sudah dikelola secara syariah oleh MI (Manajer Investasi). Kumpulan modal yang berasal dari masyarakat ini nantinya akan disalurkan ke dalam bentuk surat berharga seperti surat saham, sukuk, dan obligasi.

Di dalam proses pengelolaannya sendiri produk syariah ini telah terjamin halal. Hal tersebut dikarenakan manajer investasinya tidak akan diizinkan untuk memilih instrumen investasi melanggar syariat Islam.

Tidak hanya itu, ternyata akad reksadana ini juga telah menggunakan akad mudharabah. Di aman seluruh pertukaran dari nilai antara MI serta investor terjadi tanpa mengurangi hak para investor atas modal.

Itulah cara mudah investasi reksadana syariah untuk pemula yang dapat Anda lakukan dan terapkan sekarang juga.

TERKAIT: Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda