7 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

Investasi Reksadana untuk Pemula – Cara melakukan investasi reksadana dan cara jual reksadana bibit sangat mudah untuk dilakukan baik itu untuk pemula sekalipun dengan menggunakan cara ketahuilah jenis reksadana, disiplin dan sabar, menentukan tujuan investasi dll. 

Pada era modern seperti saat ini, minat masyarakat pada dunia investasi semakin mengalami peningkatan sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan juga informasi yang begitu pesat. Pada dasarnya cara menabung reksadana di Ajaib menjadi sebuah cara dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan meletakkan aset maupun modal di dalam produk keuangan tertentu dan bisa mendapatkan imbalan untuk hasilnya di kemudian hari. Investasi reksadana menjadi salah satu produk yang sering menjadi perbincangan paling hangat di masyarakat untuk saat ini. 

- Advertisement -

Apa Itu Investasi Reksadana

Reksadana berasal dari istilah bahasa Jawa kuno yang berarti menjaga dana sedang masyarakat di dunia mengenalnya dengan sebutan mutual fund atau dana kolektif. Lebih mudahnya reksadana adalah wadah yang berisikan dana kolektif yang berasal dari masyarakat. Dana kolektif ini kemudian akan dikelola ke dalam bentuk berbagai macam portofolio efek atau produk untuk investasi. 

Produk tersebut bisa berupa sebuah deposito, surat utang, saham, maupun surat berharga yang lainnya oleh perusahaan manajer investasi yang sudah mengantongi izin dan bisa mendapatkan pengawasan OJK secara langsung. Setiap perusahaan manajer investasi mempunyai ahli yang akan bertugas dalam melakukan pengelolaan dana milik kita. Para ahli ini nantinya juga wajib untuk memberikan izin secara khusus dari OJK. 

Cara Melakukan Investasi Reksadana untuk Pemula

Bagi Anda para investor yang masih pemula maupun yang sedang belajar dan memiliki target jangka pendek atau panjang, misalnya menyiapkan dana untuk pendidikan anak sampai ke dalam perguruan tinggi, melakukan pembelian rumah impian untuk masa depan, biaya travelling ke berbagai negara impian maupun melakukan investasi untuk modal dana pensiun. 

Berikut ini asal cara investasi reksadana yang paling menguntungkan bagi para pemula :

1. Tahu Berbagai Ragam Jenis Reksadana

Cara jual reksadana di Bibit yang selama ini kita kenal ternyata masih ada empat jenis dan masing-masing mempunyai berbagai macam kelebihan. Pertama, reksadana pasar uang yang dimaksud adalah keseluruhan uang yang akan disimpan pada obligasi, deposito, atau sertifikat Bank Indonesia. Umumnya untuk jatuh tempo reksadana pasar uang tersebut akan berlaku kurang dari satu tahun dan mempunyai risiko sangat kecil. Walaupun demikian keuntungan yang akan didapatkan juga relatif kecil. 

Kedua adalah jenis reksadana pendapatan tetap, reksadana jenis ini umumnya akan disimpan dalam bentuk obligasi minimal sekitar 80%. Keuntungan yang nantinya dapat Anda dapatkan juga sangat tinggi, yaitu setidaknya berada di kisaran 10% setiap tahunnya. Ketiga, reksadana Index yang sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan saham karena memang diperjualbelikan pada bursa saham dengan harga yang bisa berubah-ubah setiap saat. 

Keempat, reksadana campuran yang mana jenis ini bisa dijalankan dengan menggunakan berbagai macam peraturan dari jenis – jenis reksadana yang sebelumnya dan akan memberikan keuntungan yang jauh lebih besar. 

2. Disiplin dan Lebih Sabar

Baik itu cara belajar reksadana pasar uang atau jenis reksadana yang lainnya untuk pemula dibutuhkan yang namanya sebuah kedisiplinan dan kesabaran. Setelah bisa menentukan tujuan, dibutuhkan konsisten, disiplin, dan juga kesabaran agar bisa menyisihkan uang gaji yang pada awal bulan menyesuaikan dengan perencanaan yang sebelumnya sudah ditentukan. Walaupun sulit, tetapi harus selalu diingat jika sudah terbiasa maka akan menjadi lebih terasa ringan nantinya. 

3. Menentukan Tujuan Investasi dari Awal

Cara belajar investasi reksadana syariah untuk pemula Anda harus bisa untuk menentukan tujuan dari melakukan investasi tersebut dan apa saja alasan Anda bisa memilih reksadana. Menentukan juga berapa lama Anda ingin menggunakan reksadana tersebut, untuk jangka panjang atau jangka pendek dengan begitu Anda bisa lebih mempunyai arah dan melakukan investasi reksadana berdasarkan dengan kebutuhan. 

4. Memahami Mekanisme dan Juga Istilah dalam Reksadana

Bila sudah menentukan cara investasi reksadana di Bukalapak maupun aplikasi investasi yang lainnya, langkah selanjutnya adalah mempelajari berbagai macam mekanisme dari reksadana yang sudah Anda pilih. Seperti yang sudah disebutkan di atas, reksadana ini memang terdiri dari berbagai macam jenis dan masing-masing memiliki caranya sendiri agar bisa untuk menghasilkan keuntungan. Pelajari secara komprehensif mekanisme reksadana yang sebelumnya sudah Anda tentukan agar bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal dan meminimalisir dari kerugian. 

Pada saat belajar investasi reksadana Anda juga tetap harus tahu apa saja istilah yang umumnya digunakan. Hal tersebut agar bisa lebih memudahkan Anda supaya dapat memahami mekanisme reksadana yang sudah dipilih tersebut. 

5. Mencari Tahu Untung dan Ruginya

Pada saat Anda baru belajar cara main reksadana OVO maupun menggunakan cara bermain reksadana di Bareksa harus diketahui apa saja keuntungan beserta kerugian yang bisa saja nantinya Anda dapatkan di kemudian hari. Perlu untuk selalu diingat jika sebuah investasi memang tidak bisa untuk diprediksikan kapan akan mendapatkan keuntungan dan kapan nantinya Anda bisa rugi. 

Salah satu yang menjadi indikator dari reksadana terbaik, yaitu dapat stabil ketika berada di dalam situasi dan kondisi. Pada saat kondisi pasar sedang baik, keuntungan yang akan didapatkan bisa saja jauh lebih besar, sebaliknya pada saat kondisi pasar mengalami penurunan maka kerugian tidak akan terlalu besar. 

6. Melihat Track Record

Anda harus melakukan pengecekan kinerja dari reksadana lewat track record yang dimilikinya, misalnya untuk pergerakan return dan juga risiko beserta nilai aktiva bersih (NABI), dengan cara tersebut, Anda bisa lebih bisa terbantu  ketika mengambil keputusan untuk melakukan investasi. 

Durasi untuk penilaian kinerja reksadana dengan memakai data historikal sebaiknya untuk dilakukan minimal lima tahun. Reksadana dapat dikatakan baik apabila selamat kurun waktu lima tahun terakhir untuk history dari reksadana tersebut masih cukup stabil dan juga kerugian yang akan dialaminya tidak begitu besar. Kinerja reksadana yang paling baik juga akan ditandai dengan persentase yang mengalami kenaikan terkait dengan reksadana yang sejenis dan IHSG. 

7. Memahami Isi dari Prospektus

Sebelum tahu cara jual reksadana di Bibit maupun melakukan pembelian reksadana memastikan Anda sudah membaca isi dari prospektus dengan teliti. Istilah tersebut merupakan sebuah dokumen legal yang berisikan penawaran untuk melakukan investasi reksadana yang sudah disetujui oleh pihak yang memang berwenang. Informasi yang terdapat di dalamnya akan sangat menyeluruh dan semua itu akan terkait dengan reksadana. 

Dengan membaca prospektus sebelum melakukan pembelian, maka hal tersebut dapat mengurangi terjadinya risiko kerugian yang sangat besar. Jika ingin membaca prospektus, Anda dapat mendapatkannya di bank agen yang menjual reksadana maupun manajer investasi. 

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk para pemula yang ingin melakukan investasi reksadana. Investasi reksadana sekarang ini juga sangat mudah karena sudah ada berapa fintech yang sudah fokus dengan melakukan investasi reksadana. 

TERKAIT: Yuk ketahui Cara Tanam Saham Reksadana

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda