Kiat Memulai Investasi Reksadana Bagi Pemula

Kiat Memulai Investasi Reksadana Bagi Pemula – Kata kunci “Investasi” adalah kata kunci yang banyak dicari beberapa belakangan ini. Kesadaran generasi masa kini untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang menjadikan investasi menjadi hal yang diminati. Terbukti juga dengan diciptakannya banyak aplikasi untuk kemudahan investasi.

Salah satu investasi yang bisa Anda lakukan adalah investasi reksadana. Bagi Anda yang ingin mengawali investasi reksadana sebagai pemula, maka tentunya Anda harus mengetahui lebih banyak tentang reksadana sebelum memulai investasi reksadana bagi pemula.

- Advertisement -

Reksadana adalah jenis investasi dimana Anda menginvestasikan sejumlah modal dalam bentuk uang pada salah satu jenis reksadana, nantinya seorang tenaga Manajemen Investasi akan membantu Anda dalam mengelola uang tersebut sehingga bisa menghasilkan laba untuk Anda.

Biasanya jenis reksadana yang tersedia ada obligasi, saham, pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia dan lain sebagainya. Untuk Anda yang ingin memulai investasi reksadana bagi pemula maka berikut ini beberapa kiat dan cara membeli saham bagi pemula.

Kiat Memulai Investasi Reksadana Bagi Pemula

1. Ketahui Dengan Baik Cara Kerja Reksadana

Agar Anda bisa memulai investasi reksadana bagi pemula dengan baik maka Anda harus bisa mengetahui bagaimana cara kerja reksadana ini. Pada saat Anda berinvestasi pada reksadana maka uang  yang akan Anda investasikan itu akan dibagi kepada beberapa instrumen investasi.

Jadi uang yang Anda investasikan tidak akan dimasukkan pada satu perusahaan saja, bisa jadi ke beberapa perusahaan sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan tidak hanya dari sumber. Namun demikian besaran investasi tetap tergantung pada kemampuan Anda.

2. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Sesuai dengan jangka waktu investasi tujuan awal Anda maka hal tersebut bisa sangat berpengaruh pada investasi reksadana yang Anda lakukan. Maka dari itu jika Anda hendak memulai investasi reksadana bagi pemula, pertama-tama Anda harus tahu investasi ini ingin Anda lakukan untuk keuntungan jangka panjang atau pendek. Karena untuk kedua jangka waktu tersebut masing-masing memiliki jenis investasi yang cocok.

3. Pelajari Jenis-Jenis Reksadana

Ada beberapa jenis reksadana yang bisa Anda pilih mulai dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, reksadana syariah dan reksadana terstruktur. Dengan mengenali jenis reksadana tersebut maka Anda bisa menentukan mana jenis reksadana yang paling cocok untuk Anda sesuai dengan tujuan dan kemampuan Anda dalam berinvestasi.

4. Pelajari Istilah-Istilah Dalam Reksadana

Jangan lupa juga saat Anda memulai investasi reksadana bagi pemula maka Anda harus lebih mengenali istilah-istilah yang ada dalam reksadana, ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan investasi dengan mengetahui kondisi yang jelas yang disebutkan oleh berbagai istilah tersebut. 

Saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi maka Anda harus maksimal agar tidak mudah mengalami kerugian. Apalagi saat Anda ingin memulai investasi reksadana bagi pemula.

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda