Apa Itu Layanan Google Play Store

Layanan Google Play Store – Google sebagian besar orang mengenalnya sebagai mesin pencarian, tetapi memiliki lebih banyak layanan yang ditawarkan. Hal ini terlihat jelas saat Anda mengunjungi Google Play Store, pasar digital yang penuh dengan konten. Mari kita lihat apa itu layanan Google Play Store dan sejarahnya.

Apa Itu Layanan Google Play Store

Android Market: Tempat Awal Play Store

- Advertisement -

Google Play Store awalnya dikenal sebagai “Android Market” pada tahun 2008. Android Market diluncurkan bersama perangkat Android pertama, dan tujuannya adalah untuk mendistribusikan aplikasi dan game.

Android Market pada awalnya memliki fungsi yang sangat mendasar. Tidak mendukung aplikasi dan game berbayar hingga 2009. Namun, seiring berkembangnya platform Android, begitu pula Android Market. Pada 2012, ia menampilkan lebih dari 450.000 aplikasi dan game Android.

Pada saat ini, ekosistem Google telah berkembang pesat dibandingkan dengan awal Android Market. Faktanya, Android Market hanyalah salah satu pasar online perusahaan.

Three Online Markets

Pembuatan Google Play Store pada tahun 2012 merupakan puncak dari Three Online Store yang dijalankan Google saat itu. Google Play Store menggabungkan Android Market, Google Music Store, dan Google eBookstore.

Google eBookstore diluncurkan pada tahun 2010 dengan lebih dari tiga juta eBook. Meskipun perpustakaannya besar, sebagian besar diisi dengan judul dan domain publik. Google Musik diluncurkan pada tahun 2011 dalam versi beta, dan meskipun penggemar menyukai fitur upload lokal, perpustakaan musiknya tidak begitu besar.

Tidak seperti aplikasi dan game Android, Google Music Store dan Google eBookstore untuk ponsel dan tablet Android. Google mengambil pendekatan yang sama seperti Apple, yang membuat App Store, Apple Books, dan iTunes sebagai entitas yang terpisah. Namun, Google Store tidak sepopuler itu, meskipun ketersediaannya lebih luas.

Untuk mencerminkan cakupan dari apa yang Google tawarkan, ketiga toko digabungkan di bawah brand “Google Play”. Toko eBuku menjadi “Google Play Books” dan Google Musik menjadi “Google Play Music”, semuanya dapat ditemukan di Play Store.

Google Store yang tidak aktif

Layanan Google Play Store

Play Store adalah pasar digital. Namun, dulu juga menjual perangkat fisik. Untuk waktu yang singkat, Google menjual perangkat Nexus, Chromecast, dan Chromebook melalui tab “Devices” di Play Store.

Pada saat itu, ini adalah satu-satunya tempat di mana Google harus menjual barang. Ketika upaya hardware perusahaan terus tumbuh, sudah waktunya untuk toko baru. Google Store dibuat pada tahun 2015 untuk perangkat keras perusahaan, dan tab “Devices” di Play Store sekarang mengarahkan ke Google Store.

Layanan Google Play

Layanan Google Play Store

Saat ini, Google Play Store adalah rumah bagi aplikasi dan game Android, film dan acara TV, eBook, dan audiobook. Google Play Music telah digabung ke dalam YouTube Music.

Play Store dipasang di HP dan tablet Android sebagai lokasi sentral untuk mendowload dan membeli konten. Play Store juga dapat ditemukan di Android TV dan stik streaming Google TV, dekoder, dan smart TV. Jika perangkat menjalankan Android, hampir pasti akan menyertakan Play Store.

Sementara itu, area konten Play Store lainnya, seperti Google Play Books dan Google TV/Play Movies & TV, tersedia di platform lain, seperti iPhone dan iPad. Google Play Store juga dapat diakses di mana saja melalui browser web .

Jika Anda tertarik dengan barang digital Google, Play Store adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

TERKAIT: Cara Membuat Link di Zoom Menggunakan Laptop dan HP

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda