Apa Perbedaan Public Cloud dan Private Cloud

Perbedaan Public Cloud dan Private Cloud – Jika Anda menggunakan iCloud atau Google Drive untuk penyimpanan cloud, Anda mungkin tidak terlalu khawatir tentang jenis pengelolaan data cloud yang Anda gunakan. Tetapi ketika Anda mulai mempertimbangkan aplikasi cloud yang lebih spesifik untuk memecahkan berbagai masalah perusahaan atau menemukan cara mengamankan data dengan aman, memahami jenis-jenis cloud menjadi sangat penting.

Secara umum ada dua opsi yang bisa Anda pertimbangkan ketikan akan menggunakan  Public Cloud atau Private Cloud. Perbedaan keduanya tidak terlalu rumit, tetapi bagaimana Cloud tersebut dapat digunakan menjadi agak rumit. Mari kita lihat lebih dekat sehingga Anda tahu apa yang diharapkan.

Apa Perbedaan Public Cloud dan Private Cloud

Apa itu Public Cloud?

Public Cloud adalah platform cloud yang menghadap ke luar yang dikelola oleh perusahaan data ditujukan untuk penggunaan publik oleh pelanggan. Public Cloud cenderung gratis atau berbiaya rendah untuk digunakan dan dirancang untuk menyimpan dan mentransfer berbagai file data. Jenis cloud ini berfokus pada data yang biasanya digunakan dan dibagikan oleh sebagian besar konsumen, seperti foto atau dokumen. Secara umum Public Cloud dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Jika Anda memiliki aplikasi cloud favorit di ponsel untuk menyimpan file sehingga Anda dapat mengaksesnya dari perangkat yang berbeda, maka itu yang disebut Public Cloud.

Apa itu Private Cloud?

Private Cloud adalah platform cloud internal yang dirancang khusus untuk digunakan oleh karyawan (dan terkadang mitra bisnis, dll.) dari suatu organisasi. Organisasi menginginkan sinkronisasi, kolaborasi, dan manfaat penyimpanan cloud, tetapi mereka membutuhkan keamanan ekstra untuk informasi sensitif atau fitur lain yang tidak dimiliki Public Cloud. Solusinya dengan membuat cloud mereka sendiri atau memiliki cloud yang dihosting oleh penyedia pihak ketiga. Di sisi lain, itu dianggap sebagai cloud internal. Cloud ini dapat disesuaikan dan biasanya dipantau oleh divisi IT dengan akses terbatas berdasarkan status dalam organisasi.

Apa saja contoh Public Cloud dan Private Cloud?

  • Public Cloud: Jika Anda menggunakan iCloud, Dropbox, Microsoft OneDrive, atau Google Drive, maka Anda telah menggunakan Public Cloud. Ini mudah dikenali dan tersedia secara gratis dan berbayar. Meskipun mereka memiliki mode yang berfokus pada bisnis, mereka biasanya lebih fokus pada konsumen individual sehingga memudahkan untuk melakukan branding.
  • Private Cloud: cenderung tidak memiliki nama pasar yang sama, tetapi mereka yang berpengalaman dalam manajemen data pasti akan mengenali layanan seperti Oracle’s managed cloud services, Azure private cloud, Cisco ONE Enterprise, atau Red Hat. Private Cloud sering digunakan oleh lembaga pemerintah dan lembaga keuangan, yang sangat tertarik untuk membuat data mereka dapat diakses secara internal tetapi terkunci rapat dari pencurian luar.

Apakah Public Cloud lebih baik dari Private Cloud?

Public Cloud dan Private Cloud memiliki tujuan yang berbeda, jadi yang satu tidak lebih baik dari yang lain. Public Cloud tentu lebih baik bagi konsumen rata-rata yang tidak ingin membayar banyak (atau sama sekali) untuk penyimpanan cloud sambil tetap menyimpan data mereka secara online. Public Cloud umumnya lebih bermanfaat untuk mengerjakan dokumen di sekolah atau dalam pengaturan bisnis yang lebih kasual. Public Cloud mudah digunakan, dan orang lebih cenderung mengenalnya. Public Cloud juga memiliki jaminan tinggi untuk tersedia di berbagai perangkat, apa pun jenis ponsel atau komputer yang digunakan.

Private Cloud lebih mahal untuk organisasi yang menggunakannya dan memiliki lebih sedikit kegunaan. Tetapi Private Cloud sangat berharga untuk tujuan khusus yang tidak dapat didukung oleh public cloud dan merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah berbagai jenis upaya peretasan online. Vendor yang menawarkan private cloud juga dapat menyesuaikannya untuk memenuhi semua jenis kebutuhan bisnis perusahaan (termasuk virtualisasi), sehingga keduanya serbaguna dan dapat diskalakan dari waktu ke waktu. Private Cloud menjadikannya pilihan terbaik bagi perusahaan besar yang sangat concern terhadap pengelolaan data.

Apa itu Hybrid Cloud?

Hybrid Cloud adalah cloud yang dengan hati-hati memungkinkan jenis data tertentu dapat berpindah antara Public Cloud dan Private Cloud sambil tetap memiliki beberapa keuntungan dari keduanya. Hybrid Cloud lebih umum ketika bisnis perlu menjamin banyak kompatibilitas dengan cloud pribadinya tetapi juga menginginkan sebanyak mungkin manfaat keamanan.

TERKAIT: Cara Download Foto di iCloud

POPULER

ARTIKEL PILIHAN