Cara Paling Tepat Perhitungan Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang – Pernahkah Anda mendengar tentang Reksadana? Reksadana adalah salah satu tempat investasi yang digemari oleh banyak anak melenial.  Investasi ini memiliki risiko yang minim.  Tidak hanya itu melakukan investasi ini sangat menguntungkan.

Melakukan perhitungan keuntungan Reksadana pasar uang wajib Anda lakukan guna mengetahui mekanisme profit yang Anda dapatkan. Dengan mengetahui perhitungan ini, Anda juga bisa dengan mudah melakukan investasi.

- Advertisement -

Reksadana bisa dicairkan dan  dikelola dengan mudah, hal ini karena platform ini memiliki penanggung jawab yang  ahli dalam bidangnya. Lalu bagaimana perhitungan keuntungan Reksadana pasar uang? Berikut penjelasannya.

Jenis Reksadana Pasar Uang

Kalau Anda ingin mengetahui keuntungan yang akan didapat dari investasi Reksadana, pastikan Anda sudah mengetahui jenis investasi serta risikonya. Hal ini karena setiap jenis investasi memiliki cara perhitungannya.  Coba perhatikan jenis profil investasi Reksadana berikut.

  1. Jenis Reksadana investasi saham

Jenis investasi ini memiliki profil risiko yang sangat tinggi dengan kemungkinan keuntungan atau return pertahunya sekitar 15-20% pertahunya.  Dengan cara membeli saham luar negeri. Risiko tinggi juga akan memberikan keuntungan yang lebih banyak.

  1. Jenis Reksadana investasi campuran

Untuk jenis investasi ini memiliki profil risiko yang seda atas hasrga ng. Keuntungan yang mungkin bisa Anda ambil sekitar 10-12%. Memang berbeda dengan investasi saham.  Dari sinilah Anda bisa menilai bahwa keuntungan investasi tergantung pada jenis investasi yang dipilih, semakin tinggi risiko investasi semakin besar keuntungannya.

Perhitungan Keuntungan Reksadana Pasar Uang Dari NAB dan NAB UP

Untuk melakukan perhitungan keuntungan Reksadana harus mengetahui tentang NAB dan NAB UP. NAB sendiri kepanjangan dari Nilai Aktiva Bersih, secara istilah NAB merupakan total keseluruhan investasi yang telah dikelola dari produk Reksadana.

Perhitungan NAB akan dicatat melalui modal awal harga pasar dari beberapa aset seperti saham, deposito, dan surat hutang obligasi.  Setelah itu dana aset akan di tambah dengan dana pencadangan bunga yang kemudian akan dikurangi dengan seluruh dana operasional dari Reksadana. Bisa dibilang NAB merupakan dana bersih yang tidak akan dikenakan biaya pajak.

Selanjutnya adalah perhitungan NAB UP atau  Nilai Aktiva Bersih Unit Penyertaan. NAB UP sendiri adalah sebuah harga yang harus investor siapkan untuk melakukan aktivitas Reksadana per unitnya. Dalam istilah investasi Reksadana investor akan diberi julukan pemegang unit.

Untuk melihat perhitungannya Anda bisa melihat beberapa tutorial yang ada. Misalnya saja  Anda melakukan investasi sekitar 1 juta pendapatan tetap dengan NAB UP yang bernilai 2,327.  Dalam perhitungannya investasi akan dibagi NAB UP maka Anda kan memegang unit 429,74.

Bila terjadi kenaikan nilai dalam tempo 1 tahun dan akan dilakukan penjualan, investasi dana akan mengalami keuntungan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai perhitungan keuntungan Reksadana pasar uang yang harus Anda ketahui. Apalagi saat ini investasi menjadi banyak pilihan anak muda untuk mencari pendapatan dan menambahnya.

TERKAIT: Cara Memulai Reksadana bagi Pemula agar Untung

1,018FansLike
5,900FollowersFollow
0FollowersFollow

Latest Posts

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Dapatkan artikel terbaru melalui email Anda