Cara Uninstall Google Play Store di Android

Uninstall Google Play Store – Google Play Store adalah aplikasi prainstal di sebagian besar ponsel Android. Play Store memungkinkan Anda dapat mendownload aplikasi, buku, film, dll., ke ponsel Anda. Terkadang, ketika Anda menghadapi masalah pada ponsel Android, menghapus dan menginstal ulang Google Play Store adalah salah satu solusi yang disarankan. Tapi bagaimana melakukannya? Mari kita periksa cara uninstall Google Play Store dan bagaimana cara memasangnya kembali.

Cara Uninstall Google Play Store di Android

Anda tidak dapat menghapus instalasi Google Play Store sepenuhnya dari ponsel Anda. Namun, Anda dapat menonaktifkannya atau menghapus update terbarunya.

Cara Menonaktifkan Play Store

  1. Buka Settings di ponsel atau tablet Anda.
  2. Buka Apps (App & notifications), dan di bawah All apps, ketuk “Google Play Store.”
    Cara Uninstall Google Play Store di Android
  3. Ketuk tombol Disable. Akan muncul pop-up konfirmasi. Konfirmasikan saat ditanya.
    Cara Uninstall Google Play Store di Android

Saat Anda menonaktifkan Play Store, ikon akan hilang dari layar beranda dan laci aplikasi. Anda tidak dapat mengupdate atau menginstal aplikasi. Namun, tidak ada yang akan terjadi pada aplikasi yang ada. Aplikasi lain tidak akan terhapus dari ponsel Anda.

Cara Menghapus Update Google Play Store

  1. Di ponsel Anda, buka Settings.
  2. Ketuk Apps dan ketuk “Google Play Store” di bawah All Apps.
  3. Ketuk ikon tiga titik di bagian atas dan pilih “Uninstall updates” dari menu.

Dengan menghapus update Play Store, akan mengembalikan ke versi asli atau pabrik. Anda dapat membiarkannya apa adanya atau memperbarui secara manual seperti yang ditunjukkan di bagian berikutnya. Ikon Play Store akan tetap muncul di ponsel Anda, dan Anda dapat menggunakannya secara normal. Anda juga dapat menginstal dan memperbarui aplikasi. Aplikasi yang ada juga akan tetap aman.

Cara Install Ulang Google Play Store

Anda dapat menginstal ulang atau memperbarui Google Play Store dengan salah satu dari empat cara berikut.

1. Update Secara Otomatis

Secara default, Google Play Store akan secara otomatis memperbarui di latar belakang selama terhubung ke koneksi Internet. Setelah Anda menonaktifkan atau menghapus pembaruannya, biarkan Google Play Store tidak tersentuh selama beberapa menit, dan otomatis akan mengupdate sendiri.

2. Aktifkan Google Play Store

Jika Anda menonaktifkan Google Play Store seperti yang ditunjukkan di atas, Anda harus mengaktifkannya untuk menggunakannya lagi. Caranya, buka “Settings -> Apps -> Google Play Store.” Ketuk Enable.

3. Update Secara Manual

Jika Google Play Store tidak memperbarui secara otomatis, atau Anda ingin memeriksa pembaruan baru, Google menawarkan cara tersembunyi.

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Ketuk ikon gambar profil di bagian atas dan pilih Settings dari menu.
  3. Ketuk About diikuti oleh versi Play Store. Jika update tersedia, Play Store akan memperbarui secara otomatis. Jika tidak, Anda akan menerima pesan pop-up yang mengatakan bahwa Play Store telah diperbarui.

4. Instal atau Update Play Store Secara Manual Menggunakan APK

Terakhir, Anda dapat menginstal versi Play Store yang diperbarui secara manual di ponsel Android menggunakan APK-nya.

  1. Buka APKMirror.com, salah satu situs terpercaya untuk mendownload APK.
  2. Cari Google Play Store di situs web.
  3. Ketuk di Google Play Store. Scroll ke bawah untuk menemukan berbagai versi. Ketuk versi yang kompatibel dengan ponsel Anda dan tekan ikon Download.
  4. Setelah didownload, ketuk file untuk menginstalnya. Anda mungkin diminta untuk memberikan izin untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Berikan izin yang diperlukan.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal Google Play Store.

TERKAIT: Cara Update Google Play Store di Android

POPULER

ARTIKEL PILIHAN